Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Sabtu, 20 Mei 2017

Ecomerce, Jenis-Jenis Ecommerce

Oleh : Yovi Citra Nengsih

Jenis- Jenis E comerce
 E-commerce Business to Business (B2B), ketegori e-commerce ini melibatkan pasar e-business dan hubungan pasar langsung antarperusahaan. E-commerce Consumer to Consumer (C2C), iklan personal elektronik dan produk atau jasa untuk membeli atau menjual oleh para pelanggan da situs Koran elektronik, portal e-commerce pelanggan, atau situs web personal juga merupakan bentuk e-commerce C2C yang penting lainnya.
Pokok–pokok yang dibutuhkan dalam e-commerce untuk operasi dan manajemen aktivitas e-commerce yang berhasil baik, secara umum terdapat 9 komponen utama yaitu, pengendalian akses dan keamanan, membuat profil dan personalisasi, manajemen pencarian, manajemen isi dan catalog, manajemen arus kerja, pemberitahuan kegiatan, kerja sama dan perdagangan.
Proses Pembayaran Elektronik
Proses pembayaran e-commerce rumit karena banyaknya jenis alternative debit dan kredit serta lembaga keuangan dan perantara yang menjadi bagian dari proses tersebut.
Sistem transfer dana elektronik ( electronic fund transfer-EFT) adalah bentuk umum dari pembayaran elektronik dalam industry perbankan serta ritel. Sistem EFT menggunakan berbagai teknologi informasi untuk memproses uang serta kredit antara bank, perusahaan, dan pelanggan mereka.
Pembayaran elektronik yang aman, beberapa alat keamanan dasar yang digunakan untuk mengatasi beberapa masalah keamanan dalam pembayaran elektronik adalah:
1.      Enkripsi (kode dan pengacakan) data antara pelanggan dan pedagang
2.      Enkripsi data yang lewat antara pelanggan dengan transaksi otorisasi kartu kredit perusahaan.
3.      Mengambil inforamasi sensitive secara offline.
Tren Aplikasi E-commerce
Web dan E-commerce  adalah penggerak utama dalam industry. Keduanya merubah cara banyak perusahaan melakukan bisnis. E-commerce menciptakan saluran baru untuk para pelanggan. Perusahaan kini berada dalam persimpangan e-commerce dan berbagai jalan yang bisa ditempuh.
Faktor-faktor Keberhasilan E-commerce antara lain: Pilihan dan Nilai, Kinerja dan Pelayanan, Tampilan dan Rasa, Iklan dan insentif, Perhatian personal, Hubungan dengan Komunitas, serta Keamanan dan Keandalan.
Pasar E-commerce, sistem transaksi e-commerce yang terbaru dibentuk dan disesuaikan untuk memungkinkan para pembeli serta penjual memenuhi berbagai standar perdagangan berkecepatan tinggi seperti lelang, catalog, dan jual-beli. Beberapa jenis pasar E-commerce yaitu: satu ke banyak (one to many), banyak ke satu (many to one), beberapa ke banyak (some to many), banyak ke beaberapa (many to some), banyak ke banyak (many to many).

Pertukaran data elektronik (electronic data interchange-EDI) adalah salah satu dari penggunaan awal teknologi informasi untuk e-commerce. EDI melibatkan pertukaran elektronik dokumen transaksi bisnis melaui internet atau jaringan lainnya di antara rantai pasokan para mitra dagang (organisasi dan pelanggan serta pemasok mereka).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar