Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Sabtu, 29 April 2017

Analisis Leadership, Tokopedia.com, Perilaku Spesifik Pemimpin Dalam Organisasi, Gambaran Umum Tokopedia, Produk Tokopedia, Profil Tokopedia, Leadership Tokopedia

Oleh : Yovi Citra Nengsih
BAB 1
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Perusahaan
Tokopedia.com merupakan salah satu mall online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis. Dengan visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. Tokopedia.com adalah salah satu jaringan toko online terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. PT. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009,Tokopedia.com pertama kali dapat diakses oleh publik dalam versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009. Pada awal masa berdirinya, selama periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010 Tokopedia membukukan total transaksi sebesar hampir Rp 6 miliar.
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), and SoftBank Ventures Korea (2013). Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014.
William Tanuwijaya, sebelum mendirikan Tokopedia ternyata juga seseorang yang bekerja untuk sebuah perusahaan e-commerce dan menjabat sebagai Super Moderator. Hampir setiap hari, dirinya tentu bersinggungan dengan transaksi jual-beli secara online yang dilakukan oleh pengguna dari segala penjuru Indonesia. Hanya saja, pada saat itu ternyata dirinya mendapat keluhan dari pengguna karena telah tertipu oleh transaksi jual-beli yang dilakukan sejumlah pengguna lainnya. Namun, Willliam yang saat itu menjabat sebagai seorang moderator tentu tidak bisa berbuat banyak. Dirinya pada saat itu hanya bisa memberikan nasihat kepada pengguna yang mengeluh kepadanya agar lain kali lebih berhati-hati saat bertransaksi jual-beli. Pasalnya, pada saat itu tidak terdapat aturan yang mengikat agar seseorang dapat melakukan transaksi jual-beli secara online. Melihat kenyataan seperti itu, tentu melecut semangat seorang William untuk membuat sebuah website yang dapat digunakan untuk bertransaksi jual-beli secara aman sehingga tidak membuat rugi banyak pihak.
William pada saat itu benar-benar serius ingin mendirikan sebuah perusahaan internet yang dapat menaungi para penjual dan pembeli agar dapat bertransaksi online secara aman. Oleh karena itu, dirinya pun mulai terpikirkan untuk membuat sebuah website e-commerce dengan nama belanjaaman.com yang diasumsikan sebagai sebuah wadah untuk dapat bertransaksi secara online. Nantinya, para penjual yang ingin menjajakan barang dagangannya akan mendapat sebuah akun yang namanya akan terikat dengan domain belanjaaman.com sebagai justifikasi bahwa penjualnya memang seorang yang terpercaya. Entah apa yang ada dibenak seorang William, dirinya sangat ingin sekali segera memiliki perusahaan website yang namanya cukup mudah diingat. Dan dirinya tetap tidak berhenti dengan usahanya untuk mencari nama perusahaan website yang akan dikelolanya tersebut. Akhirnya, William mencoba untuk menggabungkan kata toko dan ensiklopedia menjadi sebuah nama Tokopedia sebagai pilihannya. Setelah dilakukan verifikasi, ternyata masih belum ada yang menggunakan nama Tokopedia baik untuk .com, .org, .net maupun .info sebagai alamat website.
Walaupun belum sepenuhnya diterima oleh Leon karena namanya mirip dengan Wikipedia yang sudah sangat dikenal banyak orang tapi William mencoba untuk menyelamatkan nama tokopedia.com agar tidak digunakan oleh orang lain sembari mencoba mencari nama yang lainnya. Seiring berjalannya waktu, Tokopedia pun berhasil merangkak naik menjadi sebuah perusahan yang memiliki reputasi sangat baik dimata para investornya. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya investor yang menjalin kerja sama dengan Tokopedia sejak tahun 2009-2013. Pasalnya, Tokopedia.com merupakan mall online atau online marketpalce yang menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli. Sehingga setiap dari mereka yang mengunjungi tokopedia dapat melakukan transaksi online yang aman dan nyaman secara mudah dan juga bebas biaya. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya (CEO Tokopedia) dan Leontinus Alpha Edison (COO Tokopedia), Tokopedia langsung mendapat investasi oleh Indonusa Dwitama. Kemudian, berturut-turut pada tahun 2010 mendapat investasi dari East Ventures, tahun 2011 oleh CyberAgent Ventures, lalu oleh BEENOS pada tahun 2012 dan pada tahun 2013 Tokopedia menerima investasi dari SB Pan Asia Fund. Dan pada tahun 2014 yang lalu, Tokopedia mendapat suntikan dana yang sangat besar dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital sebesar 100 juta USD atau setara dengan 1,2 triliun rupiah. Hal itu yang menyebabkan banyak media lokal maupun nasional yang memberitakan keberhasilan Tokopedia tersebut.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang perusahaan diatas, maka dapat dirumuskan maslah sebagai berikut:
1.        Apa yang dimaksud dengan leadership?
2.        Bagaimana Sejarah atau profl Tokopedia.com
3.        Bagaimana visi dan misi perusahaan Tokopedia.com
4.        Bagaimana aspek-aspek kepemimpinan perusahaan Tokopedia.com

C.  Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan pembuatan paper ini sebagai berikut:
1.        Menjelaskan tentang leadership
2.        Menjelaskan tentang sejarah  atau profil perusahaa Tokopedia.com
3.        Menjelaskan visi dan misi perusahaan Tokopedia.com
4.        Menjelaskan aspek-aspek kepemimpinan perusahaan Tokopedia.com









BAB 2
KAJIAN PUSTAKA
A.  Leadership
 Kepemimpinan merupakan komponen fundamental di dalam menganalisis proses dan dinamika di dalam organisasi. Untuk itu banyak kajian dan diskusi yang membahas definisi kepemimpinan yang justru membingungkan. Menurut Katz dan Kahn (dalam Watkin, 1992) berbagai definisi kepemimpinan pada dasarnya dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok besar yakni “sebagai atribut atau kelengkapan dari suatu kedudukan, sebagai karakteristik seseorang, dan sebagai kategori perilaku”. Pengertian kepemimpinan sebagai atribut atau kelengkapan suatu kedudukan, diantaranya dikemukakan oleh Janda (dalam Yukl, 1989) sebagai berikut. “Leadership is a particular type of power relationship characterized by a group member’s perception that another group member has the right to prescribe behavior patterns for the former regarding his activity as a group member”.
Kepemimpinan adalah jenis khusus hubungan kekuasaan yang ditentukan oleh anggapan para anggota kelompok bahwa seorang dari anggota kelompok itu memiliki kekuasaan untuk menentukan pola perilaku terkait dengan aktivitasnya sebagai anggota kelompok, pen. Selanjutnya contoh pengertian kepemimpinan sebagai karakteristik seseorang, terutama dikaitkan dengan sebutan pemimpin, seperti dikemukakan oleh Gibson, Ivancevich, dan Donnelly (2000) bahwa “Leaders are agents of change, persons whose act affect other people more than other people’s acts affect them”, atau pemimpin merupakan agen perubahan, orang yang bertindak mempengaruhi orang lain lebih dari orang lain mempengaruhi dirinya. Adapun contoh pengertian kepemimpinan sebagai perilaku dikemukakan oleh Sweeney dan McFarlin (2002) yakni: “Leadership involves a set of interpersonal influence processes. The processes are aimed at motivating sub-ordinates, creating a vision for the future, and developing strategies for achieving goals”, yang dapat diartikan bahwa kepemimpinan melibatkan. Menurut Benis kepemimpinan adalah “... the process by wich an agent induces a subordinate to behave in a desired manner”. Jadi kepemimpinan yaitu suatu proses dimana seorang agen menyebabkan bawaan bertingkah laku menurut satu cara yang berlaku. Sedangkan menurut Odway Tead kepemimpinan merupakan kegiatan mempengaruhi orang lain agar mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
When we talk about leadership skills, what exactly do we mean? Leadership skills are the tools, behaviors, and capabilities that a person needs in order to be successful at motivating and directing others. Yet true leadership skills involve something more; the ability to help people grow in their own abilities. It can be said that the most successful leaders are those that drive others to achieve their own success (MTD Training dan Ventus Publishing ApS, 2010). Ketika kita berbicara tentang keterampilan kepemimpinan, apa sebenarnya yang kita maksud? Kepemimpinan adalah alat, perilaku, dan kemampuan yang membutuhkan seseorang untuk menjadi sukses dalam memotivasi dan mengarahkan orang lain. Belum benar keterampilan kepemimpinan melibatkan sesuatu yang lebih; kemampuan untuk membantu orang-orang yang tumbuh dalam kemampuan mereka sendiri. Hal ini dapat mengatakan bahwa para pemimpin yang paling sukses adalah mereka yang mendorong orang lain untuk mencapai kesuksesan mereka sendiri.
Leadership is the art coordinating and motivating individuals and groups to achieve desired ends (Jonh, 1965 dalam Khaeruddin, 2010). Jadi kepemimpinan adalah seni mengkoordinasi dan memotivasi individu-individu serta kelompok untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, pemimpin yang baik adala yang bisa memberikan arahan dan motivasi kepada karyawan agar termotivasi untuk mau bekerja dengan keras sehingga bisa mencapai tujuan perusahaan. Pemimpin adalah sebagai patokan karyawan, jika pemimpin harus mempunyai kepercayaan diri dalam memimpin perusahaan dan pemimpin harus bekerja keras, berusaha, tidak mudah putus asa, tetap semangat, dan tidak pernah mengeluh serta bekerja sama dengan karyawan sehingga akan mudah dalam mencapai tujuan perusahaan.
B.  Perilaku Spesifik Pemimpin Dalam Mengolah Organisasi
Menurut Setiawan dan Abd (2013) ada beberapa perilaku pemimpin antara lain:
1)   Membuat perencanaan
Perencanaan merupakan rancangan awal setiap program pelaksanaan untuk dilaksanakan pada suatu waktu tertentu.
2)   Memberi informasi
Informasi dari pemimpin merupakan suatuhal yang urgen yang disisi ada sesuatu yang mempengaruhi seluruh komponen yang adadalam organisasi yaitu aturan dan kebijakan yang mengatur seluruh komponen organisasi.
3)   Pengawasan (Controlling)
Controlling merupakan bentuk dari perilaku peimimpin yang berupa suatu kegiatan yang mengadakan penilaian sekaligus mengadakan proses koreksi terhadap kinerja karyawannya.
4)   Problem solver
Memimpin harus mempunyai kemampuan dalam menemukan dan menjalan kebijakan sebagai solusi, pada aspek tersebut pemimpin dianggap sebagai problem solver dalam organisasi.
5)   Memberi dukungan (supporting)
Perilaku pemimpin yang sangat diharapkan para bwaan dan dapat mewujudkan dalam bentuk memberi pertimbangan, perhatian dan keinginan para bawaan.
6)   Mengembangkan (devoloping)
Salah satu perilaku sebagai proses pengambangan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan individu sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawannya.
7)   Memberi pengakuan
Perilaku memberi pujian dan memperhatikan apresiasi kepada komponen organisasi yang telah dicapai.
8)   Memberi imbalan
Perilaku kepemimpinan memnyangkut peberian manfaat yang berwujud kepada pegawai.

C.  Gambaran Umum Tokopedia.com
 Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis. Dengan visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. Tokopedia.com adalah salah satu jaringan toko online terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. PT. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009,Tokopedia.com pertama kali dapat diakses oleh publik dalam versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009. Pada awal masa berdirinya, selama periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010 Tokopedia membukukan total transaksi sebesar hampir Rp 6 miliar.
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), and SoftBank Ventures Korea (2013). Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014. (Tokopedia.com)

D.  Visi dan Misi
a.       Visi
Menjadi penyedia sarana transaksi online yang terbesar dan terpercaya bagi pelaku bisnis di idonesia
b.      Misi
           1)      Menggunakan teknologi dari web dan internet secara tepat
         2)      Memperkuat produk dan layanan dari tokopedia baik yang dilakukan secara online maupun offline.

E.  Produk Tokopedia
Tokopedia adalah ensiklopedia toko-toko online indonesia dengan wujud sebuah mall online yang mempertemukan para penjual dengan pembeli dan memungkinkan terjadinya transaksi jual beli online dengan lebih aman dan nyaman. Beberapa produk yang di sediakan.
1.             Pakaian
2.             Fashion & Aksesoris
3.             Kecantikan
4.             Kesehatan
5.             Rumah Tangga
6.             Dapur
7.             Perawatan Bayi
8.             Handphone & Tablet
9.             Laptop & Aksesoris
10.         Komputer & Aksesoris
11.         Elektronik
12.         Kamera, Foto & Video
13.         Otomotif
14.         Olahraga
15.         Office & Stationery
16.         Souvenir, Kado & Hadiah
17.         Mainan & Hobi
18.         Makanan & Minuman
19.         Buku
20.         Software
21.         Film, Musik & Game
22.         Hingga Januari 2015, terhitung lebih dari 1.200 kategori produk tersedia diTokopedia.com


BAB 3
PEMBAHASAN
A.  Profil Tokopedia
PT. Tokopedia (Tokopedia.com) merupakan salah satu mall online di indonesia yang mengusung  model bisnis marketplace. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedai bisa digunakan oleh semua orang secara gratis. Tokopedia resmi diluncurkan kepublik pada 17 agustus 2009 dibawa naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison menjadi salah satu perusahaan internet indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonesia Dwitama pada tahun 2009. Kemudian ditahun-tahun berikutnya, Tokopedia  kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), and SoftBank Korea (2013). Hingga pada oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahan teknologi pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar rp 1,2 Triliun dari Squoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).
Berkat peranan nya dalam mengembangkan bisnis online di indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketers of the Year 2014 untuk sektor E-Comerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014. Pada tanggal 12 november. Saatnya tingkatkan kecerdasan bisnis dengan perangkat lunak (software) yang sudah terjamin. Usaha kecil dan menengah rupanya juga membutuhkan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). SAP Business One menawarkan cara yang terjangkau bagi usaha kecil dan yang sedang berkembang untuk mengelola setiap aspek operasi mereka. SAP Indonesia merupakan perusahaan software bisnis yang sudah memiliki banyak mitra. Saat ini, SAP sudah dipercaya oleh lebih dari 50.000 perusahaan di 150 negara. Hal ini dikarenakan, SAP menawarkan software yang bermanfaat untuk memberikan solusi yang dibutuhkan bisnis Anda untuk bersaing dengan lebih efektif, bahkan dengan perusahaan besar. Menariknya, Tokopedia sebagai salah satu online marketplace terbesar di Indonesia juga menggunakan SAP Business One untuk menghasilkan laporan mengenai transaksi online mereka. Kini, SAP Business One turut membantu Tokopedia untuk menghasilkan laporan secara akurat dan lebih efisien. "Tokopedia merupakan perusahaan pertama yang menerima dana sebesar USD 100 dari investor Global Softbank dan Sequoia Capital. Oleh karena itu, Tokopedia perlu meningkatkan proses pembukuannya guna mengelola transaksi dalam jumlah yang sangat banyak.
Akhirnya, Tokopedia memilih mengadopsi SAP Business One yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah, serta memilih PT Anugerah Visi Inti Teknologi sebagai mitra yang dapat memenuhi kebutuhan Tokopedia dalam mengembangkan solusi tambahan untuk dintegrasikan dalam SAP Business One," Bela Sava, Staf Finance & Accounting PT. Tokopedia. Jika para wirausahawan membutuhkan perencanaan sumber daya perusahaan yang tepat, SAP Business One siap memberikan solusi Enterprises Resource Planning (ERP). Hal ini dikarenakan, ERP memberikan sistem informasi untuk menjalani proses operasi, produksi, dan distribusi bagi sebuah perusahaan. SAP Business One menawarkan cara yang terjangkau bagi usaha kecil dan yang sedang berkembang untuk mengelola setiap aspek operasi mereka. Perangkat lunak dari SAP akan memberikan berbagai fungsi yang dibutuhkan bisnis Anda untuk bersaing lebih efektif sekalipun dengan perusahaan besar.

B.  Leadership
Profil dan Biografi William Tanuwijaya. Ia dikenal sebagai Pendiri Tokopedia bersama Leontinus Alpha Edison. William Tanuwijaya lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya tersebut, dan selama 18 tahun di kampung halamannya, setelah lulus SMA ia kemudian memberanikan diri untuk berangkat ke ibukota yaitu Jakarta untuk kuliah. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. Selama kuliah, ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua di kampusnya, ia kemudian bekerja di Warnet dari jam 9 Malam hingga jam 9 pagi.
Setelah lulus dari kampusnya yaitu BINUS, ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak dibidang pengembangan software komputer. Namun lama kelamaan mulai terbesit ide dipikiran William Tauwijaya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana mimpinya adalah mempunyai perusahaan Internet sendiri. Kemudian pada tahun 2007, dari idenya ia kemudian mulai membangun Tokopedia. Ide William Tanuwijaya mengenai tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli, hingga ia kemudian mulai terinpirasi dari hal tersebut untuk menciptakan startup baru yang kemudian ia namakan dengan tokopedia. Munculnya Ide Mengenai Tokopedia
Ia kemudian mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis. Untuk membangun tokopedia tersebut, William Tanuwijaya membutuhkan modal besar untuk idenya tersebut, keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehingga ia menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga. Sadar bahwa idenya pasti berhasil, ia kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk mengembangkan usahanya tersebut belajar dari Google dan Facebook didirikan melalui pendanaan untuk startup melalui perusahaan ventura (pemodal). 
William Tanuwijaya kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk memodali idenya tersebut. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya. Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau e-commerce tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia, dimana orang-orang dapat memasarkan produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalu Tokopedia. Tokopedia juga menjadi perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya. Sehingga idenya tersebut dapat memecahkan masalah marketplace yang dialami di Indonesia.
 Selama dua tahun, ia bekerja keras terus menerus mencari investor untuk membiayai ide 'Tokopedia' nya tersebut. Banyak investor yang menanyakan pengalaman William Tanuwijaya dalam berbisnis. Banyak juga yang menganggap bahwa mimpinya terlalu tinggi.  Disinilah modal mengenai kepercayaan menurutnya itu sangat penting sebab sangat sulit menurutnya untuk mendapatkan kepercayaan orang lain apalagi untuk memulai bisnisnya tersebut. Semua ia lakukan dari Nol untuk membangun bisnisnya tersebut.
William Tanuwijaya Mendirikan Tokopedia Hingga kemudian usaha William Tanuwijaya selama dua tahun akhirnya membuahkan hasil, tepatnya pada tahun 2009, pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia milik William Tanuwijaya resmi berdiri dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia resmi diluncurkan ke publik setelah mendapatkan suntikan dana dari pada Investor dan juga bos di tempat kerjanya. Tokopedia bahkan mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Awards.
 


William Tanuwijaya Founder Tokopedia

Tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan dari tahun ke tahun dari para investor mengingat perkembangannya sangat baik, seperti , East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013. Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison terus menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014, Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram. William Tanuwijaya kemudian sekarang ini menjadi CEO perusahaan Tokopedia serta Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia. Hingga kini tokopedia terus menerus berkembang pesat berkat usaha pantang menyerah William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edison. Semoga Informasi mengenai Biografi William Tanuwijaya
Kisah seorang william Tanuwijaya sebagai co-founder Tokopedia tidakla mudah, diawali dengan mempunyai ide membangun tokopedia yang kemudian diutarakan kepada atasaan tempat dia bekerja. Namun atasanya tersebut tidak terlalu memahami bisnis internet sehingga beliau tidak berani menginvestasikan uang nya kepada william karena pada saaat itu william masih minim pengalaman dibisnis internet. Akhirnya william melakukan pitching selam 2 tahun keberapa orang namun tidak ada yang berhasil. Namun william bukanla orang yang mudah menyerah bisa dilihat kata-kata william yaitu “untungnya karakter saya stubbom”. Saya keras kepala ,saya sudah pitch dan gagal terus 2 tahun untuk dapat modal ketika dapat respon seperti ini saya tidak menyerah.Kadang orang akan bilang “ kamu tidak bisa” tetapi saya tidak menyerah kata william dan tak perlu mendengarkan nya. sampai. Dilihat dari pernyataan william, william adalah seorang yang tidak mudah menyerah, semngat dan sabar. 


DAFTAR PUSTAKA
MTD Training & Ventus Publishing ApS. 2010. Leadership Skill.

Khareuddin, M. Ikhwan Maulana, 2010. Kepemimpinan Situsional dalam meningkatkan Kinerja Karyawan dan Menciptakan Hubungan antara Pemimpin dan Bawahan yang Berkualitas. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Luthans, Fred. 1992. Organisational Behavior. 6th Ed. Singapore: McGraw Hill, Inc
Smyth, John. (Ed.). (1989). Critical Perspectives on Educational Leadership. London: The Palmer Press.
Shane, H. G. (2002). Arti Pendidikan Bagi Masa Depan (Edisi Ketiga). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sweeney, P.D. and McFarlin, D.B. (2002). Organizational Behavior: Solutions for    Management. New York: McGraw-Hill/Irwin.
http://www.profillengkap.com/profil-dan-biografi-william-tanuwijaya/ (Diakses tanggal 23 februari 2017)
https://www.tokopedia.com/ (Diakses tanggal 23 februari








1 komentar:

  1. PROMO FREECHIP KETUPAT LEBARAN 2017

    Dalam Memperingati Idul Fitri 1438 Hijriah,Kami Selaku POKERAYAM Agen Poker Terbesar Se-Indonesia mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, Untuk merayakan Hari Kemenangan ini kami selaku agen POKERAYAM akan mengadakan promo menarik dihari kemenangan demi keberuntungan member kami yang setia, Berikut Promo Ketupat Lebaran 2017 yang akan kami berikan :

    1. Promo Freechip ketupat lebaran berlaku tgl 26 - 27 juni 2017
    2. Bonus Freechip lebaran 50.000 untuk 100 userid.
    3. Promo berlaku untuk member lama dan baru.
    4. Untuk mendapatkan freechip minimum pernah melakukan deposit minimal Rp.50.000
    5. Syarat melakukan Withdraw minimum melakukan Turn Over 1x bonus freechip yang diberikan.
    6.Untuk informasi lebih lanjut hubungi customer service kami.

    Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari anda semua, Semoga anda semua diberikan keberuntungan yang melimpah dan sukses selalu.
    Dapatkan Freechip Ketupat Lebaran dan Rayakan Hari Kemenangan Bersama Kami.
    POKERAYAM Mengucapkan Minal Aidin Walfa Izin Mohon Maaf Lahir Dan Batin.
    Blogspot : pokerayampromolebaran.blogspot.com
    LiveChat : https://goo.gl/5tD6ZL
    BBM : D8E5205A

    BalasHapus