Oleh : Yovi Citra Nengsih
Jenis- Jenis E comerce
Jenis- Jenis E comerce
E-commerce
Business to Business (B2B), ketegori e-commerce ini melibatkan pasar
e-business dan hubungan pasar langsung antarperusahaan. E-commerce Consumer to Consumer (C2C), iklan personal elektronik
dan produk atau jasa untuk membeli atau menjual oleh para pelanggan da situs
Koran elektronik, portal e-commerce pelanggan, atau situs web personal juga
merupakan bentuk e-commerce C2C yang penting lainnya.
Pokok–pokok
yang dibutuhkan dalam e-commerce untuk operasi dan manajemen aktivitas
e-commerce yang berhasil baik, secara umum terdapat 9 komponen utama yaitu, pengendalian
akses dan keamanan, membuat profil dan personalisasi, manajemen pencarian,
manajemen isi dan catalog, manajemen arus kerja, pemberitahuan kegiatan, kerja
sama dan perdagangan.
Proses Pembayaran Elektronik
Proses
pembayaran e-commerce rumit karena banyaknya jenis alternative debit dan kredit
serta lembaga keuangan dan perantara yang menjadi bagian dari proses tersebut.
Sistem
transfer dana elektronik ( electronic fund transfer-EFT) adalah bentuk umum
dari pembayaran elektronik dalam industry perbankan serta ritel. Sistem EFT
menggunakan berbagai teknologi informasi untuk memproses uang serta kredit
antara bank, perusahaan, dan pelanggan mereka.
Pembayaran
elektronik yang aman, beberapa alat keamanan dasar yang digunakan untuk
mengatasi beberapa masalah keamanan dalam pembayaran elektronik adalah:
1. Enkripsi
(kode dan pengacakan) data antara pelanggan dan pedagang
2. Enkripsi
data yang lewat antara pelanggan dengan transaksi otorisasi kartu kredit
perusahaan.
3. Mengambil
inforamasi sensitive secara offline.
Tren Aplikasi E-commerce
Web
dan E-commerce adalah penggerak utama
dalam industry. Keduanya merubah cara banyak perusahaan melakukan bisnis.
E-commerce menciptakan saluran baru untuk para pelanggan. Perusahaan kini
berada dalam persimpangan e-commerce dan berbagai jalan yang bisa ditempuh.
Faktor-faktor
Keberhasilan E-commerce antara lain: Pilihan
dan Nilai, Kinerja dan Pelayanan, Tampilan dan Rasa, Iklan dan insentif,
Perhatian personal, Hubungan dengan Komunitas, serta Keamanan dan Keandalan.
Pasar E-commerce,
sistem transaksi e-commerce yang terbaru dibentuk dan disesuaikan untuk
memungkinkan para pembeli serta penjual memenuhi berbagai standar perdagangan
berkecepatan tinggi seperti lelang, catalog, dan jual-beli. Beberapa jenis
pasar E-commerce yaitu: satu ke banyak (one to many), banyak ke satu (many
to one), beberapa ke banyak (some to many), banyak ke beaberapa
(many
to some), banyak ke banyak (many to many).
Pertukaran
data elektronik (electronic data interchange-EDI) adalah salah satu dari
penggunaan awal teknologi informasi untuk e-commerce. EDI melibatkan pertukaran
elektronik dokumen transaksi bisnis melaui internet atau jaringan lainnya di
antara rantai pasokan para mitra dagang (organisasi dan pelanggan serta pemasok
mereka).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar