Oleh: Yovi Citra Nengsih
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
KFC
Indonesia didirikan pada bulan oktober 1979 dijalan Melawai Jakarta serta
pemegang hak waralaba tunggal KFC yaitu PT. Fastfood Indonesia Tbk. KFC
merupakan singakatan dari Kentucky Fried Chicken kemudian kolenel Harland
Sanders mengganti nama menjadi Kentucky Fresh Chicken walaupun di benak
masyarakat tetap KFC karena untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap
KFC. KFC selalu berkembang dengan ayam gorengnya yang disajikan dengan bucket.
KFC dari tahun ke tahun selalu memberikan produknya yang kreatif sehingga
konsumen semakin banyak dan memberikan produk-produk yang sangat di minati oleh
masyarakat. Sehingga KFC indonesia hampir semua masyarakat pernah mampir di
gerai ayam goreng, dan bahkan mungkin sudah hafal dengan bau dan rasanya bagi
masyarakat yang gemar makan ayam goreng KFC dan hobi menyantap sajian tersebut
(www.kfcindonesia.com, 2017)
Oleh
karena itu, ayam goreng produk KFC mempunyai sejarah sehingga menjadi salah
satu resep kesukaan masyarakat. KFC merupakan salah satu perusahaan penguasa
pangsa pasar dengan menguasai 40% dalam kategori junk food restoran.
Kesuksesan perusahaan KFC dalam mengasai pangsa pasar tidak lepas dari
leadership yang bagus dalam memimpin perusahaan sehingga bisa mencapai goal
perusahaan tersebut. kepemimpinan adalah seni mengkoordinasi dan memotivasi
individu-individu serta kelompok untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dan
pemimpin harus terus bekerja, berusaha, tidak mudah putus asa, tetap semangat,
dan tidak pernah mengeluh. Hal ini sesuai dengan visi misi perusahaan.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah
sebagai berikut:
1.
Apa yang
dimaksud dengan leadership?
2.
Bagaimana
sejarah perusahaan KFC?
3.
Bagaiamana visi
dan misi perusahaan KFC?
4.
Bagaimana
aspek-aspek kepemimpinan perusahaan KFC?
C.
Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan paper ini sebagai
berikut:
1.
Untuk
menjelaskan tentang leadership.
2.
Untuk
menjelaskan tentang sejarah perusahaan KFC
3.
Untuk
menjelaskan visi dan misi perusahaan KFC.
4.
Untuk
menjelaskan aspek-aspek kepemimpinan perusahaan KFC.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A.
Leadership
Menurut
Benis kepemimpinan adalah “... the process by wich an agent induces a
subordinate to behave in a desired manner”. Jadi kepemimpinan yaitu suatu
proses dimana seorang agen menyebabkan bawaan bertingkah laku menurut satu cara
yang berlaku. Sedangkan menurut Odway Tead kepemimpinan merupakan kegiatan
mempengaruhi orang lain agar mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang
diinginkan.
When we talk about
leadership skills, what exactly do we mean? Leadership skills are the tools,
behaviors, and capabilities that a person needs in order to be successful at
motivating and directing others. Yet true leadership skills involve something
more; the ability to help people grow in their own abilities. It can be said
that the most successful leaders are those that drive others to achieve their
own success (MTD Training dan
Ventus Publishing ApS, 2010). Ketika kita berbicara tentang
keterampilan kepemimpinan, apa sebenarnya yang kita maksud? Kepemimpinan adalah
alat, perilaku, dan kemampuan yang membutuhkan seseorang untuk menjadi sukses
dalam memotivasi dan mengarahkan orang lain. Belum benar keterampilan
kepemimpinan melibatkan sesuatu yang lebih; kemampuan untuk membantu
orang-orang yang tumbuh dalam kemampuan mereka sendiri. Hal ini dapat
mengatakan bahwa para pemimpin yang paling sukses adalah mereka yang mendorong
orang lain untuk mencapai kesuksesan mereka sendiri.
Leadership is the art coordinating and motivating individuals and
groups to achieve desired ends
(Jonh, 1965 dalam Khaeruddin, 2010). Jadi kepemimpinan adalah seni
mengkoordinasi dan memotivasi individu-individu serta kelompok untuk mencapai
tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, pemimpin yang baik adala yang bisa
memberikan arahan dan motivasi kepada karyawan agar termotivasi untuk mau
bekerja dengan keras sehingga bisa mencapai tujuan perusahaan. Pemimpin adalah
sebagai patokan karyawan, jika pemimpin harus mempunyai kepercayaan diri dalam
memimpin perusahaan dan pemimpin harus bekerja keras, berusaha, tidak mudah
putus asa, tetap semangat, dan tidak pernah mengeluh serta bekerja sama dengan
karyawan sehingga akan mudah dalam mencapai tujuan perusahaan.
Hal ini sesuai dengan visi dan misi perusahaan KFC dimana visi
perusahaan yaitu Selalu
menjadi merek restoran cepat saji Nomor 1 di Indonesia dan mempertahankan
kepemimplnan pasar dengan menjadi restoran yang termodern dan terfavorit dalam
segi produk, harga, pelayanan, dan fasilitas dan misi untuk mencapai visi
tersebut adalah Semakin memperkuat citra merek KFC dengan strategi-strategi dan
ide-ide yang inovatif, terus meningkatkan suasana bersantap yang tiada
bandingannya dan konsisten memberikan produk, layanan, serta fasilitas restoran
yang selalu berkualitas mengikuti kebutuhan dan selera konsumen yang terus
berubah.
B. Perilaku Spesifik Pemimpin Dalam Mengolah Organisasi
Menurut Setiawan
dan Abd (2013) ada beberapa perilaku pemimpin antara lain:
1. Membuat perencanaan
Perencanaan merupakan rancangan awal setiap program
pelaksanaan untuk dilaksanakan pada suatu waktu tertentu.
2. Memberi informasi
Informasi dari pemimpin merupakan suatuhal yang urgen
yang disisi ada sesuatu yang mempengaruhi seluruh komponen yang adadalam
organisasi yaitu aturan dan kebijakan yang mengatur seluruh komponen
organisasi.
3. Pengawasan (Controlling)
Controlling merupakan bentuk dari perilaku peimimpin
yang berupa suatu kegiatan yang mengadakan penilaian sekaligus mengadakan
proses koreksi terhadap kinerja karyawannya.
4. Problem solver
Memimpin harus mempunyai kemampuan dalam menemukan dan
menjalan kebijakan sebagai solusi, pada aspek tersebut pemimpin dianggap
sebagai problem solver dalam organisasi.
5. Memberi dukungan (supporting)
Perilaku pemimpin yang sangat diharapkan para bwaan
dan dapat mewujudkan dalam bentuk memberi pertimbangan, perhatian dan keinginan
para bawaan.
6. Mengembangkan (devoloping)
Salah satu perilaku sebagai proses pengambangan
keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan individu sehingga dapat meningkatkan
kinerja karyawannya.
7. Memberi pengakuan
Perilaku memberi pujian dan memperhatikan apresiasi
kepada komponen organisasi yang telah dicapai.
8. Memberi imbalan
Perilaku kepemimpinan memnyangkut peberian manfaat
yang berwujud kepada pegawai.
C.
Gambaran Umum
KFC
KFC
Indonesia didirikan pada bulan oktober 1979 dijalan Melawai Jakarta serta
pemegang hak waralaba tunggal KFC yaitu PT. Fastfood Indonesia Tbk, sejak
pertama operasinya perusahaan meraih sukses. Dengan kesuksesn tersebut
perusaaan KFC membuka cabang di Jakarta dan memperluas area-area hingga ke
kota-kota besar lain di Indonesia. Perusahaan melebarkan sayapnya ke berbagai
kota seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado sehingga
perusahaan maraih kesuksesan dan menjadikan sebagai waralaba cepat saji yang
dikenal oleh semua masyarakat di Indonesia. Pada tahun 1990 perusahaan
bergabung dengan salim group sebagai pemegang saham utama. Dan pada tahun 1993
perusahaan terdaftar sebagai emiten di bursa efek jakarta sebagai langkah awal
untuk mendorong pertumbuhan perusaaan KFC.
Sehingga
kepemilikan saham mayoritas sebesar 79,6% dengan pendistribusian 43,8% kepada
PT Gelael Pratama, dan 35,8% kepada PT Megah Eraraharja dari salim group, serta
saham minoritas 20,4% didistribusikan kepada Publik dan Koperasi. Sehingga
perusahaan memperoleh hak waralaba KFC dari Yum Restaurant International (YRI)
sebuah badan usaha milik Yum Brand Inc; yaitu sebuah perusahaan publik di
Amerika Serikat yang juga pemilik waralaba dari merek ternama lainnya yaitu
Pizza Hut, Taco, Bell, A dan W dan Long Silver. Dengan kategori produk daging
ayam cepat saji KFC tidak terkalakan. Hal ini kita bisa lihat slogan it is
finger-lickin good. Dengan demikian, Kesuksesan perusahaan tersebut tidak
terlepas dari kerja keras, berusaha, tidak mudah putus asa, tetap semangat,
percaya diri, dan tidak pernah mengeluh walaupun dalam keadaan apapun sehingga
perusahaan tersebut bisa mencapai goal.
D.
Visi dan Misi
Visi
Selalu menjadi merek restoran cepat saji Nomor 1 dl
Indonesia dan mempertahankan kepemimplnan pasar dengan menjadi restoran yang
termodern dan terfavorit dalam segi produk, harga, pelayanan, dan fasilitas.
Misi
Semakin memperkuat citra merek KFC dengan
strategi-strategi dan ide-ide yang inovatif, terus meningkatkan suasana
bersantap yang tiada bandingannya dan konsisten memberikan produk, layanan,
serta fasilitas restoran yang selalu berkualitas mengikuti kebutuhan dan selera
konsumen yang terus berubah.
Obyektif
Mempersembahkan restoran dengan tampilan dan desain
termodern dan sesuai dengan tren masa kini, dan memberikan suasana menyenangkan
dengan tempat duduk yang nyaman dengan terus melakukan peremajaan restoran, dan
menyajikan produk berkualitas tinggi yang paling digemari oleh pelanggan dengan
kecepatan dan keramahan yang tak tertandingi.
E.
Produk-Produk
Perusahaan KFC
Perusahaan
KFC menjual berbagai macam produk seperti kembo super star, capucino brulee,
twisky, burge deluxe, franch fries large, fres brewed coffe, dan pancake combo
dan lain-lain. Dari produk tersebut banyak disukai oleh masyarakat karena
harganya bervariasi mulai dari kelas atas sampai kelas menengah bawa sehingga
masyarakat bisa mengkonsumsi atau membeli KFC tersebut. Rasanya sangat enak dan
tidak dapat tertandingi oleh produk-produk lain. Walaupun banyak orang membuat
produk seperti KFC tapi rasanya tidak senak dengan rasa produk KFC.
Strategi
pemasaran perusaaan KFC sangat unik, sehingga perusahaan bisa mencapai goal:
a.
Kesempurnaan
resep masakan
KFC selalu menyempurnakan cita rasanya setiap saat untuk memberikan
kepuasan kepada pelanggan atau konsumennya. Cita rasa yang selalu disempurnakan
tersebut merupakan inovasi untuk tetap menjadi yang terdepan dari jajaran
makanan cepat saji.
Inovasi yang disempurnakan ini mampu menciptakan kreasi menu baru
yang beragam dengan tidak melupakan cirri khas dari KFC.
b.
Fasilitas yang
lengkap
KTC dalam setiap outletnya selalu memberikan berbagai fasilitas
yang lengkap kepada konsumen yang datang. Strategi pemasaran KFC ini merupakan
pendukung untuk memberikan kepuasan pada pelanggan yang lengkap,diantaranya
tersedianya layanan internet gratis. Dengan pemberian fasilitas yang lengkap
pada setiap outlet counternya makakonsumen akan semakin tertarik.
c.
Pemilihan
Lokasi
KFC di bangun dengan penempatan lokasi yang strategis sesuai dengan
mobilitas masyarakat. Sebagian besar KFC didirikan pada daerah yang memiliki
mobilitas masyarakat yang tinggi. Dengan pemilihan lokasi yang tepat itu
diharapkan konsumen bisa menjangkau counter KFC dengan mudah.
d.
Strategi harga
KFC menerapkan strategi harga dengan memberikan berbagai penawaran
harga yang menarik kepada konsumennya. Di antara strategi ini adalah dengan
memberikan paket harga yang sangat menarik dan menguntungkan bagi konsumennya.
e.
Partnership
dengan perusahaan lainnya
Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan KFC adalah dengan
merangkul beberapa industri music untuk bekerjasama sehingga melalui music KFC
bisa berpromosi baik untuk kalangan remaja maupun dewasa.
BAB
III
METODA
PENELITIAN
A.
Teknik
Pengumpulan Data
Tekik
pengumpulan data teoritis dalam paper ini ini adalah dengan melakukan studi
pustaka, yaitu melalui kegiatan membaca berbagai literatur seperti buku, jurnal
kemudian mengkaji data tersebut.
B.
Teknik Analisis
Teknik
analisis data dalam paper ini yaitu dengan teknik analisis deskriptif
kualitatif, yaitu untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, fenomena menganai
pemimpin yang efektif dalam mencapai goal. Ole karena itu, dengan
menggunakan teknik analisis ini penulis akan menguraikan permasalahan yang
dibahas secara jelas dan kompreensif dalam paper ini.
BAB IV
PEMBAHASAN
BAB V
PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
Khareuddin, M. Ikhwan Maulana, 2010.
Kepemimpinan Situsional dalam meningkatkan Kinerja Karyawan dan Menciptakan
Hubungan antara Pemimpin dan Bawahan yang Berkualitas. Makassar: Universitas
Negeri Makassar.
MTD Training
& Ventus Publishing ApS. 2010. Leadership Skill.
Setiawan, Bahar Agus., dan Abd.
Mutith. 2013. Tranformastional Leadership. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
www.kfc.com (diakses tanggal 19 Februari 2017).
www.kfcindonesia.com (diakses tanggal 19 Februari 2017).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar