Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Selasa, 09 Mei 2017

Soal Uts dan Jawaban Kewarganegaraan

Oleh Yovi Citra Nengsih
Soal & Pembahasan
1.    Perkembangan geopolitik pada hakikatnya adalah sama diseluruh dunia, yaitu bagaimana wilayah suatu Negara dimanfaatkan untuk kepentingn politik nasional. Namun dalam tatanan implementasi geopolitik sutu bangsa dipengaruhi oleh kondisi suatu geografinya.
a.       Bagaimana pandangan Friedrich Ratzel dan Alfrad Thayer Mahan mengenai geopolitik, dan apakah pandangan tersebut relevan untuk Indonesia?
Pembahasan:
Menurut Fredrich Ratzel adalah pada akhir abad ke-19 mengembangkan kajian geografi politik dengan dasar pandangan bahwa Negara adalah mirip organisme atau makhluk hidup. Dia memandang Negara dari sudut konsep ruang. Negara adalah ruang yang ditempati oleh kelompok masyarakat politik (bangsa). Bangsa dan Negara terikat hukum alam. Jika bangsa dan Negara ingin tetap eksis dan berkembang, maka harus diberlakukan hukum ekspansi (pemekaran wilayah).
Menurut Alfred Thayer Mahan mengatakan laut untuk kehidupan, sumber daya alam banyak terdapat di laut.Oleh karena itu, harus dibangun armada laut yang kuat untuk menjaganya
Dari pandanag kedua orang ini bisa di katakan masih relevan karena dalam suatu negara harus adanya suatau konsep pembuatan ruang lingkup untuk menghindari dari penguasaan bangsa lain.

b.     Bagaimana pandangan saudara mengenai pelaksanaan geopolitik Indonesia!
Pembahasan
         Pelaksaan geopolitik bangsa Indonesia yang didasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan yang luhur dengan jelas tertuang di dalam Pembukaan UUD 1945. bangsa Indonesia adalah bangsa yang cinta damai, tetapi lebih cinta kemerdeklaan. Bangsa Indonesia menolak segala bentuk penjajahan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Oleh karena itu, bangsa Indonesia juga menolak paham ekspansionisme dan adu kekuatan yang berkembang di Barat. Bangsa Indonesia juga menolak paham rasialisme, karena semua manusia mempunyai martabat yang sama, dan semua bangsa memiliki hak dan kewajiban yang sama berdasarkan nilai-nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan yang universal.
 Dalam hubungan internasional, bangsa Indonesia berpijak pada paham kebangsaaan atau nasionalisme yang membentuk suatu wawasan kebangsaan dengan menolak pandangan Chauvisme. Bangsa Indonesia selalu terbuka untuk menjalin kerjasama antar bangsa yang saling menolong dan saling menguntungkan. Semua ini dalam rangka ikut mewujudkan perdamaian dan ketertiban dunia.

2.    Pembentukan Negara Republik Indonesi hakikatnya untuk melindungi, memanujak, mencerdasakan, dan mentertibkan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dibutuhkan strategi, yang dikenal dengan geostrategi.
     a)       Apa yang saudara pahami mengenai implementasi geostrategi, dan geostrategi Indonesia!
Pembahasan
Geostrategi Menurut saya, à Geostrategi menurut saya adalah politik dalam pelaksaan, yaitu upaya bagaimana mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan sesuai dengan keinginan politik. Karena strategi merupakan upaya pelaksaan, maka strategi pada hakikatnya merupakan suatu seni yang implementasinya didasari oleh intuisi, perasaan dan hasil pengalaman. Strategi juga dapat merupakan ilmu yang langkah-langlkahnya selalu berkaitan dengan data atau fakta yang ada. Seni dan ilmu digunakan sekaligus untuk membina atau mengelola sumber daya yang dimiliki dalam suatu rencana dan tindakan. Geostrategi Indonesia,
à Geo-strategi Indonesia dirumuskan dalam bentuk Ketahanan Nasional yang unsur-unsur utamanya terdiri dari kualita keuletan dan kualita kekuatan atau ketangguhan. Keuletan sesungguhnya merupakan satu kualita integratif yang menunjukan adanya kebersamaan diantara sesama komponen yang dijiwai oleh semangat kekeluargaan. Keuletan diperlukan dalam menghadapi tantangan atau tekanan dari luar yang harus dihadapi secara elastis konsisten dan berlanjut.Tanpa adanya kualita keuletan maka jaringan sosial masyarakat akan retak, atau bahkan putus, apabila dihadapkan pada tantangan/tekanan yang berkepanjangan. memerlukan keuletan masyarakat agar tidak terjadi hal-hal yang mengakibatkan perpecahan dalam masyarakat karena masyarakat memiliki “kelenturan” yang mampu meng-absorbir tekanan kesulitan ekonomi.

b)    Berikan pandangan saudara mengenai implementasi geostrategi Indonesia saat ini!
Pembahasan
Geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Dengan mengacu pada kondisi geografi bercirikan maritim, maka diperlukan strategi besar (grand strategy) maritim sejalan dengan doktrin pertahanan defensif aktif dan fakta bahwa bagian terluar wilayah yang harus dipertahankan adalah laut.
Implementasi dari strategi maritim adalah mewujudkan kekuatan maritim (maritime power) yang dapat menjamin kedaulatan dan integritas wilayah dari berbagai ancaman. Namun pada kenyataanya hal di tas masih ada sebagian yang masih belum terealisasi misalnya perlindungan kekayaan ikan masih bisa di curi oleh bangsa lain dengan kemajuan teknologi meski bangsa lain tidak secara langsung berlayar di wilayah laut indonesia. Dan politik indonesia saat ini tidaklah sejalan untuk kepentingan rakyat namun malah untuk kepentingan individu. Dan perekonomian yang dikatakan maju namun pada kenyataannya masih banyak rakyat yang miskin. Jadi iplementasi geostrategi di indonesia belum sepenuhnya ter realisasi dengan beaik untuk kepentingan bangsa ini.

1.    Bagi saudara yang telah membuat dan ikut mempresentasikan makalah :
a)    Demokrasi diartikan sebagai pemerintahan atau kekuasaan dri rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Istilah demokrasi ini memberikan posisi penting bagi rakyat sebab dengan demokrasi, hak-hak rakyat untuk menentukan sendiri jalannya organisasi Negara dijamin.
Penerapan demokrasi di berbagai Negara di dunia memiliki ciri khas dan spesifikasi masing-masing, lazimnya sangat dipengaruhi oleh ciri khas masyarakat sebagai rakyat dalam suatu negara. Indonesia sendiri menganut demokrasi pancasila di mana demokrasi itu dijiwai dan diintegrasikan oleh nilai-nilai luhur Pancasila sehingga tidak dapat diselewengkan begitu saja.
         Implementasi demokrasi pancasila terlihat pada pesta demokrasi yang diselenggarakan tiap lima tahun sekali. Dengan diadakannya Pemilihan Umum baik legislatif maupun presiden dan wakil presiden terutama di era reformasi ini, aspirasi rakyat dan hak-hak politik rakyat dapat disalurkan secara langsung dan benar serta kedaulatan rakyat yang selama ini hanya ada dalam angan-angan akhirnya dapat terwujud.
b)      Kasus Nazaruddin dinilai memberi pemahaman baru tentang luasnya korupsi di tubuh elit politik. Kalangan analis khawatir kasus itu juga bisa mengguncang kepercayaan publik kepada sistem demokrasi Indonesia yang rentan.Sejak awal masa jabatan kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2009, berbagai penyelidikan terhadap dugaan korupsi di dalam partainya, Partai Demokrat, dan di setiap tingkat pemerintahan telah mendominasi kepala berita dan mengesampingkan prioritas-prioritas legislatif Presiden. Kasus mantan Bendahara Partai Demokrat, Muhammad Nazarudddin, menjadi pukulan politik serius bagi partai yang didirikan Presiden Yudhoyono dalam pemilu mendatang, dan kalangan analis mengatakan kasus itu bisa berdampak lebih luas bagi pemerintah Indonesia.

                Dan juga seperti kasus di bima kemarin, masyarakat tidak bias mengeluarkan aspirasinya dengan tenang karena mereka langsung di hantam oleh aparat keamanan yang berjaga, di tempat itu masyarakat di bantai seperti hewan apakah ini Negara yang demokrasi, dan Negara ini jaga bukan Negara demokrasi tetapi Negara pembantaian manusia, dan masyarakat meminta kepada bupati bima untuk mencabut sk 188, karena bupati ingin membuka pertambangan tetapi masyrakat dim au, karena menggangu keamanan masyarakat, sampai – sampai kemarin juga masyarakat marah dan membakar kantor bupati tersebut, dan kejadian itu menandakan ketidak setujuan membuka pertamban gan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar