Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana yang ditulis secara pribadi atas tugas kuliah: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Sabtu, 27 Mei 2017

Pengertian Biaya dan Akuntansi Biaya, Akuntansi biaya, Biaya

Oleh : Yovi Citra Nengsih

PENGERTIAN BIAYA DAN AKUNTANSI BIAYA
Ada 2 tipe akuntansi
  1. Akuntansi Keuangan
Hasil akhir berupa lap. keuangan ditujukan untuk pihak luar manajemen
  1. Akuntansi Manajemen
Hasil akhir berupa laporan atau informasi yang dibutuhkan oleh manajer ditujukan untuk pihak dalam manajemen
Perbedaan :
  1. Pemakai utama lap. Akt
Akt Keuangan                                                
- Manajer puncak dan pihak eksternal perush
Akt Manajemen
- Para manajer dari berbagai jenjang dalam perusahaan
      2Lingkup Informasi
            Akt Keuangan
- Perusahaan secara keseluruhan
            Akt Manajemen
- Bagian dari perusahaan. Misal : Lap. Biaya Pemasaran

Akuntansi Biaya
            Adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk dengan cara tertentu serta penafsirannya.

Proses akuntansi biaya dapat ditujukan untuk kebutuhan pemakai luar perusahaan sehingga harus memperhatikan karakteristik kuntansi keuangan.
Proses akuntansi biaya dapat pula ditujan untuk kebutuhan pemakain dalam perusahaan sehingga harus memperhatikan karakteristik akuntansi manajemen.

Biaya
Adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dengan satuan uang yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu.
Cara penggolongan biaya
  1. Berdasarkan obyek pengeluaran
Nama obyek pengeluaran merupakan dasar penggolongan biaya
Misal : biaya bahan bakar
  1. Berdasarkan fungsi pokok dalam perusahaan
    1. Biaya produksi
Biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi.
1.      Biaya Bahan Baku                                                         
2.      Biaya Tenaga Kerja
3.      Biaya Overhead Pabrik
    1. Biaya pemasaran
Biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk missal : Biaya iklan, Biaya promosi, Gaji sales
    1. Biaya administrasi dan umum
Biaya untuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produksi missal : Biaya fotocopy
  1. Berdasarkan hubungan biaya dengan yang dibiayai
Yang dibiayai dapat berupa Produk atau Departemen
Ada 2 Biaya :
a. Biaya langsung
Biaya yang terjadi, yang peneyebab satu-satunya adalah karena ada sesuatu yang dibiayai
o   Hub. Dengan Produk, Biaya produksi langsung terdiri dari biaya   bahan baku, dan biaya tenaga kerja langsung.
o   Hub. Dengan Departemen, Biaya langsung departemen adalah 
      semua biaya yang terjadi didalam departemen tertentu.
b. Biaya tidak langsung
Biaya yang terjadinya tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai
o   Hub. Dengan Produk, disebut dengan Biaya Overhead Pabrik (BOP). Misal : Gaji satpam
o   Hub. Dengan Departemen, biaya yang terjadi dalam suatu departemen tetapi manfaatnya dinikmati oleh lebih dari satu departemen. Misal : Biaya departemen pembangkit listrik
  1. Berdasarkan perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan
    1. Biaya Variabel
Biaya yang jumlahnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Misal : Biaya Bahan Baku
    1. Biaya Semi Variabel
Biaya yang berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Misal : Biaya bahan bakar kendaraan, Biaya operasi

    1. Biaya Tetap
Biaya yang jumlah totalnya tetap, tidak dipengaruhi perubahan volume kegiatan. Misal : Gaji direktur
  1. Berdasarkan jangka waktu manfaatnya
    1. Pengeluaran Modal ( Capital Expenditure )
Biaya yang manfaatnya lebih dari 1 periode akuntansi
Misal : Pembelian aktiva tetap
    1. Pengeluaran Pendapatan ( Revenue Expenditure )
Biaya yang hanya mempunya manfaat dalam periode akuntansi terjadinya pengeluaran tersebut.
                        Misal   : Biaya iklan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar