Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Minggu, 21 Mei 2017

Proses Transaksi Berbasis Komputer

Oleh : Yovi Citra Nengsih
PROSES TRANSAKSI BERBASIS KOMPUTER
Proses transaksi sistem suatu organisasi khas mungkin dikelompokkan untuk membentuk siklus melibatkan pendapatan,pembelanjaan,manajemen sumber daya,dan buku besar. Data dimasukkan ke suatu SIA atas pertolongan membentuk hardcopy atau membentuk soft-copy.di pendekatan didalam meletakkan masukan data transaksi,yang mana off-line menyediakan ekonomi dan produktifitas,dan masukan,yang mana on-line menyediakan ketepatan waktu dan fleksibilitas.        File Pemeliharaan melibatkan aktivitas dalam pembaharuan,menambah arsip baru pada suatu file,mengubah nilai-nilai permanen secara relatif atau ditetapkan perbaikan di dalam catatan,dan penghapusan arsip dari file. Dua pendekatan utama ke proses transaksi berbasis-komputer adalah proses berkala menyediakan pengolahan efisien dan batch-total controls,and pengolahan segera , yang menyediakan arsip terbaru yang siap diakses ke para pemakai. Berbagai keluaran untuk para pemakai dihasilkan oleh proses aplikasi transaksi.keluaran adalah dokumen atau ringkasan,berkala atau khusus untuk tujuan tertentu,terperinci atau ringkas.garis atau bentuk tabel,hardcopy atau softcopy.segera atau menunda. Pengolahan data dapat terintegrasi ke seberang banyak aplikasi dan fungsi dengan implementasi dari suatu perencanaan sistem sumber daya perusahaan/enterprise resource planning ( ERP) system.
Suatu sistem komputer flowchart menjadi sarana paling luas yang dikenal untuk pengolahan data dokumen.sebuah sistem komputer flowchart mencerminkan kejelasan yang spesifik mengenai implementasi  prosedur,termasuk aspek phisik tertentu menyangkut sistem. Bunyi serasi penggolongan dan persandian teknik dapat meningkatkan efisiensi data penyimpanan,pengolahan,dan perolehan kembali informasi.bunyi persandian sistem membuat puas kebutuhan pemakai informasi.mempekerjakan unik identifiers.mempertimbangkan untuk yang diharapkan adalah ringkas dan simple.empat persandian sistem yang menggunakan karakter alphanumeric menjadi ingatan,urutan,block,dan menggolongkan sistem persandian.
q  Sistem pemrosesan transaksi diorganisasikan dalam bentuk siklus.
q  Ada 2 pendekatan dalam input data transaksi, yaitu off-line dan on-line.
q  Pendekatan pemrosesan data transaksi meliputi periodic processing dan immediate processing. Pendekatan ini dapat diaplikasikan dan diimplementasikan dengan sistem lain, seperti ERP system.
Pengaksesan data transaksi dapat dilakukan melalui pendekatan sequential atau direct access
 Sebagai tambahan terhadap menyediakan detaill transactions,input dokumen yang tertulis dapat melakukan berikut:
1)      Autorize
Contoh,memesan dari suatu pelanggan autorizer transaksi menyertakan pengiriman barang dagangan yang dipesan dan penagihan untuk barang dagangan.
2) Memicu tindakan.sebuah faktur penjualan yang diinginkan dapat juga intiate [adalah]  pembayaran melempar dengan klien [itu].
      3) Reflect accountability.for faktur exsample,suppliers' adalah intialed oleh karyawan  akuntansi yang memeriksa faktur secara tepat.
 4) Provide data untuk acuan dan keluaran. faktur penjualan disimpan di dalam tempat penyimpanan sedemikian sehingga mereka dapat tersedia untuk menyiapkan penjualan meneliti atau untuk meninjau ulang suatu penjualan dokumen masukan history.well-designed berisi mengidentifikasi kode, sedemikian sehingga mereka mungkin diusut melalui audit.
Dengan mengabaikan apakah data disimpan terorganisir dalam wujud data atau file bases.setiap SIA harus menangkap masukan yang timbul dari peristiwa bisnis secara berkelanjutan.pengolahan untuk membaharui atau memodifikasi data-data ada pemeliharaan Data mengumpulkan sampai pengolahan masukan menetapkan langkah untuk pemeliharaan data.Pada langkah pemeliharaan data,masukan diproses
( 1) pada waktu tertentu atau dengan seketika dan
( 2) disuatu percontohan atau mengarahkan pertunjukan.keluaran mungkin disajikan pada waktu tertentu atau segera.

PENGOLAHAN OUTPUT-GENERASI INFORMASI
Aplikasi dirancang untuk memproses output,hanya sebagaimana adanya merancang untuk memproses masuk atau membaharui arsip yang ada.Proses transaksi Aplikasi menghasilkan berbagai keluaran untuk berbagai para pemakai.

DOKUMEN PENGOLAHAN
            Flowcharts adalah penyajian proses transaksi sistem bergambar dan arus.Mereka memproses melibatkan arus di dalam suatu sistem,flowcharts menyediakan suatu alat-alat yang baik dalam dokumen sistem dan pengolahan.Kategori  utama flowcharts adalah document,program,proses, dan sistem.

PENDEKATAN PROSES ALTERNATIF
            Pengolahan berkala yang disebut ditunda atau batch processing,melibatkan pengolahan data dari kelompok seperti transaksi pada berkala intervals.Pendekatan ini secara kebiasaan dipekerjakan oleh perusahaan dengan komputer minimal sumber daya.Tetapi juga dapat menyesuaikan diri oleh perusahaan yang mempunyai komputer yang didasarkan sistem.Lagipula,pendekatan ini mungkin adalah combinasi dengan manapun masukan data yang off-line.
Pendekatan Pengolahan Segera.Pengolahan,jarang segera menghubungi real-time processing-consists dalam pengolahan masing-masing transaksi ketika muncul dan ditangkap Data dari masing-masing transaksi dimasukkan melalui suatu alat on-line dan menempatkan dengan seketika dan secara langsung pada catatan yang terpengaruh disatu atau lebih file guru.
Perusahaan Perencanaan sumber daya adalah suatu perangkat lunak dengan suatu aplikasi di-atur terintegrasi untuk enterprisewide diarea fungsional sebagai keuangan dan accounting,manajemen sumber daya manusia,yang memproduksi dan logistik.

FILE ORGANISASI DAN PENGOLAHAN DATA
Banyak menyangkut data adalah duplikat pada multipie salinan dokumen dan format yang disimpan didalam beberapa tempat berbeda.Fungsi mengenal sebagai pemeliharaan file meliputi pembaharuan activity.Pembaharuan atau penempatan,berisi bagaimana membuat perubahan secara relatif temporer dan rutin kepada data menilai didalam arsip disimpan.

PENGOLAHAN DATA PENDEKATAN
            Para pemakai seperti accountaints harus mendapat kembali data dari arsip disimpan untuk temu tanggungjawab program aplikasi mereka juga sering mendapat kembali data seperti unit disimpan harga, yang sedang memproses transaksi. Percontohan Akses,Ketika kita sudah melihat,sequintal-access metoda memerlukan masing-masing catatan didalam suatu file untuk meneliti,permulaan dengan catatan yang pertama didalam file.
Metode Sequential-Access yang tidak efisien untuk temuan catatan individu.bagaimanapun,itu bisa merupakan suatu metoda yang sangat efektif ketika banyak dari arsip didalam file.Kita menggunakan istilah akses langsung untuk menandakan manapun metoda yang melibatkan mengakses arsip diinginkan dalam beberapa jalan/cara selain dari suatu pencarian menyeluruh di seluruh arsip suatu file. Dua metoda penting dengan arsip adalah melibatkan secara langsung index dan prosedur randomizing. Pemilihan file Organisasi dan metoda Mengakses  Metoda secara phisik arsip pengaturan telah berwujud didalam tiga jenis utama file guru, file acak dan file percontohan accessd.

PENGGOLONGAN DAN PERSANDIAN TRANSAKSI DATA
            Klasifikasi Dan Persandian,Klasifikasi menjadi tindakan pengelompokan ke dalam kelas seperti kelas data.rencana klasifikasi dirancang untuk mencapai sasaran khusus. Sebagai contoh, suatu daftar perkiraan adalah suatu rencana yang menggolongkan rekening keuangan suatu perusahaan.  Atribut kode,Sebagai tambahan terhadap memuaskan informational kebutuhan para pemakai, suatu sistem persandian yang mendukung suatu rencana penggolongan perusahaan perlu:
1)      Dengan uniknya mengidentifikasi object seperti pelanggan tertentu dan penjualan
2)      Jadilah sama sederhana dan ringkas.dalam rangka menopang memori para pemakai dan memperkecil biaya penggunaan dan memelihara itu.
3)      Mengijinkan untuk pertumbuhan diharapkan, sedemikian sehingga tidak akan perlu untuk diubah di masa depan.Untuk kejadian yang dapat diduga, Suatu bertumbuh perusahaan dengan sembilan lini produk perlu mengijinkan dua digit ( mengumpamakan suatu kode klasifikasi) untuk lini produk kode.
4)      Distandardisasi sepanjang;seluruh semua fungsi dan tingkatan di dalam suatu perusahaan,jadi yang melaporkan sistem dapat secara penuh terintegrasi.

Persandian Sistem.
Berbagai sistem persandian telah dipikirkan.contoh
( 1) menghalangi kode, seperti itu dulu mengidentifikasi barang dagangan item,
(2) mewarnai kode-kode,such misalnya itu dulu menciri salinan bentuk multicopy,dan
( 3) kode memotong, seperti itu dulu melindungi pesan rahasia.
Bagaimanapun, kode paling secara luas berguna bagi perusahaan bisnis didasarkan pada alphabetic,numeric,dan karakter alphanumberic. Empat sistem persandian yang menggunakan karakter ini adalah mnenomic,sequence,block,dan menggolongkan sistem persandian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar