Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Selasa, 18 Februari 2014

Paper : Mengenal Tanaman Obat Sekolah

By Briyan Efflin Syahputra

 
BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Alam Indonesia dikenal memiliki banyak jenis tanaman obat. Hampir semua jenis tanaman obat yang terdapat di dunia terdapat di Indonesia. Begitu banyak manfaat ataupun khasiat yang dapat kita peroleh dari tanaman obat tersebut, seperti tanaman temulawak, kita dapat menggunakan tanaman tersebut untuk meningkatkan nafsu makan anak dan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.
Pada zaman dahulu, nenek moyang kita hanya menggunakan berbagai jenis tanaman-tanaman untuk dijadikan sebagai obat. Dan memang terbukti pengobatan dengan menggunakan tanaman-tanaman tersebut memang manjur.
Pengobatan dengan menggunakan tanaman-tanaman obat lebih aman dan hemat dari pada dengan menggunakan pengobatan kedokteran modern. Karena dengan menggunakan tanaman obat ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal dan pengobatanya lebih aman dari pada menggunakan pengobatan kedokteran modern yang lebih mahal serta obat yang digunakan terkadang sering menimbulkan efek samping bagi tubuh, karena obat yang digunakan mengandung bahan-bahan kimia.
Tanaman obat sangat penting bagi kehidupan. Namun dimasa sekarang banyak di antara kita tidak mengetahui akan jenis bahkan bentuk dari tanaman obat itu sendiri. Masyarakat pada zaman sekarang hanya mengetahui pengobatan kedokteran modern saja. Padahal pengobatan dengan menggunakan tanaman-tanaman obat ini lebih aman dan hemat daripada menggunakan pengobatan kedokteran modern. Dan memang pengobatan kedokteran modern yang kita kenal sekarang ini memang sangat baik, akan tetapi dengan menggunakan jenis pengobatan seperti ini terkadang kita memerlukan biaya yang sangat besar dan terkadang pula obat yang diberikan pada pengobatan ini mengandung banyak bahan kimia yang dapat memberikan efek samping pada tubuh kita. Berbeda dengan menggunakan tanaman-tanaman obat. Pengobatan dengan menggunakan tanaman sama sekali tidak akan memberikan efek samping pada tubuh.
Penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker dapat diobati dengan menggunakan tanaman-tanaman obat dan terbukti sembuh. Dengan menggunakan tanaman obat tersebut, tidaklah perlu mengeluarkan dana yang besar. Banyak pada saat ini masyarakat yang mengidap penyakit yang berbahaya yang pada awalnya menggunakan pengobatan kedokteran modern beralih berobat dengan mengkonsumsi tanaman-tanaman obat dan terbukti sembuh.
Pada zaman sekarang, tidak banyak masyarakat yang sudah tua, yang tidak mengetahui beberapa jenis tanaman-tanaman obat ini, apalagi para pelajar. kebanyakan dari mereka banyak yang sama sekali tidak mengenal bahkan melihat bentuk akan tanaman obat ini. Padahal di beberapa sekolah telah banyak yang telah menanam tanaman-tanaman obat ini di perkarangan sekolah karna memang tanaman ini begitu bermanfaat. Akan tetapi para pelajar terkadang tidak mengetahui akan tanaman ini, apalagi mengetahui manfaatnya, mereka hanya mengetahui bahwa tanaman itu adalah sebuah tanaman yang seperti jenis tanaman lainnya. Kebanyakan para pelajar tersebut hanya mengetahui namanya saja, tetapi tidak mengetahui apa fungsi atau pun khasiat dari tanaman-tanaman obat tersebut. Hal tersebut sangat tidak baik. Tanaman obat yang  sering ditanam di sekolah antara lain jahe, kencur, mahkota dewa, lengkuas, kencur, temulawak, buah merah dan lain-lain.
Makalah ini ditulis untuk memberikan pengetahuan atau mengenalkan kepada para pembaca mengenai berbagai jenis tanaman-tanaman obat yang terdapat di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan. Uraian dalam makalah ini meliputi nama ilmiah dari tanaman, cara menanamannya, tempat hidup, asal asal-usul tanaman tersebut serta khasiat ataupun manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman obat tersebut.
2.      Batasan Masalah
            Agar permasalahan dalam makalah ini tidak terlalu luas maka dalam penulisan makalah ini, penulis hanya akan membahas mengenai informasi umum mengenai beberapa jenis tanaman obat pada SMAN 1 Bengkulu Selatan serta manfaat yang terkandung dalam tanaman tersebut.
3.      Rumusan Masalah
            Rumusan masalah yang diangkat dalam makalah ini adalah sebagai berikut:           
1)      Apa pengertian dari Tanaman obar itu ?
2)      Apa sajakah jenis tanaman-tanaman obat yang terdapat di SMAN 1 Bengkulu Selatan ?
3)      Bagaimanakah mengolah tanaman obat tersebut untuk dapat dijadikan obat ?
4)      Apa sajakah manfaat-manfaat yang diperoleh dari tanaman obat tersebut ?
4.      Tujuan Makalah
      Dengan ditulisnya makalah ini, penulis bertujuan untuk :
1)      Memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang berbagai jenis tanaman obat.
2)      Agar pembaca mengetahui manfaat atau pun kegunaan dari tanaman obat tersebut.
3)      Memberikan pengetahuan kepada pembaca bagaimana cara untuk mengelola tanaman tersebut agar dijadikan obat.
5.      Manfaat Makalah
      Adapun manfaat dari pembuatan makalah ini :
1)      Meningkatkannya pengetahuan pembaca mengenai berbagai macam tanaman obat.
2)      Meningkatkannya pengetahuan pembaca untuk dapat memanfaatkan berbagai jenis tanaman obat.
BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian tanaman obat
`           Tanaman obat adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan sebagai obat dalam penyembuhan maupun pencegahan penyakit. Pengertian berkhasiat obat adalah mengandung zat aktif yang berfungsi mengobati penyakit tertentu atau jika tidak mengandung zat aktif tertentu tapi mengandung efek resultan atau sinergi dari berbagai zat yang berfungsi mengobati.
Tanaman obat merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai penawar berbagai macam penyakit. Tanaman obat memang sudah lama dipergunakan oleh para pendahulu kuta sebagai obat yang mujarap untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dalam penggunaan tanaman obat sebagai obat bisa dengan cara diminum, ditempel, dan dihirup.
Banyak sekali jenis-jenis tanaman yang tergolong dalam tanaman obat yang dapat digunakan sebagai pengobatan yang alternatif. Berbagai jenis tanaman obat tersebut telah banyak ditanam di lingkungan sekolah. Tanaman obat yang ditanam di lingkungan sekolah tersebut sering disebut dengan Tanaman obat sekolah (TOSA).
2.      Jenis-jenis tanaman obat sekolah di SMAN 1 Bengkulu Selatan.
Berikut beberapa jenis tanaman obat sekolah (TOSA) yang terdapat di lingkungan SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan.
A.    Tanaman jahe
Nama ilmiahnya Zingiber officinale roxb. Ditanam pertama kali oleh orang India, kemudian menyebar keseluruh daerah tropika lainya, termasuk di Indonesia.
Jahe merupakan tumbuhan yang merumpun. Batang tubuhnya agak condong, tingginya mencapai 30-100 cm, daunya berbentuk pita, tersusun dalam dalam dua baris yang berselang-seling. Bunga tumbuh dari rimpangya dalam tangkai yang panjangnya sampai 25 cm. Rimpangnya bercabang-cabang, mempunyai kulit yang agak keras, berserat, warnya kuning atau jingga dan harum baunya.
Jahe dapat tumbuh dengan baik didataran rendah dan di daerah pergunungan sampai pada ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut. Untuk pertumbuhanya memerlukan tanah yang banyak mengandung humus, gembur dan kelembapan yang tinggi, serta tempat yang terbuka.
Penanamanya dilakukan dengan menggunakan potongan rimpangya yang mempunyai beberapa mata tunas. Sebaiknya tanahnya diberi pupuk kandang. Jahe dapat diambil rimpangnya untuk keperluan bahan obat apabila sudah berumur 5 bulan yaitu setelah daunya mengering.
B.     Tanaman kencur
Nama ilmiahnya kaempfena galangal L. Di Indonesia dikenal dalam bermacam-macam nama daerah seperti kencur, cikur, ceku, cekor, bataka, tekor, suhu dan lain-lain. Diperkirakan berasal daerah Asia Tropika, kemudian menyebar kemana-mana dan sampai di Indonesia sebagai tanaman budidaya.
Kencur merupakan tanaman kecil. Daunya melebar, letaknya mendatar, hampir datar dengan permukaan tanah. Rimpangnya bercabang-cabang, sebagian terletak di atas tanah, sebagian berada dalam tanah. Warnanya putih kekuning-kuningan, bagian tengahnya berwana putih, sedang bagian pinggirnya berwarna coklat dan berbau harum
Kencur tumbuh subur ditanah yang berwarna hitam dan berpasir, penanamanya dilakukan dengan menggunakan potongan rimpangnya. Potongan rimpang itu di timbun begitu saja dengan tanah.
C.     Tanaman lengkuas
  Nama ilmiahnya Lenguas galangal. Merupakan salah satu jenis dari suku zingiberanceace. Berasal dari Asia Tropika, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa tanaman ini berasal dari daerah sekitar Bengla ( India ). Dari daerah tersebut tanaman ini kemudian menyebar ke daerah Asia Tropika lainya, termasuk Indonesia.
Lengkuas merupakan tanaman yang tumbuhnya tegap, tingginya sampai 2 meter. Batangnya tertutup loeh pelepah-pelepah daun. Bunganya tumbuh pada bagian ujung tanaman, warnanya putih, berjumlah banyak, rimpangnya berwarna putih dan berbau harum.
Lengkuas dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Penanamannya umumnya dilakukan dengan mengguannakan rimpangnya, yaitu bagian rimpang yang paling ujung. Untuk digunakan untuk akan lebih baik diambil apabila tanaman itu sudah berumur 2-5 bulan.
D.    Tanaman sambiloto
Tanaman sambiloto merupakan tumbuhan yang sangat berkhasiat. Tanaman ini memiliki tinggi bisa mencapai 60 cm. Tanaman ini diduga berasal dari Asia Tropik. Tumbuhan ini memiliki daun-daun kecil yang berbentuk lanset, pangkal rata, permukaan berwarna hijau tua, dan tepi daunya tidak bergerigi. Daun sambiloto ini biasanya digunakan untuk pengobatan penyakit dalam, misalnya pengobatan pada penyakit malaria. Selain itu daun dari tanaman sambiloto biasanya sering diolah menjadi ramuan obat.
E.     Tanaman papaya
Pepaya merupakan tanaman yang batangnya lunak dan memiliki ketinggian antara 2 meter sampai 6 meter. Daunnya berbentuk seperti jari tangan, tetapi banyak serat-serat. Kalau masih mentah, warna kulit buah papaya berwarna hijau, daging dan isinya berwarna putih dan dagingnya tidak ada rasanya. Akan tetapi jika telah matang, warna pada buah papaya berwarna oranye kecoklatan, rasa dagingnya manis dan biji-bijinya berwarna hitam. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman papaya, antara lain untuk memperbanyak air susu ibu, mengobati sembelit, mengobati telapak kaki yang pecah-pecah dan memperlancar sembelit.
F.      Tanaman lidah Mertua
Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan Lidah Mertua adalah marga tanaman hias sekaligus merupakan jenis tanaman obat yang cukup populer karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari serta khasiat yang diperoleh dari tanaman ini begitu bagus. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.
Sansevieria punya banyak kelebihan, seperti mampu bertahan hidup pada rentang waktu suhu dan cahaya yang sangat luas, sangat resisten terhadap polutan, dan mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok dan dapat menyerap radiasi barang elektronik.
Keistimewaan :
·         Sansevieria merupakan jenis tanaman dengan tingkat penyerapan paling tinggi.
·         Perawatan tanaman yang murah
·         Selalu mengeluarkan zat O2 tanpa menghasilkan zat CO2 sehingga cocok di taruh didalam ruangan.
Manfaat :
a.       Getah, dapat digunakan sebagai obat antiseptik
b.      Akar, dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik dan obat wasir
c.       Daun, bila dibakar dapat menyembuhkan sakit kepala.
G.    Tanaman temulawak        
Temulawak merupakan tanaman obat yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat jawa. Temulawak merupakan tumbuhan asli Indonesia dan memiliki khasiat yang lengkap. Temulawak atau juga disebut Curcuma biasanya diberikan kepada anak anak untuk menambah nafsu makan mereka. Temulawak juga dapat menghilangkan flek-flek hitam pada wajah dan kandungan minyak atsirinya dapat membersihkan isi perut serta memperlancar ASI pada wanita yang menyusui. Penelitian lebih lanjut mengemukakan bahwa temulawak sangat ampuh untuk mengobati penyakit hati atau penyakit liver dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena dalam temulawak terdapat kandungan kurkumin yang dapat menyehatkan hati. Sama seperti jahe dan kencur, cara mengkonsumsi temulawak adalah dengan diparut dan diambil sari airnya.
H.    Tanaman mengkudu
Mengkudu adalah tanaman tradisional yang banyak tumbuh dimana mana dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Tanaman ini termasuk dalam jenis kopi-kopian dengan tumbuhan yang tidak terlalu tinggi. Buahnya hijau dengan bentuk yang lonjong dan bertotol totol dengan biji yang banyak dan kecil dalam daging buahnya. Mengkudu banyak berkembang biak secara liar namun banyak juga yang memelihara tanaman ini di halaman rumah dan sekolah.
Mengkudu juga dikenal dengan nama pace yang bermanfaat sebagai salah satu obat untuk mengurangi hipertensi, sakit kuning, demam, flu, batuk, dan sakit perut. Tanaman ini juga bermanfaat untuk kecantikan yaitu menghilangkan sisik pada kaki. Pada dasarnya buah mengkudu yang masak berbau tidak sedap, namun justru buah itulah yang mengandung banyak zat penting seperti morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

BAB III
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Tanaman obat sekolah seperti jahe, lengkuas, kunyit dan lain-lain, ternyata memiliki banyak kegunaan. Bukan hanya untuk digunakan sebagai bumbu masak saja, tetapi dapat digunakan sebagai tanaman obat, yang sangat bermaanfaat. Penanaman tanaman ini sangatlah mudah serta perawatanya tidaklah terlalu sulit. Tanaman obat seperti jahe, lengkuas, sambiloto merupakan jenis tanaman yang paling sering ditanam disekolah sebagai tanaman obat sekolah.
2.      Saran
Berdasarkan dari isi keseluruhan dari makalah ini penulis  ingin memberikan saran sebagai berkut :
1.      Lebih mengenali berbagai jenis tumbuhan obat.
2.     Mulai untuk membudidayakan berbagai jenis tanaman obat, baik di rumah maupun disekolah.

DAFTAR PUSTAKA
Irawan, widi. 1981. Tanaman Perkarangan. Jakarta : Balai Pustaka.
……..1981. Tumbuhan obat . Jakarta : Balai Pustaka.
Murdiati. 1985.200 resep jamu jawa. Surabaya : CV Amin.
Sumardjo. 1987. Resep obat-obatan tradisional. Surabaya : Karya Anda.












LAMPIRAN





Gambar 3.1  jahe






Gambar 3.2 Lengkuas








Gambar 3.3  Tanaman mertua lidah

1 komentar:

  1. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus