Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Jumat, 19 Mei 2017

Pengantar Ekonomi Pembangunan, Pembangunan Ekonomi, Pendapatan Nasional.


Oleh : Yovi Citra Nengsih

A.  PEMBANGUNAN EKONOMI

Keberhasilan pembangunan ekonomi ditunjukkan oleh tiga nilai pokok (Todaro):
·         Berkembangnya kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya (basic need).
·         Meningkatnya rasa harga diri (self esteem) masyarakat sebagai manusia.
·         Meningkatnya kemampuan masyarakat untuk memilih  (freedom from servitude) yang merupakan salah satu hak asasi manusia.
Pembunganan ekonomi adalah suatu proses yang menyebabkan kenaikan riil pendapatan per kapita penduduk suatu negara dalam jangka panjang yang disertai ollh perbaikan sistem kelembagaan. Dari definisi di atas jelas bahwa pembangunan ekonomi mempunyai pengertian :
·         Suatu proses yang berarti perubahan terjadi terus menerus
·         Usaha untuk menaikkan pendapatan per kapita, dan
·         Kenaikan per kapita itu harus terus menerus berlangusng dalam jangka panjang
·         Perbaikan sistem kelembagaan di segala bidang (misalnya ekonomi, politik, hukum, sosial dan budaya). Sistem kelembagaan ini bisa ditinjau dari  dua aspek yaitu aspek perbaikan di bidang organisasi (institusi) dan perbaikan di bidang regulasi (baik legal formal atau informal).
Beberapa ekonom membedakan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Para ekonom yang membedakan kedua pengertian tersebut mengartikan istilah pembangunan ekonomi sebagai:
·         Peningkatn pendapatan per kapira msayarakat yaitu tingkat pertamabahan GDP/GNP pada suatu tahun terttneu adalh melebihi tingkta pertuamahan penduduk, atau
·    Perkembanagn GDP/GNP yang terjadi dalam suatu negara dibarengi oleh perombakan dan modernsisasi struktur ekonominya (transrformasi struktural).
Sedangkan pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai  kenaikan GDP/GNP tanpa memendang apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk, atau apakah perubahan struktur ekonomi terjadi atau tidak.
Untuk mengetahui pembangunan ekonomi suatu negara harus melihat pendapatan nasioanl, pendapatan per kapita, pertumbuhan penduduk, juga harus mengetahui kondisi wilayah suatu negara.
STRATEGI PEMBANGUNAN EKONOMI
Bebrapa staregti yang akan dijelaskan disini , yaitu :
·         Staregi Usaha Minimum Kritis
·         Startegi Pembanguan Seimbang
·         Startegi Pemabnguan Atdiak seimbang

B.  PENDAPATAN NASIONAL
Pendapatan nasional merupakan nilai produksi barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan suatu perekonomian (negara) dalam waktu satu tahun. Tiga metote perhitungannya  yaitu : Metode produksi (nilai tambah), Metode pendapatan, dan metode pengeluaran.
1.      Metode Pendapatan
GDP
GNP
GDP > GNP, maka penanaman modal asing (PMA) di negara itu lebih besar dari pada penanaman modal negara itu di luar negeri.
GDP – GNP = Net factor payment/Net factor income to abroad
2.      Laju Pertumbuhan Pendapatan Nasional



Tidak ada komentar:

Posting Komentar