Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Minggu, 23 April 2017

Sarjana Teknik Informatika Stimik Elrahma Yogjakarta|Contoh Proposal Kerja Praktek di SMA Muhammadiyah Sewon.

I.     Latar Belakang
Pendidikan di Perguruan Tinggi dilaksanakan dengan cara membekali dan mengembangkan religiusitas, kecakapan, ketrampilan, kepekaan dan kecintaan mahasiswa terhadap pemuliaan kehidupan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan mata kuliah yang diselenggarakan oleh akademik di seluruh perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan tujuan meningkatan kemampuan dan wawasan mahasiswa sebagai bekal dan pengalaman setelah lulus studi.
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan bentuk pengabdian nyata seorang mahasiswa kepada suatu perkerjaan yang sebenarnya. Setelah mendapatkan materi perkuliahan yang senantiasanya dapat berguna didalam lingkungan perkerjaan itu sendiri.
Oleh karena itu, Kuliah Kerja Lapangan (KKL) diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik teori dan dunia praktek. Dengan demikian, akan terjadi interaksi yang sinergi saling memberi dan menerina , saling asah, asih dan asuh antara mahasiswa dengan instansi terkait, Kuliah Kerja Lapangan(KKL) merupakan suatu bentuk kegiatan intrakurikuler bagi mahasiswa program sarjana (S1) yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu.
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer El Rahma Yogyakarta (STMIK El Rahma Yogyakarta) sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia turut bertanggungjawab untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sejalan dengan tujuan tersebut STMIK El Rahma Yogyakarta memiliki visi, misi dan tujuan untuk menghasilkan tenaga profesional muda yang memiliki jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan kemampuan kewirausahaan sehingga mampu menjadi motivator dan dinamisator dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya.

II.   Tujuan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
Tujuan utama dari program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam keikutsertaannya pada proses Peltihan, Pengembangan, dan Pematangan diri.
Kegiatan ini diharapkan akan membuka wawasan mahasiswa serta dapat dijadikan sebagai wahana dalam proses pematangan berfikir, bertindak dan mengambil keputusan terhadap sesuatu yang akan atau telah direncanakan.
Secara eksplisit, tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan wawasan dan proses pendewasaan kepribadian mahasiswa.
2.      Memberikan pengalaman belajar tentang Information Technology (IT) bagi siswa dan siswi di SMA Muhammadiyah Sewon.
3.      Memacu pengembangan motivasi pada siswa dan siswi dalam meningkatkan kualitas diri dan  mengelolah suatu permasalahan IT.
4.      Menumbuhkan kepercayaan Insatnsi akan kemampuan mahasiswa serta sarjana STMIK El Rahma Yogyakarta, sehingga akan lebih mendekatkan STMIK El Rahma Yogyakarta pada Instansi dan masyarakat terkait.

III.     Rencana Program Kerja KKL
1.                   Nama Kegiatan
a.    Melakukan Pembuatan Web Profil SMA Muhammadiyah Sewon.
b.  Memberikan Pelatihan dan Pengajaran Pada Siswa dan Siswi di SMA Muhammadiyah Sewon.
c.    Memberikan Pelatihan tentang Blog, yang akan menunjang  kemampuan Siswa dan Siswi  dalam membuat serta mengelolah Blog.
d.  Melakukan Pelatihan Aplikasi Berbasis Multimedia seperti, After Effect, Office, dan Photoshop.

2.                  Tujuan Kegiatan
a.      Meningkatkan wawasan dan pemahaman siswa - siswi terhadap pentingnya menguasai IT untuk masa depan.
b.    Memberikan pelatihan dan pengajaran kepada siswa - siswi tentang IT, seperti Mengelolah Data dan Multimedia.
c.  Menumbuhkan hubungan baik dan kerjasama yang saling menguntungkan antara Perguruan Tinggi dan SMA Muhammadiyah Sewon.

IV.        Waktu Dan Pelaksanaan
Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan(KKL) ini akan dilaksanakan mulai tanggal 11 April - 11 Juni 2011. Yang bertempat di SMA Muhammadiyah Sewon.
V.       Susunan Penanggung Jawab Pelaksana Kegiatan
  Terlampir
  
VI.   Penutup
Demikian proposal ini dibuat sebagai acuan dan bahan pertimbangan berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah kami programkan. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu/Saudara untuk berkenaan memberikan bantuan moril maupun materiil demi terlaksananya kegiatan-kegiatan yang telah kami programkan. Atas perhatiannya kami haturkan terimakasih dan semoga Tuhan membalas kebaikan dan amal yang telah Bapak/Ibu/Saudara lakukan. Amin.




Yogyakarta, 09 April 2014

Hormat Kami

Ketua


Muhammad Ikrimashabri
NIM 12110999

Sekretaris


Yovi Citra Nengsih
NIM 12111022



Mengetahui

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Sewon



H. Kurniawan Indaryatna, ST
NBM 986822




Dosen Pembimbing Lapangan



Sur Yanti, S.E., M.Sc
NPP 200110009






SUSUNAN PANITIA PELAKSANA PROGRAM KERJA
KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL)
STMIK El Rahma YOGYAKARTA
LOKASI SMA MUHAMMADIYAH SEWON

Pelindung                    :  Edy Prayitno, S.Kom, S.E, M.Eng
Ketua LP2M                : Achmad Lukman M.Cs
Kordinator Pelaksana : Muhammad Ikrimashabri
                                     Bagus Hendro Wibowo
                                     Depi Harlena
                                     Priyo Kristianta
                                     Yovi Citra Nengsih











2 komentar: