SISTEM ORGANISASI DAN STRUKTUR PT JCT
A. Sistem
Organisasi PT. JCT
Berikut
struktur organisasi PT. JCT
Sampai saat ini PT JCT belum memiliki job deskripsi
secara detil untuk masing-masing posisi jabatan yang ada dalam stuktur organisasi
diatas. Namun demikian secara garis besarnya fungsi dari masing – masing posisi
atau jabatan tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikutnya.
-
Dewan komisaris
Dewan komisaris berfungsi mengawasi aktifitas bisnis
dan manajemen PT. JCT dalam upaya mencapai tujuan utama perusahaan.
-
Direktur
Direktur berfungsi mengarahkan dan mengendalikan
seluruh aktifitas perusahaan agar tujuan perusahaan yang telah ditentukan dapat
tercapai secara optimal serta mempertanggungjawabkan seluruh aktifitastersebut
kepada para pemegang saham
-
Manajer
pemasaran
Manajer pemasaran berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan
seluruh aktifitas pemasaran, yang meliputi tahap display produk, memperoleh
customer, analisa kredit, proses pesanan penjualan, dan pengiriman barang
(manajer ini dinilai kinerjanya berdasarkan omset penjualan yang dicapai)
·
Bagian penjualan
(terdiri dari 1 kabag + 7 pegawai)
·
Bagian analisa
kredit (terdiri dari 1 kabag +2 pegawai)
Melaksanakan analisa terhadap kemampuan membayar calon
customer yang akan membeli secara kredit, mulai dari survey customer sampai
dengan diterbitkannya laporan hasil analisis kredit
·
Bagian
pengiriman (terdiri dari 1 kabag + 4 pegawai)
Melaksanakan pengiriman barang kepada customer.
-
Manajer produksi
Manajer produksi
berfungsi mengelola dan mempertanggungjawabkan seluruh aktifitas produksi, yang
meliputi tahap pengadaan barang, perakitan, install software, dan pengujian
produk (manajer ini dinilai prestasinya berdasarkan kualitas produk yang
dihasilkan dan tingkat serapan biaya)
·
Bagian pengadaan
dan stock (terdiri dari 1 kabag + 2 pegawai)
Melaksanakan analisis
kebutuhan barang, pembeliannya, dan penyimpanannya.
·
Bagian teknik
(terdiri dari 1 kabag + 5 pegawai)
Melaksanakan seluruh aktifitas teknik yang meliputi
perakitan computer, instalasi/ setting computer, pengujian computer, dan
berbagai kegiatan maintenan computer di kantor.
-
Manajer
administrasi dan keuangan
Manajer administrasi dan keuangan berfungsi mengelola
dan mempertanggungjawabkan seluruh aktfitas administrasi perkantoran, manajemen
keuangan, dan akuntansi perusahaan (manajer ini dinilai berdasarkan. Ketertiban
administrasi perkantoran dan pelaporan keuangan)
·
Bagian
administrasi dan umum (terdiri dan 1 kabag + 3 pegawai)
Melaksanakan berbagai analisis kinerja keuangan
perusahaan, pencatatan transaksi perusahaan.
·
Kasir kas masuk
sekaligus kas keluar (1 orang pegawai) Melaksanakan
fungsi kasir kas masuk dan sekaligus kas keluar
Berdasarkan analisa kelompok kami dalam sistem
organisasi PT. JCT ini masih terdapat berbagai kelemahan. Sehingga diperlukan
untuk melakukan berbagai perubahan dalam sistem organisasinya.
B. Kelemahan Dalam
Sistem Organisasi PT.JCT dan Solusi
Dari hasil
diskusi yang dilakukan kelompok kami, kami menemukan ada beberapa kelemahan
dalam sistem organisasi PT. JCT. menurut
kelompok kami jika perusahaan menggunakan struktur organisasi tersebut akan
mengakibatkan fraud serta merugikan perusahaan. Hasil analisis
kami adalah:
1. Banyaknya piutang yang susah untuk ditagih
Kondisi ini merupakan salah
satu masalah yang sering muncul pada PT JCT. Dalam sistem organisasi PT JCT,
didalam perusahaan ini belum terdapat bagian khusus untuk melakukan penagihan
atas kostumer yang melakukan pembelian secara kredit, sehingga sering terjadi
kasus dimana banyaknya piutang yang susah ditagih. Untuk itu kami memberikan
solusi, bahwa dalam sistem organisasi PT JCT diperlukan 1 bagian khusus yang
bertugas untuk melakukan penagihan atas kostumer yang melakukan pembelian
barang secara kredit. Bagian khusus tersebut yaitu bagian Penagihan yang berada
di bawah manajer Administrasi dan Keuangan.
2.
Dilihat dari tugas
masing-masing, bagian analis kredit tidak bisa bekerja secara independen didalam departemen pemasaran.
Dikarenakan manajer pemasaran menginginkan memperoleh kostumer
sebanyak-banyaknya sedangkan analis kredit harus menganalisis apakah calon
kostumer mampu membayar kredit atau tidak. Apabila analis kredit bekerja
dibawah manajer pemasaran dia akan menuruti perintah manajer pemasaran sehingga
analis kredit tidak bisa bekerja secara efektif. Alangkah baiknya jika bagian
analis kredit bekerja dibawah manajer administrasi
dan keuangan agar pekerjaannya lebih independen. Alasan mengapa analis kredit
seharusnya bekerja dibawah manajer admin dan keuangan, karena analis kredit
berhubungan dengan masalah keuangan, satu pikiran, satu visi dan misi. sehingga
masalah banyakya piutang yang susah ditagih daat diatasi dengan baik.
3.
Banyak produk –
produk yang sulit laku dijual sehingga menumpuk di gudang.
Hal ini juga merupakan
permasalahan yang ditemui dalam PT. JCT. Menurut kelompok kami permasalahannnya
ada pada SDM pada bagian penjualan yang tidak bekerja secara maksimal. Dalam
hal ini seharusnya karyawan dalam bagian ini mampu melakukan riset pasar agar bisa
membaca permintaan pasar akan barang yang diinginkan pasar, sehingga tidak
mengakibatkan adanya produk – produk yang sulit dijual. Dalam hal ini karyawan
promosi juga ikut andil dalam permasalahan ini, dalam per hari seharusnya
bagian promosi mempunyai target dalam penjualan sehingga mereka akan bekerja
lebih keras lagi dalam memperoleh kustomer. Sehingga permasalahannya berada
pada SDM nya. Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini yaitu dengan memilih SDM
yang terbaik, serta dibutuhkannya berbagai pelatihan bagi setiap SDM-nya,
sehingga mereka dapat bekerja dengan maksimal. Untuk mencetak karyawan-karyawan
yang berkualitas perlu dilakukan penyaringan tenaga kerja yang dilakukan bagian personalia, penyaringan secara ketat
akan menghasilkan karyawan yang lebih
berkompeten, selain itu bagian personalia ini akan sering melakukan pelatihan
atas setiap karyawan baru yang direkrut. Maka dari itu kami mengusulkan untuk
menambah Departemen personalia di struktur organisasi di PT. JCT yang mana
dibawah departemen ini akan terdapat 2 bagian yaitu bagian perekrutan dan
pelatihan.
4.
Tidak
terkontrolnya stok di gudang yang menyebabkan manajemen sulit mengetahui jumlah
stok di gudang yang rill
Inventory suatu
perusahaan sangatlah penting untuk
diketahui jumlahnya. Karena jika suatu perusahaan tidak mengetahui jumlah inventory-nya, akan menimbulkan
kerugian. Hal ini terjadi pada PT JCT. Mengapa PT JCT tidak mengetahui jumlah
stok di gudang ? Itu semua karena bagian gudang PT. JCT tidak pernah melakukan
pencatatan stok yang masuk dan keluar dari gudang. Menurut kelompok kami,
melakukan pencatatan terhadap stok di gudang itu sangat penting, mengingat akan
banyak inventory yang akan disimpan
disana yang bisa saja jika tidak diketahui keberadaannya, akan mengakibatkan
kerugian bagi perusahaan. Oleh sebab itu menurut kami PT JCT perlu menambahkan
departemen baru dalam sistem organisasinya. Kami mengusulkan untuk membuat bagian
bari dibawah manajer produksi yaitu bagian pengendali persediaan.
5. Laporan keuangan yang susah dipercayai kebenarannya.
Laporan keuangan sangatlah
penting bagi suatu perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan inilah perusahaan
dapat menilai kinerja semua yang ada
pada suatu perusahaan. Namun yang terjadi pada PT. JCT laporan yang ada kurang
dapat dipercayai, itu semua dikarenakan catatan yang dihasilkan kurang baik. Hal ini menyulitkan
bagian buku besar untuk melakukan pembuatan laporan keuangan serta kebenaran
atas laporan keuangan akan sulit untuk dipercayai. Dan karena hal itu bisa
menyebabkan terjadinya fraud atau
pencurian stok barang karena tidak dapat diketahui dengan benar barang atau
stok yang berada digudang. Oleh karena itu kami memberikan solusi untuk
membentuk departemen baru dalam sistem organisasi PT JCT, yaitu dengan
membentuk bagian baru dibawah manajer produksi yaitu bagian pengendali
persediaan. Bagian ini akan bertugas melakukan pengawasan dan mengevaluasi
kebenaran atas setiap catatan barang yang masuk dan keluar. Sehingga karyawan
bagian ini akan selalu membuat laporan atas kebenaran catatan barang yang
keluar dan masuk dalam perusahaan.
6.
Sering terjadi
komplain
dari kustomer. Hal ini terjadi karena komputer rakitan sering ada gangguan
Untuk hal ini kami
mengidentifikasi bahwa SDM yang dimiliki perusahaan ini masihlah kurang,
khususnya pada bagian produksi. Seharusnya perusahaan benar – benar menyeleksi
karyawannya agar lebih produktif, untuk itu kami menyarankan memberikan training kepada karyawan – karyawannya. Untuk
itu kami mengusulkan dibentuknya departemen baru yaitu personalia, yang mana
didalamnya terdapat 2 bagian yaitu bagian perekrutan dan dan pelatihan. Dengan
adanya bagian perekrutan, setiap karyawan yang diterima dalam perusahaan
merupakan karyawan yang telah memenuhi standar PT. JCT, serta dengan adanya
bagian pelatihan, karyawan-karyawan dalam perusahaan ini akan mendapatkan
berbagai pelatihan, sehingga semua karyawannya dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu untuk mengecek
kualitas dari produk-produk yang dihasilkan kami menambahkan bagian pengendali
persediaan yang bertugas untuk mengecek apakah komputer telah layak dijual atau
tidak, jika belum layak, akan di kembalikan kebagian teknik untuk segera di
perbaiki. Bagian ini akan mengawasi produk – produk yang akan dijual agar sudah
memenuhi standar yang ada. Selain itu
bagian ini juga bertugas untuk memantau akan kebenaran setiap persediaan yang
masuk dan keluar.
7. Dalam penempatan posisi/jabatan dalam PT. JCT
yang telah ada, kami berpendapat bahwa harus benar-benar ada penyeleksian
pegawai agar perusahaan lebih produktif. Karena dalam PT. JCT, anggota keluarga
dari Rahmat Sarwono yang merupakan pendiri PT.JCT beberapa dari mereka
menempati posisi yang penting dalam perusahaan ini. Penilaian benar -benar
harus obyektif bukan karena ada hubungan darah dengan pemegang saham lantas
dapat menjabat di perusahaan tersebut. Dengan adanya penerimaan pegawai hanya
karena punya hubungan darah tentu sangat merugikan jika orang tersenbut tidak
berkompeten, itu semua juga akan mengakibatkan pengambilan keputusan yang
berkaitan dengan visi dan misi perusahaan akan sangat terganggu, hal itu
tentunya akan menghambat kemajuan perusahaan. Jadi menurut kami alangkah
baiknya jika orang yang berkompeten-lah yang bisa masuk dalam perusahaan
tersebut bukan hanya karena hubungan saudara.
8. Dengan banyaknya permasalahan diatas, kami
juga memberikan usulan perlu adanya auditor internal dalam sistem organisasi
PT. JCT. Auditor internal ini sendiri akan bertugas untuk melakukan evaluasi
semua kinerja perusahaan secara menyeluruh. Evaluasi ini sendiri akan dilakukan
secara rutin, dengan adanya evaluasi dengan rutin, tentu berbagai
permasalahan/kelemahan yang ditemukan dalam PT. JCT akan dievaluasi oleh
auditor internal perusahaan. Setiap evaluasi, semua masalah akan segera
diperbaiki sehingga untuk kedepannya semua permasalahan tersebut tidak terjadi
lagi.
C. Struktur dan Job Descriptions dari Struktur Organisasi yang Diusulkan
Berikut
uraian tugas dari setiap posisi/jabatan dalam struktur organisasi yang diusulkan
1.
Komisaris
Dewan Komisaris berfungsi mengawasi
aktifitas bisnis dan manajemen PT. JCT dalam upaya mencapai tujuan utama
perusahaan.
2.
Direktur
Direktur berfungsi mengarahkan dan
mengendalikan seluruh aktifitas perusahaan agar tujuan perusahaan yang telah
ditentukan dapat tercapai secara optimal, serta mempertanggungjawabkan seluruh
aktifitas tersebut kepada para pemegang saham.
3.
Auditor Internal
Auditor internal berfungsi untuk
mengevaluasi seluruh kegiatan PT JCT. Auditor internal akan mengevaluasi kinerja
bagian manajemen, kinerja SDM dalam perusahaan, kinerja setiap
departemen/bagian, serta mengevaluasi kebenaran atas laporan keuangan dari PT
JCT. Auditor internal ini akan selalu melakukan
pemantauan terhadap setiap aktifitas perusahaan. Auditor internal ini akan
selalu melakukan evaluasi secara rutin, ketika evaluasi setiap kesalahan,
kelemahan maupun kecurangan yang ditemukan oleh auditor internal semuanya akan
dibahas dan diselesaikan. Audtir
internal didalam PT JCT akan memberikan sanksi yang berat apabila ditemukan
pelanggaran-pelanggran yang dilakukan setiap pegawai didalamnya. Dengan adanya
evaluasi secara rutin yang dilakukan oleh Auditor internal, setiap permasalahan
yang ditemukan dapat segera diperbaiki. Sehingga permasalahan-permasalahan yang
sering timbul dalam PT JCT dapat diatasi, dan dikemudian hari tidak terjadi
lagi.
4.
Manajer
Pemasaran
Manajer pemasaran berfungsi mengelola
dan mempertanggungjawabkan seluruh aktivitas PT JCT, seperti display produk, melakukan riset pasar,
promosi produk yang dijual, memperoleh kostumer, proses penjualan serta
pengiriman barang. (Manajer ini dinilai kinerjaya berdasarkan omset penjualan
yang dicapai serta tingkat kepuasan kostumer)
a.
Bagian Penjualan
Bagian
penjualan, bertugas untuk melakukan berbagai aktifitas. Pertama yaitu riset pasar. Beberapa karyawan dalam bagian penjualan
akan selalu melakukan riset pasar. Riset pasar akan selalu dilakukan guna
mengetahui berbagai jenis produk-produk barang yang dibutuhkan oleh pasar saat
ini. Kedua yaitu promosi. Beberapa
karyawan dalam bagian ini bertugas untuk menyiapkan berbagai strategi promosi
yang akan dilakukan. Setelah strategi promosi disusun, karyawan bagian
penjualan akan melakukan berbagai kegiatan promosi sesuai dengan rencana
strategi yang telah ditentukan. Ketiga
yaitu display produk. Karyawan bagian ini juga bertugas melakukan display terhadap produk yang akan
dijual. Dan yang terakhit yaitu kegiatan untuk memperoleh kostumer. Tujuan
utama dari bagian penjualan ini yaitu memperoleh kostumer, dengan berbagai
strategi yang telah direncanakan.
b.
Bagian
Pengiriman
Bagian
pengiriman bertugas untuk melakukan berbagai pengiriman barang yang telah
dipesan oleh kostumer. Karyawan bagian ini bertanggung jawab atas barang yang
akan dikirim ke kostumer.
5.
Manajer Produksi
Manajer produksi bertugas untuk
mengelola dan bertanggung jawab atas semua aktifitas produksi, pengadaan dan penyimpanan dan pengendalian
PT JCT. Kegiatannya meliputi perakitan
komputer, install software, pengujian produk, pengadaan dan stok, dan pengendalian terhadap
persediaan. (manajer produksi dinilai prestasinya
berdasarkan kualitas produk yang dihasilkan dan tingkat serapan biayanya).
a.
Bagian Teknik
Bagian
teknik teknik bertugas untuk melakukan berbagai perakitan komputer sesuai yang
diinginkan oleh kostumer, melakukan pengujian komputer, instalasi software, serta melakukan perawatan setiap komputer yang ada
didalam perusahaan.
b.
Bagian pengadaan
dan stok
Melaksanakan analisis
kebutuhan barang, pembeliannya, dan penyimpanannya.
c.
Bagian
Pengendali Persediaan
Bagian
pengendalian persediaan bertugas untuk melakukan berbagai aktifitas
pengendalian persediaan. Karyawan bagian ini akan selalu melakukan pengawasan
terhadap semua barang-barang yang terdapat dalam dalam bagian stok dan bagian
penyimpanan. Bagian ini akan selalu mengecek setiap catatan setiap barang yang
masuk dan barang yang keluar dalam perusahaan ini, karyawan dalam bagian ini
juga akan selalu memeriksa kebenaran atas semua catatan tersebut, selain itu karyawan
bagian ini juga akan memeriksa keadaan setiap barang yang terdapat dalam bagian
stok dan penyimpanan. Bagian pengendalian akan selalu membuat laporan atas
semua pengawasannya, kemudian semua laporan tersebut akan disetor ke bagian
keuangan dan akuntansi.
6.
Manajer
Administrasi dan Keuangan
Manajer administrasi dan keuangan
bertugas untuk mengelola dan bertanggung jawab atas semua aktfitas administrasi
perkantoran dan keuangan PT JCT. Aktvitasnya meliputi berbagai kegiatan
administrasi perkantoran, manajemen keuangan, akuntansi perusahaan, analisa
kredit, serta penagihan. Manajer administrasi dan keuangan dinilai berdasarkan
ketertiban administrasi perkantoran, kebenaran atas pelaporan keuangan, serta
berhasilnya melakukan setiap tagihan kostumer yang membeli barang secara
kredit).
a.
Bagian
Administrasi dan Umum
Bagian
administrasi dan umum bertugas untuk melakukan semua aktivitas perkantoran,
termasuk didalamnya humas dan hot line
kostumer.
b.
Bagian Keuangan
dan Akuntansi
Bagian
keuangan dan akuntansi bertugas melakukan berbagai analisi kinerja keuangan
perusahaan. Karyawan bagian ini bertugas untuk membuat berbagai anggaran
keuangan perusahaan, pencatatan setiap transaksi perusahaan, melakukan analisa
kebenaran atas setiap transaksi ataupun laporan yang diterima dari setiap
departemen dalam PT JCT, serta membuat laporan keuangan dengan data yang valid.
c.
Bagian Analisis
Kredit
Bagian
analisa kredit bertugas untuk melakukan berbagai analisa mengenai kemampuan
calon pembeli untuk membayar produk yang akan mereka beli secara kredit. Proses
analisanya dimulai dari survey calon pembeli itu sendiri, menganalisa apakah
calon pembeli ini akan mampu melunasi barang yang akan dibelinya atau tidak
sampai dengan diterbitkannya laporan hasil analisis kredit.
d.
Bagian Penagihan
Bagian
Penagihan bertugas untuk melakukan berbagai penagihan terhadap kostumer yang
belum membayar tagihan atas barang yang telah mereka beli pada PT JCT. Karyawan
bagian ini akan menerima daftar kostumer yang membeli barang secara kredit.
Pada daftar tersebut akan terdapat tanggal batas tempo untuk pembayaran barang
yang telah dibeli. Sehingga ketika ada kostumer yang belum membayar dan telah
melebihi batas tempo, maka karyawan bagian ini akan melakukan penagihan
terhadap kostumer tersebut.
e.
Kasir
Kasir
bertugas untuk melaksanakan fungsi kas keluar dan kas masuk. Ketika kasir ingin
melakukan pengeluran, setiap pengeluran dana tersebut harus telah mendapatkan
persetujuan oleh manajer administrasi dan keuangan. Sehingga pihak kasir tidak
bisa dengan asal untuk mengeluarkan kas tanpa ada persetujuan dari manajer
dengan berbagai pertimbangan.
7.
Manajer
Personalia
Manajer personalian bertugas untuk
mengelola dan bertanggung jawab atas semua aktifitas personalia PT JCT, antara
lain perekrutan karyawan perusahaan serta pelatihannya. (Manajer ini dinilai
berdasarkan kualitas karyawan yang telah dipilih).
a.
Bagian
Perekrutan
Bagian
perekrutan bertugas untuk melakukan perekrutan atas pegawai baru PT JCT. Bagian
ini akan menetapkan berbagai standar yang ditentukan untuk menjadi pegawai PT
JCT. Aktifitasnya seperti menetapkan standar setiap pegawai baru PT JCT,
melakukan promosi untuk penerimaan kerja, menyiapkan segala hal yang dibutuhkan
untuk setiap perekrutan pegawai baru, seperti tes dan interview. Serta
menentukan setiap pegawai baru PT JCT, dengan persetujuan semua pihak.
b.
Bagian Pelatihan
Bagian
pelatihan bertugas untuk melakukan pelatihan bagi setiap pegawai PT JCT,
terutama pada pegawai baru. Bagian ini akan menyiapkan segala sesuatu yang
dibutuhkan untuk melakukan pelatihan tersebut. Pelatihan ini ditujukan, agar
setiap pegawai yang bekerja dalam PT JCT menghasilkan kinerja yang diharapkan
oleh perusahaan.
D. Persyaratan Untuk Setiap Posisi dalam PT JCT
o Pria/Wanita,
usia 20-35 tahun
o Pendidikan
terakhir min. SMU / sederajat.
o Berpenampilan
menarik.
o Memiliki
jiwa seorang marketing
o Mampu
berkomunikasi dengan baik
o Sehat,
smart, mudah bersosialisasi, mandiri, cepat belajar, pantang menyerah
2.
Persyaratan
karyawan bagian Pengiriman
o Pria,
usia 20-38 tahun
o Pendidikan
terakhir min. SMU / sederajat.
o Jujur
dan disiplin
o Mau
kerja keras dan kerja dalam team.
o Teliti
dan bertanggung jawab
3.
Persyaratan
karyawan bagian Teknik
o Pria,
usia 20-33 tahun
o Pendidikan
minimal SMK/sederajat,
lebih diutamakan D3/S1 dari jurusan Teknik Elektro/Teknik Informatika
berpengalaman
o Jujur,
disiplin, menyukai tantangan, dan mau belajar
o Stabil
secara emosi dan mau bekerja keras
o Bisa
bekerja sama dalam team
o Pengalaman
bekerja minimal 1 tahun
4.
Persyaratan karyawan
bagian Administrasi dan Umum
o Pria/Wanita, D3 pengalaman atau S1 IPK diatas 3,0
o Usia 25-35 tahun
o Jujur,
teliti, disiplin
o Menguasai
komputer
o Mempunyai
kemampuan memimpin team
o Memiliki
kemampuan komunikasi dengan baik.
o Pengalaman
minimal 1 tahun
5.
Persyaratan
karyawan bagian Keuangan dan Akuntansi
o Pria/Wanita,
fresh graduate maupun experienced usia maks. 37 tahun
o Pendidikan
S1 dalam bidang terkait
o IPK
minimal 3,00
o Memahami
proses dan prosedur akuntansi
o Menguasai
Laporan Keuangan dan Manage Cashflow &
Tax
o Mampu
mengoperasikan program Office dengan
baik (Excel, Word, Power Point) dan internet
o Tegas,
Disiplin, Mempunyai jiwa kepemimpinan
o Smart worker, Team
worker, Hard Worker
o Memiliki
kemampuan komunikasi yang baik
o Jujur
dan dapat dipercaya
6.
Persyaratan karyawan
bagian Analisis Kredit
o Pria/Wanita,
usia maks 28 tahun
o
Sarjana Strata 1, IPK
min 3.00 (skala 4.00) untuk Strata 1
o
Komunikasi
sistematis dan daya analisa tinggi
o
Motivasi
tinggi
o Mampu
bekerja dalam team
o Mampu
bekerja keras dan tidak mengeluh
o Disiplin,
jujur, dan bertanggung jawab
7.
Persyaratan
karyawan bagian Penagihan
o Pria,
usia 18-40 tahun
o Jujur
dan teliti
o Bersedia
memberikan Jaminan Karyawan
o Berpenampilan
rapi
o Mampu
bernegosiasi dan pressing konsumen yang kredit macet
o Menguasai
computer
o Memiliki
pengalaman di bagian penagihan minimal 1 tahun
8.
Persyaratan
karyawan bagian Kasir
o Pria
/ Wanita, usia maks. 25 tahun
o Pendidikan
minimal SMA/sederajat
o Memiliki
pengalaman kerja di bidang Administrasi
o Berpenampilan
menarik, memiliki kemampuan komunikasi, Jujur dan Teliti.
o Mampu
mengoperasikan Microsoft Office
o Mampu
berkerja dalam team
9.
Persyaratan
karyawan bagian pengadaan dan stok
o Pria,
Usia 18-30 Tahun.
o Memiliki
fisik yang sehat
o Bersedia
kerja lembur
o Mampu
mengatur keluar masuk stok barang gudang
o Fresh Graduate
atau berpengalaman 1 tahun
o Jujur
dan disiplin
o Mampu
bekerja dengan baik dalam team maupun individual
10.
Persyaratan
karyawan bagian Pengendalian Persediaan
o Pria,
usia maks 33 tahun
o Pendidikan min D3/S1
o Disiplin,
teliti, dan bertanggung jawab
o Mampu
berkerja dengan baik dalam team
o Memiliki
fisik yang kuat
o Mau
bekerja keras
11.
Persyaratan
karyawan bagian Perekrutan
o Pria/Wanita,
usia 24-35 tahun
o Pendidikan
D3/S1
o Obyektif
dan berwawasan jangka panjang
o Diplomatis
dan mampu bekerja dalam team
o Disiplin
dan bertanggung jawab
12.
Persyaratan
karyawan bagian Pelatihan
o Pria/Wanita,
usia maks 35 tahun
o Lulusan
D3/S1 dari jurusan Teknik Elektro/Teknik Informatika
o Mampu
presentasi dan berkomunikasi dengan baik
o Memiliki
karakter disiplin, rajin, jujur dan bertanggungjawab
o Siap
bekerja cerdas dan keras
o Memiliki
jiwa leadership
o Memiliki
pengalaman bekerja di bidang yang sama min 2 tahun
Selamat tahun baru untuk semua, Pada Jessicabrownfinancefirm, kami memberikan pinjaman dengan keringanan tahun baru untuk mereka yang mencari bantuan keuangan. proses pinjaman dapat dilakukan dari kenyamanan rumah Anda asalkan Anda tulus dan ingin pinjaman.
BalasHapusApakah Anda membutuhkan pinjaman nyata ?, Lupakan penipuan masih banyak perusahaan keuangan asli. Apakah Anda pernah ditolak oleh lembaga keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, khawatir tidak lagi karena @ JESSICABROWNFINANCEFIRM kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman dan berpengalaman yang memberikan pinjaman bebas kerumitan untuk individu dan badan hukum yang tulus dan serius, baik itu perusahaan, perusahaan dan kepada publik, pada tingkat bunga yang sangat rendah kurang dari 2%. Kami memiliki akses ke kolam uang tunai untuk diberikan kepada Kecil dan perusahaan skala menengah dan orang-orang yang memiliki rencana untuk memulai bisnis, tidak peduli seberapa kecil. Yakinlah kesejahteraan dan kenyamanan adalah semua kita di sini untuk memastikan. Dapatkan berhubungan dengan unit pelayanan pelanggan kami @ Jessicabrownfinancefirm@gmail.com untuk respon cepat dan cepat.
KITA PERLU BERIKUT DARI ANDA,
1. Nama
2. negara
3. Alamat
4. Jenis kelamin
5. Kerja
6. Posisi di tempat kerja
7. Pendapatan Bulanan
8. Jumlah yang dibutuhkan
9. Durasi Pinjaman
10. Agama
11. Apakah Anda menerapkan sebelum dan ditolak? Jika ya
12. Negara alasan ..........................................
.................................................. ....... ...
.................................................. ....... ...
.................................................. ..........
.................................................. ...... ...
Biarkan kami membantu Anda
Jessicabrownfinancefirm - Copyright © 2017. Seluruh hak cipta.
KABAR BAIK
BalasHapusPertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, semuanya dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara pada saya ranjang berpikir mungkin tindakan berikutnya saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata jadi saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com Whatsapp + 19145295708tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00,00 dan sisanya untuk Kemuliaan Allah saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa sehingga orang-orang terkasih jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin mengembangkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menelepon atau WhatsApp saya di +6282385590743 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan facebook di Hadi emi dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata
kesaksian nyata dan kabar baik !!!
BalasHapusNama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan
Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar
Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda
untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com