By Briyan Efflin Syahputra
ANALISIS
SWOT
BANK
MANDIRI (PERSERO) Tbk
Berikut
merupakan analisis SWOT Bank Mandiri (Persero) Tbk, antara lain :
A.
Strength
(Kekuatan)
Bank
Mandiri menawarkan berbagai produk perbankan yang mempermudah nasabah dalam
bertransaksi, serta mengaplikasikan layanan 24 jam. Layanan ini terdapat
berbagai bentuk misalnya Mandiri Mobile, Mandiri Internet Bisnis, Mandiri
Internet, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan Mandiri ATM.
Pertama,
Mandiri mobile adalah layanan mobile banking pada smartphone (Blackberry, Android, dan iPhone) dengan
tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan. Dengan mandiri mobile Nasabah
dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll),
transaksi non finansial (cek saldo, cek
histori transaksi, dll), informasi
lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitu rmenarik lainnya. Untuk menggunakan layanan ini, Nasabah perlu mengaktifkan layanan mandiri sms kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile. Nasabah dapat mengunduh aplikas iini di Blackberry App World, App Store, dan Google Play.
lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitu rmenarik lainnya. Untuk menggunakan layanan ini, Nasabah perlu mengaktifkan layanan mandiri sms kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile. Nasabah dapat mengunduh aplikas iini di Blackberry App World, App Store, dan Google Play.
Kedua,
Mandiri internet bisnis adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi
financial dan non financial dengan aplikasi internet banking yang diperuntukkan
bagi Nasabah bisnis dari segmen perorangan dan perusahaan khususnya kategori
perusahaan kecil dan menengah. Fitur yang terdapat di dalam layanan mandiri internet
bisnis antara lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian,
admiminstrasi, infomasi bisnis dan aktivitas bisnis.
Ketiga,
Mandiri SMS. Ketik SMS atau Pilih Menu Kini, transaksi perbankan di Mandiri
semakin mudah dengan hadirnya layanan ini. Mandiri SMS adalah layanan perbankan
yang dapat Nasabah gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel
Nasabah. Keuntungan dari layanan ini adalah transaksi perbankan dapat kapan saja dan dimana saja,
mudah dan fleksibel, lebih efisien, memakai semua jenis SIM Card, serta apapun
jenis SIM Card yang nasabah miliki, transaksi perbankan dapat nasabah lakukan.
Keempat,
Mandiri Call, layanan perbankan otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel
yang membuat Nasabah semakin dekat dengan rekening nasabah dan memudahkan
nasabah mengatur keuangan lebih leluasa tanpa batasan waktu dan tempat.
Melakukan transaksi perbankan semudah nasabah menekan tombol telepon. Dengan
Mandiri Call Nasabah dapat melakukan transfer antar rekening Bank Mandiri,
Pembayaran tagihan : Listrik (PLN); PAM; Telepon/Handphone; KartuKredit;
TiketPesawat/KeretaApi; Iklan; Internet; Televisi berlangganan; PBB;
Pendidikan; Asuransi; Pembelian isi ulang pulsa; Pembukaan deposito rupiah;
Informasi saldo rekening dan 10 transaksi terakhir; Informasi (suku bunga,
kurs, rekening pinjaman) dan aplikasi pinjaman dan produk. Kelima, Mandiri ATM.
Nasabah dapat mengakses dan melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari
10.360 Mandiri ATM yang telah tersebar di seluruh daerah di Indonesia.
Selain
itu, Mandiri juga menawarkan layanan E-Cash dan E-Money sebagai bentuk
pelayanan prima kepada masyarakat. Pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM), Mandiri juga memiliki program Mandiri Kredit Usaha Mikro, Mandiri
Kredit BPR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Program – program
tersebut ditujukan untuk mempermudah dan menjangkau masyarakat yang akan
membuka usaha dalam skala menengah.
Dengan
demikian, banyaknya layanan 24 Jam serta program – program menarik tersebut
diharapkan dapat menjadi kekuatan bagi keberlangsungan PT.Bank Mandiri dalam
kegiatannya dibidang perbankan baik secara nasional maupun Internasional.
Tentunya, layanan prima dan lengkap ini akan semakin mempermudah dan menjangkau
seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan Bank Mandiri sebagai Lembaga
Perbankan yang dipercaya.
B.
Weakness
(Kelemahan)
Bank
Mandiri memiliki salah satu fitur yaitu,e-cash.Tetapi selain memiliki manfaat
fitur e-cash masih memiliki kelemahan dan masalah yaitu:
·
Susah untuk mengakses jika server bermasalah.
·
Timbulnya kejahatan seperti penyadapan, pembobolan
·
Membutuhkan internet. Jika tidak ada internet, maka transaksi tidak akan
berjalan.
Bank Mandiri memiliki fitur KTA
(Kredit tanpa Anggunan). Tetapi masih ada beberapa kelemahan dari KTA tersebut.yaitu:
- Dikarenakan
ini adalah pinjaman tanpa jaminan dan agunan sehingga bunga yang
ditawarkan biasanya lebih tinggi daripada produk pinjaman lain dari
lembaga keuangan
- Ada
jumlah maksimal uang yang boleh dipinjam jadi gak bisa meminjam melewati
batas yang telah terterah dalam peraturan masing - masing lembaga keuangan
- Seperti
produk pinjaman lain, kredit tanpa agunan juga memiliki batas waktu
peminjaman.
Bank Mandiri memiliki fitur Mobile
banking.Tetapi fitur ini masih mempunyai beberapa kelemahan yaitu:
·
Resiko keamanan
terbesar dalam mobile banking adalah non-dienkripsi server
penyedia layanan ponsel. Hal ini relative sangat mudah bagi seorang hacker ahli
untuk mendapatkan informasi account atau debit dan informasi kartu kredit dari
pengguna.
·
Kecepatan saat
melakukan transaksi tidak begitu cepat
C.
Opportunity
(Kesempatan)
Sebagai
salah satu bank terbesar di Indonesia, bank Mandiri memiliki peluang dalam meningkatkan financial inclusion, yaitu perluasan akses layanan perbankan kepada
masyarakat yang belum memanfaatkan jasa layanan perbankan. Financial inclusion adalah topik yang penting bagi Indonesia
sebagai bentuk peningkatan akses pelayanan financial untuk meningkatkan
pertumbuhan ekonomi. Secara langsung, financial
inclusion dapat membantu masyarakat dalam mengubah sifat konsumerisme atau consumptive menjadi masyarakat yang cenderung akan menyimpan uang
mereka dalam bentuk rekening pribadi.
D.
Threat
(Ancaman)
·
Produk-produk yang
ditawarkan oleh bank pesaing lainnya semakin inovatif
·
Penggunaan teknologi
yang semakin canggih oleh para pesaing dalam memberikan pelayanan kepada pihak
nasabah
·
Ancaman pesaing tetap
menjadi yang utama, pesaing tidak datang dari dalam negeri, tetapi dari luar
negeri
·
Pesaing tidak hanya
sesama bank konvensional saja, sekarang mulai banyak bermunculan Bank Syariah,
yang akan menambah daftar pesaing Bank Mandiri
·
Kondisi/suhu politik
Indonesia yang mash belum stabil, hal ini akan menyebabkan dampak negatif bagi
perekonomian Indonesia, termasuk Perbankan di Indonesia, termasuk Bank Mandiri
·
Kenaikan harga minyak
dunia akan menimbulkan dampak negatif,
hal ini akan menyebabkan kemungkinan pemerintah akan mengurangi Subsidi BBM,
yang secara otomatis harga BBM akan naik. Kondisi yang seperti ini akan membuat
inflasi menjadi tinggi di Indonesia, yang secara otomatis akan berdampak bagi
perekonomian, termasuk perbankan di Indonesia, termasuk didalamnya Bank
Mandiri.
Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
BalasHapusApakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.
Data pelamar:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Pekerjaan:
6) Nomor telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Pendapatan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Jangka waktu pinjaman:
11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
Salam Hormat
Jam Operasional Bank Mandiri Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi PT BANK MANDIRI (Persero) berada pada kuadran 1 yang berarti pada posisi PERTUMBUHAN, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern/pun eksternal PT BANK MANDIRI (Persero) yang KUAT, dengan lingkungan yang sedikit MENGANCAM.
BalasHapusada swot bank mandiri yang terbaru ga kak?
BalasHapus