Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Senin, 02 Februari 2015

TUGAS KULIAH : LAB SIA "SISTEM ORGANISASI DAN STRUKTUR PT JOGJA COMPUTER TRADING"


SISTEM ORGANISASI DAN STRUKTUR PT JCT
A.    Sistem Organisasi PT. JCT
Berikut struktur organisasi PT. JCT

Sampai saat ini PT JCT belum memiliki job deskripsi secara detil untuk masing-masing posisi jabatan yang ada dalam stuktur organisasi diatas. Namun demikian secara garis besarnya fungsi dari masing – masing posisi atau jabatan tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikutnya.
-          Dewan komisaris
Dewan komisaris berfungsi mengawasi aktifitas bisnis dan manajemen PT. JCT dalam upaya mencapai tujuan utama perusahaan.
-          Direktur
Direktur berfungsi mengarahkan dan mengendalikan seluruh aktifitas perusahaan agar tujuan perusahaan yang telah ditentukan dapat tercapai secara optimal serta mempertanggungjawabkan seluruh aktifitastersebut kepada para pemegang saham
-          Manajer pemasaran
Manajer pemasaran berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan seluruh aktifitas pemasaran, yang meliputi tahap display produk, memperoleh customer, analisa kredit, proses pesanan penjualan, dan pengiriman barang (manajer ini dinilai kinerjanya berdasarkan omset penjualan  yang dicapai)
·         Bagian penjualan (terdiri dari 1 kabag + 7 pegawai)
Melakukan aktifitas display produk, memperoleh customer, dan memproses sales order
·         Bagian analisa kredit (terdiri dari 1 kabag +2 pegawai)
Melaksanakan analisa terhadap kemampuan membayar calon customer yang akan membeli secara kredit, mulai dari survey customer sampai dengan diterbitkannya laporan hasil analisis kredit
·         Bagian pengiriman (terdiri dari 1 kabag + 4 pegawai)
Melaksanakan pengiriman barang kepada customer.

-          Manajer produksi
Manajer produksi berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan seluruh aktifitas produksi, yang meliputi tahap pengadaan barang, perakitan, install software, dan pengujian produk (manajer ini dinilai prestasinya berdasarkan kualitas produk yang dihasilkan dan tingkat serapan biaya)
·         Bagian pengadaan dan stock (terdiri dari 1 kabag + 2 pegawai)
Melaksanakan analisis  kebutuhan barang, pembeliannya, dan penyimpanannya.
·         Bagian teknik (terdiri dari 1 kabag + 5 pegawai)
Melaksanakan seluruh aktifitas teknik yang meliputi perakitan computer, instalasi/ setting computer, pengujian computer, dan berbagai kegiatan maintenan computer di kantor.
-          Manajer administrasi dan keuangan
Manajer administrasi dan keuangan berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan seluruh aktfitas administrasi perkantoran, manajemen keuangan, dan akuntansi perusahaan (manajer ini dinilai berdasarkan. Ketertiban administrasi perkantoran dan pelaporan keuangan)
·         Bagian administrasi dan umum (terdiri dan 1 kabag + 3 pegawai)
Melaksanakan berbagai analisis kinerja keuangan perusahaan, pencatatan transaksi perusahaan.
·         Kasir kas masuk sekaligus kas keluar (1 orang pegawai)  Melaksanakan fungsi kasir kas masuk dan sekaligus kas keluar

Berdasarkan analisa kelompok kami dalam sistem organisasi PT. JCT ini masih terdapat berbagai kelemahan. Sehingga diperlukan untuk melakukan berbagai perubahan dalam sistem organisasinya.

B.     Kelemahan Dalam Sistem Organisasi PT.JCT dan Solusi
Dari hasil diskusi yang dilakukan kelompok kami, kami menemukan ada beberapa kelemahan dalam sistem organisasi PT. JCT.  menurut kelompok kami jika perusahaan menggunakan struktur organisasi tersebut akan mengakibatkan fraud  serta merugikan perusahaan. Hasil analisis kami adalah:
1.      Banyaknya piutang yang susah untuk ditagih
Kondisi ini merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada PT JCT. Dalam sistem organisasi PT JCT, didalam perusahaan ini belum terdapat bagian khusus untuk melakukan penagihan atas kostumer yang melakukan pembelian secara kredit, sehingga sering terjadi kasus dimana banyaknya piutang yang susah ditagih. Untuk itu kami memberikan solusi, bahwa dalam sistem organisasi PT JCT diperlukan 1 bagian khusus yang bertugas untuk melakukan penagihan atas kostumer yang melakukan pembelian barang secara kredit. Bagian khusus tersebut yaitu bagian Penagihan yang berada di bawah manajer Administrasi dan Keuangan.
2.      Dilihat dari tugas masing-masing, bagian analis kredit tidak bisa bekerja secara independen didalam departemen pemasaran. Dikarenakan manajer pemasaran menginginkan memperoleh kostumer sebanyak-banyaknya sedangkan analis kredit harus menganalisis apakah calon kostumer mampu membayar kredit atau tidak. Apabila analis kredit bekerja dibawah manajer pemasaran dia akan menuruti perintah manajer pemasaran sehingga analis kredit tidak bisa bekerja secara efektif. Alangkah baiknya jika bagian analis kredit bekerja dibawah manajer administrasi dan keuangan agar pekerjaannya lebih independen. Alasan mengapa analis kredit seharusnya bekerja dibawah manajer admin dan keuangan, karena analis kredit berhubungan dengan masalah keuangan, satu pikiran, satu visi dan misi. sehingga masalah banyakya piutang yang susah ditagih daat diatasi dengan baik.
3.      Banyak produk – produk yang sulit laku dijual sehingga menumpuk di gudang.
Hal ini juga merupakan permasalahan yang ditemui dalam PT. JCT. Menurut kelompok kami permasalahannnya ada pada SDM pada bagian penjualan yang tidak bekerja secara maksimal. Dalam hal ini seharusnya karyawan dalam bagian ini mampu melakukan riset pasar agar bisa membaca permintaan pasar akan barang yang diinginkan pasar, sehingga tidak mengakibatkan adanya produk – produk yang sulit dijual. Dalam hal ini karyawan promosi juga ikut andil dalam permasalahan ini, dalam per hari seharusnya bagian promosi mempunyai target dalam penjualan sehingga mereka akan bekerja lebih keras lagi dalam memperoleh kustomer. Sehingga permasalahannya berada pada SDM nya. Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini yaitu dengan memilih SDM yang terbaik, serta dibutuhkannya berbagai pelatihan bagi setiap SDM-nya, sehingga mereka dapat bekerja dengan maksimal. Untuk mencetak karyawan-karyawan yang berkualitas perlu dilakukan penyaringan tenaga kerja yang dilakukan  bagian personalia, penyaringan secara ketat akan menghasilkan karyawan  yang lebih berkompeten, selain itu bagian personalia ini akan sering melakukan pelatihan atas setiap karyawan baru yang direkrut. Maka dari itu kami mengusulkan untuk menambah Departemen personalia di struktur organisasi di PT. JCT yang mana dibawah departemen ini akan terdapat 2 bagian yaitu bagian perekrutan dan pelatihan.
4.      Tidak terkontrolnya stok di gudang yang menyebabkan manajemen sulit mengetahui jumlah stok di gudang yang rill
Inventory suatu perusahaan sangatlah penting  untuk diketahui jumlahnya. Karena jika suatu perusahaan tidak mengetahui jumlah inventory-nya, akan menimbulkan kerugian. Hal ini terjadi pada PT JCT. Mengapa PT JCT tidak mengetahui jumlah stok di gudang ? Itu semua karena bagian gudang PT. JCT tidak pernah melakukan pencatatan stok yang masuk dan keluar dari gudang. Menurut kelompok kami, melakukan pencatatan terhadap stok di gudang itu sangat penting, mengingat akan banyak inventory yang akan disimpan disana yang bisa saja jika tidak diketahui keberadaannya, akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Oleh sebab itu menurut kami PT JCT perlu menambahkan departemen baru dalam sistem organisasinya. Kami mengusulkan untuk membuat bagian bari dibawah manajer produksi yaitu bagian pengendali persediaan.
5.      Laporan keuangan yang susah dipercayai kebenarannya.
Laporan keuangan sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan inilah perusahaan dapat menilai kinerja  semua yang ada pada suatu perusahaan. Namun yang terjadi pada PT. JCT laporan yang ada kurang dapat dipercayai, itu semua dikarenakan catatan yang dihasilkan kurang baik. Hal ini menyulitkan bagian buku besar untuk melakukan pembuatan laporan keuangan serta kebenaran atas laporan keuangan akan sulit untuk dipercayai. Dan karena hal itu bisa menyebabkan terjadinya fraud atau pencurian stok barang karena tidak dapat diketahui dengan benar barang atau stok yang berada digudang. Oleh karena itu kami memberikan solusi untuk membentuk departemen baru dalam sistem organisasi PT JCT, yaitu dengan membentuk bagian baru dibawah manajer produksi yaitu bagian pengendali persediaan. Bagian ini akan bertugas melakukan pengawasan dan mengevaluasi kebenaran atas setiap catatan barang yang masuk dan keluar. Sehingga karyawan bagian ini akan selalu membuat laporan atas kebenaran catatan barang yang keluar dan masuk dalam perusahaan.
6.      Sering terjadi komplain dari kustomer. Hal ini terjadi karena komputer rakitan sering ada gangguan
Untuk hal ini kami mengidentifikasi bahwa SDM yang dimiliki perusahaan ini masihlah kurang, khususnya pada bagian produksi. Seharusnya perusahaan benar – benar menyeleksi karyawannya agar lebih produktif, untuk itu kami menyarankan memberikan training kepada karyawan – karyawannya. Untuk itu kami mengusulkan dibentuknya departemen baru yaitu personalia, yang mana didalamnya terdapat 2 bagian yaitu bagian perekrutan dan dan pelatihan. Dengan adanya bagian perekrutan, setiap karyawan yang diterima dalam perusahaan merupakan karyawan yang telah memenuhi standar PT. JCT, serta dengan adanya bagian pelatihan, karyawan-karyawan dalam perusahaan ini akan mendapatkan berbagai pelatihan, sehingga semua karyawannya dapat  bekerja dengan maksimal. Selain itu untuk mengecek kualitas dari produk-produk yang dihasilkan kami menambahkan bagian pengendali persediaan yang bertugas untuk mengecek apakah komputer telah layak dijual atau tidak, jika belum layak, akan di kembalikan kebagian teknik untuk segera di perbaiki. Bagian ini akan mengawasi produk – produk yang akan dijual agar sudah memenuhi  standar yang ada. Selain itu bagian ini juga bertugas untuk memantau akan kebenaran setiap persediaan yang masuk dan keluar.
7.   Dalam penempatan posisi/jabatan dalam PT. JCT yang telah ada, kami berpendapat bahwa harus benar-benar ada penyeleksian pegawai agar perusahaan lebih produktif. Karena dalam PT. JCT, anggota keluarga dari Rahmat Sarwono yang merupakan pendiri PT.JCT beberapa dari mereka menempati posisi yang penting dalam perusahaan ini. Penilaian benar -benar harus obyektif bukan karena ada hubungan darah dengan pemegang saham lantas dapat menjabat di perusahaan tersebut. Dengan adanya penerimaan pegawai hanya karena punya hubungan darah tentu sangat merugikan jika orang tersenbut tidak berkompeten, itu semua juga akan mengakibatkan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan visi dan misi perusahaan akan sangat terganggu, hal itu tentunya akan menghambat kemajuan perusahaan. Jadi menurut kami alangkah baiknya jika orang yang berkompeten-lah yang bisa masuk dalam perusahaan tersebut bukan hanya karena hubungan saudara.
8.   Dengan banyaknya permasalahan diatas, kami juga memberikan usulan perlu adanya auditor internal dalam sistem organisasi PT. JCT. Auditor internal ini sendiri akan bertugas untuk melakukan evaluasi semua kinerja perusahaan secara menyeluruh. Evaluasi ini sendiri akan dilakukan secara rutin, dengan adanya evaluasi dengan rutin, tentu berbagai permasalahan/kelemahan yang ditemukan dalam PT. JCT akan dievaluasi oleh auditor internal perusahaan. Setiap evaluasi, semua masalah akan segera diperbaiki sehingga untuk kedepannya semua permasalahan tersebut tidak terjadi lagi.


C.    Struktur dan Job Descriptions dari Struktur Organisasi yang Diusulkan
Berikut uraian tugas dari setiap posisi/jabatan dalam struktur organisasi yang diusulkan
1.      Komisaris
Dewan Komisaris berfungsi mengawasi aktifitas bisnis dan manajemen PT. JCT dalam upaya mencapai tujuan utama perusahaan.
2.      Direktur
Direktur berfungsi mengarahkan dan mengendalikan seluruh aktifitas perusahaan agar tujuan perusahaan yang telah ditentukan dapat tercapai secara optimal, serta mempertanggungjawabkan seluruh aktifitas tersebut kepada para pemegang saham.
3.      Auditor Internal
Auditor internal berfungsi untuk mengevaluasi seluruh kegiatan PT JCT. Auditor internal akan mengevaluasi kinerja bagian manajemen, kinerja SDM dalam perusahaan, kinerja setiap departemen/bagian, serta mengevaluasi kebenaran atas laporan keuangan dari PT JCT. Auditor internal ini akan selalu melakukan pemantauan terhadap setiap aktifitas perusahaan. Auditor internal ini akan selalu melakukan evaluasi secara rutin, ketika evaluasi setiap kesalahan, kelemahan maupun kecurangan yang ditemukan oleh auditor internal semuanya akan dibahas dan diselesaikan.  Audtir internal didalam PT JCT akan memberikan sanksi yang berat apabila ditemukan pelanggaran-pelanggran yang dilakukan setiap pegawai didalamnya. Dengan adanya evaluasi secara rutin yang dilakukan oleh Auditor internal, setiap permasalahan yang ditemukan dapat segera diperbaiki. Sehingga permasalahan-permasalahan yang sering timbul dalam PT JCT dapat diatasi, dan dikemudian hari tidak terjadi lagi.
4.      Manajer Pemasaran
Manajer pemasaran berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan seluruh aktivitas PT JCT, seperti display produk, melakukan riset pasar, promosi produk yang dijual, memperoleh kostumer, proses penjualan serta pengiriman barang. (Manajer ini dinilai kinerjaya berdasarkan omset penjualan yang dicapai serta tingkat kepuasan kostumer)
a.       Bagian Penjualan
Bagian penjualan, bertugas untuk melakukan berbagai aktifitas. Pertama yaitu riset pasar. Beberapa karyawan dalam bagian penjualan akan selalu melakukan riset pasar. Riset pasar akan selalu dilakukan guna mengetahui berbagai jenis produk-produk barang yang dibutuhkan oleh pasar saat ini. Kedua yaitu promosi. Beberapa karyawan dalam bagian ini bertugas untuk menyiapkan berbagai strategi promosi yang akan dilakukan. Setelah strategi promosi disusun, karyawan bagian penjualan akan melakukan berbagai kegiatan promosi sesuai dengan rencana strategi yang telah ditentukan. Ketiga yaitu display produk. Karyawan bagian ini juga bertugas melakukan display terhadap produk yang akan dijual. Dan yang terakhit yaitu kegiatan untuk memperoleh kostumer. Tujuan utama dari bagian penjualan ini yaitu memperoleh kostumer, dengan berbagai strategi yang telah direncanakan.
b.      Bagian Pengiriman
Bagian pengiriman bertugas untuk melakukan berbagai pengiriman barang yang telah dipesan oleh kostumer. Karyawan bagian ini bertanggung jawab atas barang yang akan dikirim ke kostumer.
5.      Manajer Produksi
Manajer produksi bertugas untuk mengelola dan bertanggung jawab atas semua aktifitas produksi, pengadaan dan penyimpanan dan pengendalian PT JCT. Kegiatannya meliputi perakitan komputer, install software, pengujian produk, pengadaan dan stok, dan pengendalian terhadap persediaan. (manajer produksi dinilai prestasinya berdasarkan kualitas produk yang dihasilkan dan tingkat serapan biayanya).
a.       Bagian Teknik
Bagian teknik teknik bertugas untuk melakukan berbagai perakitan komputer sesuai yang diinginkan oleh kostumer, melakukan pengujian komputer, instalasi software, serta melakukan perawatan setiap komputer yang ada didalam perusahaan.
b.      Bagian pengadaan dan stok
Melaksanakan analisis  kebutuhan barang, pembeliannya, dan penyimpanannya.
c.       Bagian Pengendali Persediaan
Bagian pengendalian persediaan bertugas untuk melakukan berbagai aktifitas pengendalian persediaan. Karyawan bagian ini akan selalu melakukan pengawasan terhadap semua barang-barang yang terdapat dalam dalam bagian stok dan bagian penyimpanan. Bagian ini akan selalu mengecek setiap catatan setiap barang yang masuk dan barang yang keluar dalam perusahaan ini, karyawan dalam bagian ini juga akan selalu memeriksa kebenaran atas semua catatan tersebut, selain itu karyawan bagian ini juga akan memeriksa keadaan setiap barang yang terdapat dalam bagian stok dan penyimpanan. Bagian pengendalian akan selalu membuat laporan atas semua pengawasannya, kemudian semua laporan tersebut akan disetor ke bagian keuangan dan akuntansi.
6.      Manajer Administrasi dan Keuangan
Manajer administrasi dan keuangan bertugas untuk mengelola dan bertanggung jawab atas semua aktfitas administrasi perkantoran dan keuangan PT JCT. Aktvitasnya meliputi berbagai kegiatan administrasi perkantoran, manajemen keuangan, akuntansi perusahaan, analisa kredit, serta penagihan. Manajer administrasi dan keuangan dinilai berdasarkan ketertiban administrasi perkantoran, kebenaran atas pelaporan keuangan, serta berhasilnya melakukan setiap tagihan kostumer yang membeli barang secara kredit).
a.       Bagian Administrasi dan Umum
Bagian administrasi dan umum bertugas untuk melakukan semua aktivitas perkantoran, termasuk didalamnya humas dan hot line kostumer.
b.      Bagian Keuangan dan Akuntansi
Bagian keuangan dan akuntansi bertugas melakukan berbagai analisi kinerja keuangan perusahaan. Karyawan bagian ini bertugas untuk membuat berbagai anggaran keuangan perusahaan, pencatatan setiap transaksi perusahaan, melakukan analisa kebenaran atas setiap transaksi ataupun laporan yang diterima dari setiap departemen dalam PT JCT, serta membuat laporan keuangan dengan data yang valid.
c.       Bagian Analisis Kredit
Bagian analisa kredit bertugas untuk melakukan berbagai analisa mengenai kemampuan calon pembeli untuk membayar produk yang akan mereka beli secara kredit. Proses analisanya dimulai dari survey calon pembeli itu sendiri, menganalisa apakah calon pembeli ini akan mampu melunasi barang yang akan dibelinya atau tidak sampai dengan diterbitkannya laporan hasil analisis kredit.
d.      Bagian Penagihan
Bagian Penagihan bertugas untuk melakukan berbagai penagihan terhadap kostumer yang belum membayar tagihan atas barang yang telah mereka beli pada PT JCT. Karyawan bagian ini akan menerima daftar kostumer yang membeli barang secara kredit. Pada daftar tersebut akan terdapat tanggal batas tempo untuk pembayaran barang yang telah dibeli. Sehingga ketika ada kostumer yang belum membayar dan telah melebihi batas tempo, maka karyawan bagian ini akan melakukan penagihan terhadap kostumer tersebut.
e.       Kasir
Kasir bertugas untuk melaksanakan fungsi kas keluar dan kas masuk. Ketika kasir ingin melakukan pengeluran, setiap pengeluran dana tersebut harus telah mendapatkan persetujuan oleh manajer administrasi dan keuangan. Sehingga pihak kasir tidak bisa dengan asal untuk mengeluarkan kas tanpa ada persetujuan dari manajer dengan berbagai pertimbangan.
7.      Manajer Personalia
Manajer personalian bertugas untuk mengelola dan bertanggung jawab atas semua aktifitas personalia PT JCT, antara lain perekrutan karyawan perusahaan serta pelatihannya. (Manajer ini dinilai berdasarkan kualitas karyawan yang telah dipilih).
a.       Bagian Perekrutan
Bagian perekrutan bertugas untuk melakukan perekrutan atas pegawai baru PT JCT. Bagian ini akan menetapkan berbagai standar yang ditentukan untuk menjadi pegawai PT JCT. Aktifitasnya seperti menetapkan standar setiap pegawai baru PT JCT, melakukan promosi untuk penerimaan kerja, menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk setiap perekrutan pegawai baru, seperti tes dan interview. Serta menentukan setiap pegawai baru PT JCT, dengan persetujuan semua pihak.
b.      Bagian Pelatihan
Bagian pelatihan bertugas untuk melakukan pelatihan bagi setiap pegawai PT JCT, terutama pada pegawai baru. Bagian ini akan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melakukan pelatihan tersebut. Pelatihan ini ditujukan, agar setiap pegawai yang bekerja dalam PT JCT menghasilkan kinerja yang diharapkan oleh perusahaan.


D.  Persyaratan Untuk Setiap Posisi dalam PT JCT
1.         Persyaratan karyawan bagian Penjualan
o   Pria/Wanita, usia 20-35 tahun
o   Pendidikan terakhir min. SMU / sederajat.
o   Berpenampilan menarik.
o   Memiliki jiwa seorang marketing
o   Mampu berkomunikasi dengan baik
o   Sehat, smart, mudah bersosialisasi, mandiri, cepat belajar, pantang menyerah
2.         Persyaratan karyawan bagian Pengiriman
o   Pria, usia 20-38 tahun
o   Pendidikan terakhir min. SMU / sederajat.
o   Jujur dan disiplin
o   Mau kerja keras dan kerja dalam team.
o   Teliti dan bertanggung jawab
3.         Persyaratan karyawan bagian Teknik
o   Pria, usia 20-33 tahun
o   Pendidikan minimal SMK/sederajat, lebih diutamakan D3/S1 dari jurusan Teknik Elektro/Teknik Informatika berpengalaman
o   Jujur, disiplin, menyukai tantangan, dan mau belajar
o   Stabil secara emosi dan mau bekerja keras
o   Bisa bekerja sama dalam team
o   Pengalaman bekerja minimal 1 tahun
4.         Persyaratan karyawan bagian Administrasi dan Umum
o   Pria/Wanita,  D3 pengalaman atau S1 IPK diatas 3,0
o   Usia 25-35 tahun
o   Jujur, teliti, disiplin
o   Menguasai komputer
o   Mempunyai kemampuan memimpin team
o   Memiliki kemampuan komunikasi dengan baik.
o   Pengalaman minimal 1 tahun
5.         Persyaratan karyawan bagian Keuangan dan Akuntansi
o   Pria/Wanita, fresh graduate maupun experienced usia maks. 37 tahun
o   Pendidikan S1 dalam bidang terkait
o   IPK minimal 3,00
o   Memahami proses dan prosedur akuntansi
o   Menguasai Laporan Keuangan dan Manage Cashflow & Tax
o   Mampu mengoperasikan program Office dengan baik (Excel, Word, Power Point) dan internet
o   Tegas, Disiplin, Mempunyai jiwa kepemimpinan
o   Smart worker, Team worker, Hard Worker
o   Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
o   Jujur dan dapat dipercaya
6.         Persyaratan karyawan bagian Analisis Kredit
o   Pria/Wanita, usia maks 28 tahun
o   Sarjana Strata 1, IPK min 3.00 (skala 4.00) untuk Strata 1
o   Komunikasi sistematis dan daya analisa tinggi
o   Motivasi tinggi
o   Mampu bekerja dalam team
o   Mampu bekerja keras dan tidak mengeluh
o   Disiplin, jujur, dan bertanggung jawab
7.         Persyaratan karyawan bagian Penagihan
o   Pria, usia 18-40 tahun
o   Jujur dan teliti
o   Bersedia memberikan Jaminan Karyawan
o   Berpenampilan rapi
o   Mampu bernegosiasi dan pressing konsumen yang kredit macet
o   Menguasai computer
o   Memiliki pengalaman di bagian penagihan minimal 1 tahun
8.         Persyaratan karyawan bagian Kasir
o   Pria / Wanita, usia maks. 25 tahun
o   Pendidikan minimal SMA/sederajat
o   Memiliki pengalaman kerja di bidang Administrasi
o   Berpenampilan menarik, memiliki kemampuan komunikasi, Jujur dan Teliti.
o   Mampu mengoperasikan Microsoft Office
o   Mampu berkerja dalam team
9.         Persyaratan karyawan bagian pengadaan dan stok
o   Pria, Usia 18-30 Tahun.
o   Memiliki fisik yang sehat
o   Bersedia kerja lembur
o   Mampu mengatur  keluar masuk stok barang gudang
o   Fresh Graduate atau berpengalaman 1 tahun
o   Jujur dan disiplin
o   Mampu bekerja dengan baik dalam team maupun individual
10.     Persyaratan karyawan bagian Pengendalian Persediaan
o   Pria, usia maks 33 tahun
o   Pendidikan min D3/S1
o   Disiplin, teliti, dan bertanggung jawab
o   Mampu berkerja dengan baik dalam team
o   Memiliki fisik yang kuat
o   Mau bekerja keras
11.     Persyaratan karyawan bagian Perekrutan
o   Pria/Wanita, usia 24-35 tahun
o   Pendidikan D3/S1
o   Obyektif dan berwawasan jangka panjang
o   Diplomatis dan mampu bekerja dalam team
o   Disiplin dan bertanggung jawab
12.     Persyaratan karyawan bagian Pelatihan
o   Pria/Wanita, usia maks 35 tahun
o   Lulusan D3/S1 dari jurusan Teknik Elektro/Teknik Informatika
o   Mampu presentasi dan berkomunikasi dengan baik
o   Memiliki karakter disiplin, rajin, jujur dan bertanggungjawab
o   Siap bekerja cerdas dan keras
o   Memiliki jiwa leadership
o   Memiliki pengalaman bekerja di bidang yang sama min 2 tahun




1 komentar:

  1. Selamat tahun baru untuk semua, Pada Jessicabrownfinancefirm, kami memberikan pinjaman dengan keringanan tahun baru untuk mereka yang mencari bantuan keuangan. proses pinjaman dapat dilakukan dari kenyamanan rumah Anda asalkan Anda tulus dan ingin pinjaman.
     Apakah Anda membutuhkan pinjaman nyata ?, Lupakan penipuan masih banyak perusahaan keuangan asli. Apakah Anda pernah ditolak oleh lembaga keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, khawatir tidak lagi karena @ JESSICABROWNFINANCEFIRM kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman dan berpengalaman yang memberikan pinjaman bebas kerumitan untuk individu dan badan hukum yang tulus dan serius, baik itu perusahaan, perusahaan dan kepada publik, pada tingkat bunga yang sangat rendah kurang dari 2%. Kami memiliki akses ke kolam uang tunai untuk diberikan kepada Kecil dan perusahaan skala menengah dan orang-orang yang memiliki rencana untuk memulai bisnis, tidak peduli seberapa kecil. Yakinlah kesejahteraan dan kenyamanan adalah semua kita di sini untuk memastikan. Dapatkan berhubungan dengan unit pelayanan pelanggan kami @ Jessicabrownfinancefirm@gmail.com untuk respon cepat dan cepat.
     
                                        KITA PERLU BERIKUT DARI ANDA,
     
     
    1. Nama
    2. negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Kerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan Bulanan
    8. Jumlah yang dibutuhkan
    9. Durasi Pinjaman
    10. Agama
    11. Apakah Anda menerapkan sebelum dan ditolak? Jika ya
    12. Negara alasan ..........................................
    .................................................. ....... ...
    .................................................. ....... ...
    .................................................. ..........
    .................................................. ...... ...
     
                                    Biarkan kami membantu Anda
     
     
                  Jessicabrownfinancefirm - Copyright © 2017. Seluruh hak cipta.

    BalasHapus