Oleh Yovi Citra Nengsih
Hambatan untuk e - commerce dan
model bisnis yang kompetitif di Indonesia Negara berkembang: Sebuah studi kasus
Abstrak
Makalah
ini mengintegrasikan dan memperluas penelitian tentang e-commerce di negara berkembang.
Kami menggunakan tiga kategori sistem umpan balik - ekonomi, Sosiopolitik dan
kognitif-untuk menawarkan model sederhana hambatan e-commerce di negara
berkembang. Kami juga memeriksa karakteristiknya Model e-bisnis yang bisa
berhasil dipekerjakan di negara berkembang. Kemudian, kami menyediakan contoh
model e-bisnis Diikuti oleh penyedia online pemenang penghargaan internasional
berbasis Nepal. Kontribusi teoretis tulisan ini adalah untuk menjelaskan
Bagaimana' dan 'mengapa' e-commerce di negara-negara berkembang dan untuk
mengidentifikasi konteks dan mekanisme petugas yang jelas. 2007 Elsevier B.V.
Semua hak dilindungi undang-undang.
Kata
kunci: E-commerce; Hambatan E-commerce; Model bisnis; Negara berkembang;
Ekspatriat; Difusi inovasi
1. Perkenalan
E-commerce
bisa dibilang memiliki potensi untuk menambah nilai bisnis yang lebih tinggi dan
konsumen di negara berkembang Daripada di negara maju [1-5]. Namun yang paling berkembang
Perusahaan berbasis negara telah gagal menuai keuntungan Ditawarkan oleh
teknologi informasi dan komunikasi modern (TIK) [6].
Beberapa
model bisnis sudah muncul yang diatasi Hambatan e-commerce di negara berkembang.
Padahal di e-commerce Jurnal, negara berkembang telah menerima secara
mengejutkan Sedikit perhatian Ada sedikit analisis Studi e-commerce di lingkungan
negara berkembang [7]. Apalagi, bukti empiris di negara berkembang tertinggal Dibalik
perkembangan teoretis. Sudah ada telepon Penelitian tentang pengembangan e-commerce
perusahaan berbasis negara Strategi [7].
Untuk
mengisi kekosongan penelitian dan makalah ini mencoba untuk mendapatkan Sebuah
pemahaman tentang hambatan e-commerce dalam pengembangan Negara dan menerangi
sukses e-business model. Untuk Mencapai ini, kita memanfaatkan literatur untuk
menawarkan model Hambatan e-commerce di negara berkembang dan ilustrasi Sebuah
model bisnis yang kompetitif yang digunakan untuk mengatasinya Beberapa
hambatan. Di sisa kertas, kita dulu Diskusikan metodologinya. Selanjutnya,
literatur yang relevan tentang e-niaga Di negara berkembang ditinjau Lalu kita Memberikan
sebuah studi kasus tentang model bisnis yang kompetitif Dipekerjakan oleh
Thamel.com, sebuah e-commerce berbasis perusahaan nepal. Hal ini diikuti dengan
pembahasan kasus tersebut. Bagian terakhir Memberikan kesimpulan dan implikasi.
2. Metodologi: penelitian berbasis
kasus
Penelitian
ini menggunakan desain penelitian satu kasus. Kami digunakan Beberapa sumber
data Pertama, kami kumpulkan dan dianalisis Bahan sekunder yang luas Sejak
punya Thamel.com Memenangkan beberapa penghargaan seperti International
Institute untuk Komunikasi dan Pembangunan (IICD) dan Global Knowledge
Partnership (GKP) penghargaan Tony Zeitoun, Ada liputan media yang bagus
tentang perusahaan. Pada musim panas 2004, kami mengunjungi kantor Kathmandu
dan mewawancarai CEO perusahaan dan Direktur
pemasarannya. Selanjutnya, beberapa putaran pertukaran email terjadi
bersamaan dengan CEO di Kathmandu dan salah satu dari keduanya Pendiri di
kantor AS.
Yin
[8] mengemukakan bahwa studi kasus bersifat epistemologis Bisa dibenarkan saat
pertanyaan penelitian dipusatkan pada alasan dibalik Mengamati fenomena, ketika
kejadian perilaku tidak dikendalikan, Dan saat penekanannya pada acara
kontemporer Peneliti lain berpendapat bahwa metode kasus '' tepat Dan penting
di mana teori tersebut belum ada atau ada Tidak mungkin untuk menerapkan,. . .
Dimana teori ada tapi lingkungan Konteksnya berbeda. . . Atau dimana sebab dan
akibat Ragu atau melibatkan kelambatan waktu '' [9]. Penelitian ini memuaskan Kriteria
ini Ada argumen persuasif untuk berpikir Penelitian e-commerce pada tahap awal
bersifat teoritis Pembangunan, terutama di negara berkembang. Studi tentang Negara
berkembang juga telah menempatkan asumsi tentang '' Proses normal 'perkembangan
internet menjadi' 'Uji parah '' [10].
Dengan demikian, generalisasi penelitian dilakukan Di negara maju dipertanyakan
dalam pengembangan Konteks dunia.
Studi
kasus ganda dan tunggal memiliki kekuatan dan Kelemahan [8,11-14]. Meskipun ada
beberapa ketidaksepakatan, Peneliti setuju bahwa studi kasus tunggal berguna
untuknya Bangunan teori induktif, terutama pada perkembangan awal Dari bidang
penelitian [15] seperti e-commerce yang Mengembangkan dunia.
Penelitian
berbasis kasus memerlukan pendekatan sampling Berfokus pada kasus yang berguna
secara teoritis [11,15]. Khususnya, Model praktik terbaik memberikan kandidat
yang baik untuk sebuah kasus Metodologi penelitian [11,15]. Perlu dicatat bahwa
sebagai Beberapa pemenang penghargaan internasional, model Thamel.com Dapat
dianggap sebagai model praktik terbaik untuk memulai e-busines Di negara
berkembang.
Akhirnya,
ada banyak perdebatan tentang apakah Penelitian kasus harus didasarkan pada
teori yang dispesifikasikan secara apriori Atau pada teori ground. Whyte [16]
berpendapat bahwa, untuk menjadi berharga, Penelitian harus dipandu oleh ''
gagasan bagus tentang bagaimana caranya Untuk memfokuskan penelitian dan
menganalisis data tersebut '' (halaman 225). Di Sebaliknya, Glaser dan Strauss [17]
mengemukakan bahwa evolusi Dari sebuah teori dari data adalah dasar untuk
pengembangan Teori grounded daripada pengenaan teori apriori. Demikian juga,
Van Maanen, Dabbs dan Faulkner [18] menyarankan Bahwa penyidik menghindari komitmen
sebelumnya terhadap apapun Teori (halaman 16). Dalam penelitian ini, kita
mengikuti pendekatan Whyte. Dengan demikian, bagian selanjutnya memberikan
kerangka teoritis Terkait e-commerce di negara berkembang dan kompetitif Model
bisnis
3. Tinjauan literatur
3.1. Hambatan untuk e-commerce di
negara berkembang
Kami
menganalisis hambatan e-commerce dalam tiga kategori Sistem umpan balik
negatif: ekonomi, sosiopolitik Dan kognitif [19-21]. Sedangkan ekonomi dan
sosial politik terutama fokus pada faktor karakteristik lingkungan, Komponen
kognitif mencerminkan organisasi dan Bisa dibilang Perilaku individu, untuk
adopsi awal E-commerce di negara berkembang, komponen kognitif Memainkan peran
yang lebih menonjol [22]. Sebagai organisasi Mengasimilasi praktik e-commerce
yang canggih, lingkungan Faktor memainkan peran yang lebih penting [22].
3.1.1. Hambatan ekonomi
di
hadapan Umpan balik ekonomi positif terjadi Meningkatkan kembali ke skala [19].
Penelitian telah menyarankan itu Sebuah difusi internet yang lambat di
negara-negara berkembang telah menyebabkan Nilai bisnis TI rendah diukur dengan
kinerja dan produktivitas [23,24]. Hambatan terkait dengan minimnya Skala
ekonomi di negara berkembang kecil secara luas Diakui Sebuah studi menemukan
bahwa ukuran kecil dari banyak Negara kariba menghambat pengembangan '' cluster '' untuk Industri
TI [25]. Studi lain menemukan skala yang merugikan Efek dalam industri
e-commerce Tanzania [26].
Lambatnya
penyebaran internet di negara berkembang bisa terjadi Dikaitkan dengan faktor
penguasaan pasar dan infrastruktur Ketersediaan TIK [27]. Di Tanzania,
misalnya, Kurangnya pasokan listrik, teledensitas rendah dan kekurangan Daya
beli menghasilkan penggunaan internet pedesaan yang rendah [28]. Apalagi
produsen produk ICT fokus pada Distributor besar [29] sering berada di negara
maju Untuk rekan inisiat mereka.
Tidak
tersedianya kartu kredit juga merupakan rintangan utama [28,30-32]. Penelitian
sebelumnya menemukan masalah seperti itu B2C e-commerce di Rusia, India dan
Amerika Latin [33,34]. Di Asia, 35-40% transaksi berbasis kas [32]. Aspek lain
dari sistem keuangan juga terbelakang [35]. Di Karibia, bank lokal tidak memproses
secara online Transaksi kartu kredit [25] atau bentuk elektronik lainnya Sistem
pembayaran [36].
Internet
juga kurang menarik bagi ekonomi tradisional Sektor (misalnya, pertanian) yang
berarti signifikan Proporsi negara-negara berkembang 'ekonomi. Untuk Misalnya,
sebuah penelitian menunjukkan bahwa penghematan biaya dari e-commerce - sebagai
persentase dari total biaya input - hanya 2% untuk Perusahaan di sektor
tradisional seperti batubara dibandingkan dengan 40% Dalam komponen elektronik
[37].
Pertumbuhan
e-commerce yang cepat di AS dapat dikaitkan Untuk infrastruktur yang sudah ada
dan ketersediaan yang mudah Dari sistem pengiriman fisik. Sistem seperti itu Lebih
jarang terjadi di negara berkembang [33]. Di daerah Karibia, tantangan logistik
merupakan hambatan utama Difusi e-commerce [36]. Negara kecil Sulit untuk
berkembang untuk menarik FedEx dan UPS untuk memberikan pengiriman Layanan
[30]. Akhirnya, ketersediaan bandwidth rendah dalam pengembangan Negara [38].
Bandwidth yang lebih rendah berarti Diperlukan waktu lebih lama untuk
mentransfer data dan karenanya lebih rendah Keuntungan relatif dari internet.
3.1.2. Hambatan sosiopolitik
Hambatan
sosiopolitik dapat dijelaskan secara formal Dan lembaga informal [39-41].
Mereka sering cenderung Menjadi lebih sulit dan memakan waktu untuk
mengatasinya Hambatan teknologi [42-45]. Hambatan sosial terkait Dengan lembaga
informal. Di Asia, hubungan pribadi penting dalam bisnis dan hubungan online
anonim Mengancam jaringan interpersonal yang mapan [46]. Preferensi untuk
komunikasi tatap muka pribadi E-mail dan didahulukan dari hubungan yang mapan Efisiensi
interpersonal Internet juga bisa melawan E-commerce [47].
Hambatan
politik diterapkan secara terorganisir secara formal Kelompok yang ditunjuk
Banyak negara berkembang kekurangan Undang-undang yang memberikan legalitas
legalitas tanda tangan digital dan elektronik (DES) [48]. Beberapa negara
berkembang memperlakukan ICT Produk sebagai barang mewah dan memberlakukan bea
masuk, surtax, Pajak pertambahan nilai, pajak penjualan, dll. [49]. Lemahnya
lembaga formal Juga kepercayaan konsumen yang rendah terhadap e-commerce dan
kemauan Untuk membeli secara online [35].
Literatur
memberikan bukti berlimpah yang legal Hambatan adalah salah satu rintangan
utama e - commerce di negara berkembang Indonesia. Sebuah survei dilakukan di
antara orang konsumen Brasil menunjukkan bahwa adopsi e-commerce rendah Tingkat
itu terkait dengan peraturan pemerintah seperti kekhawatiran Tentang privasi
dan keamanan, kurangnya hukum bisnis untuk e-commerce, Perlindungan hukum yang
tidak memadai untuk pembelian Internet Dan kekhawatiran atas pajak internet
[42]. Demikian juga, di Cina, kurangnya 'kepercayaan transaksional dan
institusional' Terkait dengan lemahnya aturan hukum merupakan hambatan utama Ke
e-commerce [46,50].
3.1.3. Hambatan kognitif
Faktor
kognitif berhubungan dengan peta mental individu Dan pengambil keputusan organisasi
[51]. Beberapa analis Berpendapat bahwa hambatan kognitif lebih serius daripada
Kategori hambatan lainnya di negara berkembang [49]. Banyak efek seperti
kesadaran, pengetahuan, Keterampilan, dan kepercayaan diri berfungsi sebagai
umpan balik kognitif. Untuk Misalnya, pengaruh evaluasi apriori manajemen
puncak Bias kognitif terhadap bisnis elektronik [19]. Dalam mengembangkan Negara,
organisasi manusia, bisnis, dan teknologi Sumber daya, kurangnya kesadaran dan
pemahaman Peluang potensial, risk aversion dan inersia sering memimpin Ke
penilaian kognitif negatif dari e-commerce [7,22,26].
Kurangnya
kesadaran konsumen [52] dan pengetahuan tentang e-niaga Manfaat dan kurangnya kepercayaan
diri dalam pelayanan Penyedia layanan juga telah menghambat e-commerce.
Contohnya, Di Amerika Latin, penggunaan kartu kredit dengan tingkat rendah bisa
jadi Dikaitkan dengan '' kurangnya kepercayaan daripada kurangnya akses
terhadap '' Sistem kartu kredit [34]. Survei lain menemukan bahwa Tingkat
kepercayaan pada jaringan pos untuk sebuah paket Senilai US $ 100 berkorelasi
kuat dengan GNP per Kapita [53]. Demikian pula, kekhawatiran terkait pencurian
pos adalah Di antara hambatan utama untuk e-commerce di Trinidad [25].
Pertimbangan
terakhir dengan hambatan kognitif berhubungan dengan Buta huruf umum dan
komputer dan kurangnya keterampilan bahasa Inggris [30]. Perhatikan bahwa
sebagian besar perangkat lunak, komputer manusia Antarmuka dan konten di Web
berbahasa Inggris [54,55]. Perkiraan menunjukkan bahwa setengah dari populasi Negara
berkembang tidak dapat berbicara bahasa resmi Negara mereka sendiri [35].
Kurangnya kemampuan berbahasa Inggris Dengan demikian telah menjadi penghambat
utama di antara non-bahasa Inggris Konsumen, terutama generasi tua [46]. Di Slovenia,
75% populasi fasih berbahasa Inggris menggunakan Internet dibandingkan dengan
hanya 1% penutur bahasa non-Inggris [44]. Jumlah situs dalam bahasa seperti
Quechua (10 juta Pembicara di Bolivia, Ekuador dan Peru) atau Ibo (15 juta Pembicara
di Nigeria) '' dapat dihitung di jari - jari tangan Satu tangan - dan tidak ada
yang menawarkan fitur interaktif '' [44].
Ara.
1 menyajikan hambatan e-commerce di negara-negara berkembang. Ara. 2 menyajikan
bagaimana mereka mempengaruhi pra-transaksi, Transaksi dan pasca transaksi [3].
3.2. Model bisnis e-commerce
Dalam
konteks tulisan ini, model bisnis adalah deskripsi Dari niat perusahaan untuk menciptakan
dan menangkap nilai Menghubungkan lingkungan teknologi baru dengan strategi
bisnis [56]. Lam dan Harrison-Walker [57] memperkirakan bahwa di sana Sekitar
50 model bisnis e-business yang menghasilkan pendapatan. Beberapa Pendekatan
digunakan untuk menggambarkan model-model ini. Periset Dengan orientasi
pemasaran menggunakan produk, harga, tempat, dan Promosi untuk mendeskripsikan
model e-business [58,59]. Bisnis elektronik Model juga dinyatakan dalam bentuk
karakteristik struktural Sekitar rantai nilai pemasok dan pembeli [60], sistem
dan arsitektur TI [61], platform teknis [62], dan skala keamanan dan lalu
lintas [63].
Lam
dan Harrison-Walker [57] dianalisis secara ketat Model bisnis yang digunakan
oleh perusahaan internet dan Turunkan mereka melalui penggunaan model dua
dimensi. Kedua dimensi tersebut adalah tujuan relasional dan valuebased Tujuan.
Dimensi tujuan relasional digunakan Untuk mengklasifikasikan model e-bisnis berdasarkan
ciri konektivitas internet. Dimensi ini memerlukan penentuan
Ara. 1. Hambatan bisnis dan
konsumen tingkat e-commerce dalam pengembangan dunia.
Ara. 2. Faktor-faktor yang
mempengaruhi penyebaran e-commerce di negara berkembang.
Target
sasaran pasar dan konektivitas. Tujuan berbasis nilai terkait dengan formula
nilai seperti itu Sebagai pendapatan dan manfaat lainnya (mis., Non finansial Kontribusi
seperti peningkatan efektivitas pemasaran Atau peningkatan sikap konsumen).
Semua
model e-bisnis tidak sama menariknya dengan Mengembangkan dunia. Misalnya, di
agen belanja Model, penyedia '' membantu konsumen untuk menemukan produk
tertentu Dan harga terbaik mereka secara online '' [57]. Karena sangat sedikit Perusahaan
menjual produk secara online, model ini tidak banyak Dipekerjakan di negara
berkembang.
Banyak
penyedia layanan di negara berkembang Menemukan model bisnis yang layak. Ada
yang berpendapat bahwa e-commerce Dapat menjadi kunci keunggulan kompetitif
jika digunakan secara efektif Di pasar ini 'tidak sempurna' [64].
Dalam
melihat dimensi 'relasional', jelas Target penyedia e-commerce berbasis negara
berkembang Segmen siap sedia e-commerce. Misalnya, sebuah Jumlah perusahaan e-commerce
di negara berkembang Seperti Tanzania [26] dan Vietnam [64] menargetkan industri
pariwisata. Untuk negara berkembang berbasis e-commerce Penyedia layanan,
ekspatriat juga merupakan target yang menarik. Fraser dan Wresch menemukan
bahwa perusahaan e-commerce Di Karibia menghadapi permintaan dari ekspatriat -
untuk diri mereka sendiri, Dan untuk keluarga mereka yang masih tinggal
dirumah.
Beberapa
model e-bisnis di negara berkembang mempekerjakan Bahan utama di negara maju Misalnya,
banyak Perusahaan-perusahaan Karibia telah memilih untuk hosting jarak jauh dan
Membuat akun di AS untuk melakukan e-commerce terkait Perbankan [25]. Sebagai
contoh, sebuah perusahaan Karibia bertanya Amazon.com untuk menangani transaksi
keuangan dan Menjadi penjual di bawah spanduk yang terakhir [25].
Model
bisnis e-business yang terfokus pada negara dibutuhkan Adaptasi di negara
berkembang. Cash-on-delivery digunakan Di India menawarkan contoh kasusnya. Di
India, pada tahun 2000, 0,4% dari Kartu kredit milik penduduk dan rata-rata
tahunan Menghabiskan US $ 40 [65]. Orang India memesan barang dagangan secara
online Dan membayar tunai setelah pengiriman. Cash-on-delivery membuat Rasa di
India karena bank menawarkan pengiriman tunai dari pintu ke pintu Layanan,
orang menyimpan sejumlah besar uang tunai di rumah, dan Transaksi besar
dilakukan secara tunai. Pembelian online di China juga dibayar melalui cek
surat, cash on delivery atau Transfer kawat [66]. Kemitraan dengan dunia maju Perusahaan
multinasional juga muncul untuk mengaktifkan e-commerce. Misalnya, portal web
India, Rediff.com, Telah berkolaborasi dengan Fed Ex.
Model
e-commerce diprakarsai oleh sektor swasta dan publik Cenderung berbeda.
Misalnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa Konferensi Perdagangan dan Pembangunan
(UNCTAD) Meluncurkan Global Trade Point Network (GTPN) di Indonesia 1992 untuk
memfasilitasi usaha kecil dan menengah ' (UKM) akses ke pasar internasional
menggunakan e-commerce [67]. Digital Divide Data (DDD) di Kamboja, Vietnam Dan
Laos [68] juga memiliki model yang sukses. Pada tahun 2004, DDD Memiliki 140
karyawan [69] untuk mendigitalkan data dari peta atau dokumen Untuk
organisasi-organisasi Barat. Karyawan DDD adalah Perempuan, polio dan ranjau
darat, yatim piatu dan lainnya Kategori pengungsi internal [70]. Setiap hari Pekerja
DDD memasukkan data selama 6 jam dan mendapatkan bahasa Inggris dan latihan komputer
selama 6 jam [71]. Pada tahun 2003, juru ketik DDD memperoleh US $ 16,25
seminggu bekerja 36 jam dibandingkan dengan $ 11,25 Untuk minggu kerja 48 jam
di pabrik garmen [72].
Ada
juga kemitraan publik-swasta [73]. Di Argentina, Kementerian Pendidikan dan
perusahaan swasta Bekerja sama pada tahun 2001 untuk menyediakan akses internet
yang terjangkau dan Layanan pendidikan ke sekolah negeri dan sepuluh juta Siswa.
Perusahaan swasta membiayai proyek tersebut Dan diharapkan pengembalian dari
hak pendapatan iklan dan e-commerce [74].
3.3. Model bisnis kompetitif
Thamel.com - sebuah studi kasus
Thamel.com
didirikan pada tahun 1999 sebagai portal web. Nya Kantor fisik terletak di Thamel,
sebuah jalan di Kathmandu. Pada tahun 2003, model bisnisnya memenangkan Institut
Internasional Untuk penghargaan Komunikasi dan Pengembangan (IICD) dan Kemitraan
Pengetahuan Global (GKP) Tony Zeitoun Menghadiahkan.
Pada
awalnya [26,64], Thamel.com menargetkan wisatawan. Kemudian perusahaan
mengalihkan fokusnya pada ekspatriat Nepal. Seperti banyak perusahaan Karibia
[25], perusahaan menemukan Ceruknya sebagai penyedia hadiah untuk ekspatriat dan
keluarga mereka. Pada tahun 2001, 900.000 orang Nepal tinggal di luar negeri.
Nepal Ekspatriat cenderung memiliki adopsi internet yang lebih tinggi Suku
bunga, pendapatan disposable yang lebih tinggi dan tingkat bunga yang lebih
tinggi Kepemilikan kartu kredit Segmen ini jadi lebih e-commerce Siap dengan
peluang penciptaan nilai yang lebih besar. Perusahaan juga menargetkan
ekspatriat asing yang tinggal di Jakarta Nepal. Pada tahun 2004, 80% pelanggan
Thamel.com berada Ekspatriat Nepal dan sisanya adalah orang asing. Thamel. Com
juga meluncurkan sistem remitansi berbasis web.
Pada
tahun 2003, pendapatan Thamel.com sekitar $ 1 juta Dan perusahaan diharapkan
menggandakannya pada tahun 2005. Bisnis Model dibangun berdasarkan rujukan dari
mulut ke mulut [75]. Pada tahun 2003, Ini melayani lebih dari 18.000 orang di
25 negara [76]. Untuk menarik Pengunjung, juga menawarkan berita, layanan
e-mail Nepal Obrolan internet real-time [77].
Pada
tahun 2004, perusahaan menerima 15-20 pesanan per hari Situs web selama musim
non-puncak dan 300-350 selama Liburan besar Thamel.com memiliki 500 afiliasi
bisnis lokal, Produk mana yang ditampilkan di situsnya. Afiliasi Berkisar dari
beberapa bisnis terbesar di Nepal Ke PKL dengan pendapatan kurang dari US $
1000 per tahun [78]. Pada tahun 2004, Thamel.com memiliki 50 karyawan tetap. Selama
liburan besar, perusahaan menyewa tambahan 100-150 karyawan terutama untuk
memberikan hadiah.
3.4. Hambatan E-commerce di Nepal
3.4.1. Faktor ekonomi
Internet
diperkenalkan di Nepal pada tahun 1994. Pada tahun 1999, Tahun Thamel.com
didirikan, Nepal memiliki 35.000 Internet Pengguna atau 0,15% dari total
populasi [79]. Pada pertengahan 2004, Nepal memiliki 50.000 pengguna Internet
aktif dan 150.000 orang pasif Pengguna yang diterjemahkan menjadi kurang dari
0,9% dari total populasi. Seperti dalam kasus banyak negara berkembang [25,26],
Pasar e-commerce Nepal tidak memiliki skala ekonomi.
Mungkin
fitur yang paling menonjol terkait dengan Tingkat pelonggaran e-commerce Nepal
yang lamban adalah penetrasi yang rendah Tingkat TIK dasar (Tabel 1). Pembangunan
Perserikatan Bangsa-Bangsa Program (UNDP) [80] telah menempatkan Nepal dalam ''
terpinggirkan '' Kategori dalam adopsi TIK. Dengan kondisi Infrastruktur, pada
tahun 2001, total bandwidth di Nepal adalah Kurang dari 4 Mbps [81].
Biaya
akses TIK sangat mahal. Bulanan Biaya untuk mengakses Internet 20 jam seminggu
di tahun 2000, misalnya, Lebih dari pendapatan per kapita tahunan di Nepal (82,
Tabel 1) dibandingkan dengan 1,2% di AS [83]. Demikian juga, biayanya Untuk
panggilan telepon agar tetap terhubung dengan Internet Hari di tahun 2001
melebihi biaya berlangganan bulanan ISP [84]. Demikian juga, sementara kartu kredit
baru saja diperkenalkan, Tingkat penetrasi sangat rendah. Rao [85] mengutip
seorang penasihat TI Di Nepal: '' Kami masih merupakan masyarakat berbasis kas,
dan tidak Bahkan menerima cek, apalagi kartu kredit ''.
3.4.2. Faktor sosiopolitik
Dalam
hal kerangka hukum, klasifikasi Asia Negara dengan tingkat adopsi digital dan
elektronik Tanda tangan (DES) [86] telah menempatkan Nepal di tingkat 0: tidak
ada pengakuan hukum Ke catatan elektronik). Pada pertengahan 2004, Nepal Belum
memberlakukan undang-undang DES.
3.4.3. Faktor kognitif
Hambatan
kognitif berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan kepercayaan diri Terkait
penggunaan e-commerce bahkan lebih kuat. Perkiraan Menunjukkan bahwa hanya 2% populasi
yang berbahasa Inggris Melek huruf di Nepal [87] dan lebih dari separuh
populasi orang dewasa Buta huruf (Tabel 1). Masalah ini diperparah oleh Sistem
pos yang sangat terbelakang dan tidak dapat diandalkan. Ketidakamanan, Tidak
dapat diandalkan dan pencurian adalah masalah umum dalam Sistem pos Nepal.
3.5. Tujuan / tujuan relasional dan
bisnis Thamel.com Model
3.5.1. Tujuan relasional
Awalnya,
Thamel.com menargetkan kunjungan wisatawan Nepal. Industri pariwisata
internasional berkembang Negara dioperasikan oleh perusahaan besar yang
berkantor pusat Di negara maju [88]. Penambahan nilai sangat sedikit Dihasilkan
oleh portal lokal seperti Thamel.com.
Selanjutnya,
mari kita pertimbangkan ekspatriat Nepal. Segmen ini Berbeda dari pariwisata pada
tujuan relasional. Sedangkan Akses langsung tampaknya menjadi tujuan relasional
untuk pariwisata, Ini adalah pengembangan jaringan untuk ekspatriat. Dalam
jaringan Pembangunan sebagai tujuan relasional, perusahaan membangun
konektivitas Di antara beberapa pihak eksternal [57].
3.5.2. Tujuan nilai
Budaya
adalah benang merah yang menghubungkan ekspatriat dengan Tanah air mereka
Barang dengan nilai budaya, banding dan Dengan demikian, konten menarik untuk
segmen ini. Ilustrasi Contoh membuat konsep ini lebih jelas. Thamel.com
menemukan Bahwa seekor kambing memiliki daya tarik budaya yang luar biasa.
Kambing itu Hewan kurban penting di Dashain, festival terbesar Untuk umat Hindu
Nepal [89]. Musim puncak untuk penjualan Kambing untuk Thamel.com adalah selama
musim Dashain di Oktober. CEO Thamel.com menempatkan masalah ini dengan cara
ini:
Tabel 1 Indikator terkait TIK di
Nepal
Orang
Nepal telah merayakan Dashain selama berabad-abad. Ini adalah Festival terbesar
tahun ini dan secara spiritual mempersatukan semua orang Nepal . . . Bagian
penting dari perayaan Dashain adalah Pengorbanan seekor kambing seremonial
(Khasi). Agar bisa Termasuk Khasi dalam perayaan tersebut adalah berkah dan,
untuk Banyak, biaya yang signifikan Kami bertanya pada diri sendiri, '' Apa Jika
seorang anggota keluarga yang tinggal di luar negeri bisa mengirim Pemberian
Khasi kepada orang yang mereka cintai di rumah? '' [78].
Karena
daya tarik budaya yang luar biasa, konsepnya Menjual kambing secara online mendapat
tanggapan positif dari Orang Nepal yang tinggal di luar negeri [89]. Harga
rata-rata kambing Adalah US $ 80. Saat Thamel.com pertama kali menawarkan
penjualan kambing 2001, terjual lebih dari 500. Setelah menerima pesanan Kambing,
perusahaan bernegosiasi dengan penggembala kambing lokal, Menginformasikan
penerima hadiah dan membuat pengaturan untuk memilih Naik kambing.
Pengalaman
dari negara lain menunjukkan bahwa jika bisa dipercaya Mekanisme elektronik
ada, transfer dana itu Menarik bagi ekspatriat [90]. Nepal menerima sekitar US
$ 1 Miliar setahun dari ekspatriat [91], atau 20% dari negara tersebut Produk
nasional bruto (GNP). Transfer dana secara elektronik adalah Dengan demikian
segmen pasar yang jelas menarik bagi Thamel. Com dalam hal ekonomi lingkup.
Nilai Asia Orientasi keluarga dan kolektivisme dikombinasikan dengan Nepal Tingkat
pendapatan rendah meningkatkan potensi pengiriman nilai dan Daya tarik transfer
dana elektronik.
3.5.2.1. Fungsi bisnis outsourcing
untuk industri
Negara.
Infrastruktur teknologi dan keuangan lokal Terlalu terbelakang untuk memenuhi
kebutuhan perusahaan Keandalan sistem, keamanan dan transaksi keuangan [78]. Perusahaan
telah mengalihkan fungsi ini ke Thamel.com di AS. AS juga menangani proses
pembayaran. CEO Thamel.com mengatakan:
Sistem
dan layanan TIK Nepal tidak terpenuhi Kebutuhan kita akan keandalan sistem,
keamanan dan finansial Manajemen transaksi Untuk mengatasi masalah ini, Kami
menemukan elemen sistem ini di negara lain, Sehingga menggunakan infrastruktur
TIK global yang disediakan Oleh Internet untuk kepentingan pelanggan kami Di
seluruh dunia.
3.5.2.2. Kemitraan dengan swasta
dan sektor publik. Kapan
Thamel.com
meluncurkan layanannya, Kathmandu telah no Alamat jalan Dengan demikian sulit
bagi Thamel.com Karyawan untuk menemukan rumah penerima hadiah. Dengan bantuan
dari Pejabat kotamadya Kathmandu, perusahaan tersebut diatasi Penghalang
pengiriman CEO perusahaan tersebut mengatakan:
Pemberian
hadiah di kota dan negara tanpa jalan Alamat menciptakan masalah logistik
nyata. Seringkali itu sulit Untuk pengiriman orang untuk menemukan tujuan
mereka. Untuk Mengatasi tantangan ini, kami bekerja sama dengan Kotamadya Dari
Kathmandu, dengan menggunakan sistem pemetaan GIS mereka, Untuk membuat zona
pengiriman di sekitar landmark terkenal. Pelanggan kami sekarang memberi tahu
kami lokasi umum Memesan penerima dengan memberi kami tengara referensi yang
mana Kami berkomunikasi dengan tim pengiriman yang ditugaskan ke yang sesuai Zona
pengiriman.
Perusahaan
juga berkolaborasi dengan bank lokal untuk Bisnis transfer dana. Sampai
September 2005, perusahaan Sedang menjajaki pilihan untuk meluncurkan secara
langsung Platform transfer uang dari AS, Kanada, Inggris Dan Timur Tengah.
3.5.3. Model bisnis Thamel.com
Dalam
terminologi Lam dan Harrison-Walker [57], Model bisnis Thamel.com dapat
digambarkan sebagai a Kombinasi dari portal internet, kumpulan layanan, Agen
produsen dan mal virtual.
3.5.3.1. Thamel.com sebagai portal
internet. Dua dari
Model
yang paling populer untuk portal adalah: (a) model bebas Yang memberikan beberapa produk dan layanan secara berurutan Untuk menciptakan lalu lintas yang
tinggi dan peluang iklan; Dan (b)
model sponsor konten yang memerlukan penciptaan Konten, tautan, dan layanan untuk menarik pengunjung Menghasilkan pendapatan iklan [57,92].
Perusahaan memiliki Model
sponsorship konten di tempat. Dalam perkembangan kecil Negara yang tidak memiliki potensi pendapatan iklan, Sulit bagi portal web untuk bertahan.
Perusahaan Pendapatan portal web
tidak signifikan dibandingkan dengan Sumber
lainnya.
3.5.3.2. Penawaran Thamel.com
sebagai kumpulan layanan. Di
Tipologi
Lam dan Harrison-Walker [57], bundling berhubungan Untuk pengayaan produk atau
saluran sebagai tujuan berbasis nilai. Bundling Thamel.com melibatkan
penyediaan banyak Layanan yang sangat penting karena kurangnya layanan dukungan
e-commerce di Nepal. Perusahaan mengantarkan barang Memesan di situsnya dan
memfasilitasi pembayaran. Bukti dari Pemberian kado sangat penting karena
konsumen hadiah hidup Jauh dari pembeli. Gambar digital pemberian hadiah adalah
Ditangkap dan dikirim ke pembeli hadiah sebagai bukti pengiriman sebagai Demikian
juga ucapan terima kasih [76,93]. Penggunaan kreatif sederhana Dan teknologi
murah telah ditingkatkan Pengiriman nilai.
3.5.3.3 Thamel.com sebagai agen
produsen. Produsen '
Agen
mewakili '' lebih dari satu penjual, dan kadang-kadang Seluruh industri, untuk
menjual jenis tertentu Produk '' [57]. Dalam Tipologi Lam dan Harrison-Walker, Model
ini termasuk dalam pengembangan jaringan sebagai relasional Perbaikan obyektif
dan finansial sebagai nilai Tujuan berbasis. Perusahaan besar memiliki
kehadiran web tapi Thamel.com membantu merangsang penjualan mereka. Misalnya
kue Bisnis hotel berbintang 5 mengalami peningkatan sebesar 30% setelah Berkolaborasi
dengan Thamel.com. Sebagian besar dari Thamel.com's Vendor seperti penggembala
kambing, bagaimanapun, tidak memiliki situs web [94]. Situs Thamel.com menyediakan
informasi mengenai hal ini Produk vendor.
Dalam
model ini, pendapatan agen berasal dari biaya pengguna, Iklan, dll. Dengan
demikian, ini adalah pembayaran pengguna (mis., Untuk Konten web, produk, atau layanan)
atau penyedia-berbayar (Mis., Pendapatan iklan, komisi yang diberikan oleh
sponsor, Dll.) [57]. Thamel.com adalah agen penyedia berbayar. Tidak seperti
agen terkenal seperti expedia.com dan hotel.- Com, bagaimanapun, Thamel.com
memiliki perwakilan multi-industri. Pada tahun 2004, Thamel.com menampilkan
lebih dari 7000 produk Mewakili beragam industri seperti Chiffon Prancis, Coklat
Bavaria, kambing seremonial, kue ulang tahun, Sari sutra dan keju yak.
3.5.3.4. Thamel.com sebagai mall
virtual. Di mall virtual, a
Penyedia
hosting beberapa merchant online di situsnya (Lam Dan Harrison-Walker). Model
Thamel.com juga bisa Dianggap sebagai mall virtual. Saat ini, perusahaan
bermain Peran yang sangat terbatas dalam setting ini. Kekuatan Thamel.com dan Host
toko Khukuri (Nepal) Toko (http: //www.nepalesekhukuri. Com /).
Hubungan
perdagangan antara dua perusahaan adalah sebuah fungsi 'Jarak teknologi' di
antara mereka [95]. Sebagai Ketergantungan afiliasi pada Thamel.com lebih jauh Meningkat,
mereka akan memperluas dan memperdalam adopsi TIK Dan perusahaan dapat
memperluas perannya sebagai mal virtual. Pada tahun 2004, sepertiga dari 500
afiliasi Thamel.com memiliki Peningkatan asimilasi TIK dan sekitar 80 di
antaranya Situs mereka sendiri [76]. CEO Thamel.com menjelaskan Bagaimana
ketergantungan afiliasinya terhadap perusahaan Tumbuh dari waktu ke waktu:
Afiliasi
kami telah mengenali kemampuan kami untuk membantu mereka Tumbuh bisnis mereka.
Sekarang beberapa dari mereka datang Kepada kami untuk membantu mereka mencapai
pasar internasional. Kita Telah membantu memulai (atau memotivasi dimulainya) 10
bisnis berbasis web baru di Nepal.
4. Diskusi
Bagian
sebelumnya memberikan gambaran umum tentang Thamel. Com untuk mengatasi
beberapa hambatan e-commerce. Misalnya, perusahaan menargetkan segmen populasi Yang
mengalami hambatan ekonomi yang relatif lebih sedikit (Misalnya, ekspatriat).
Thamel.com memiliki beberapa fungsi di dalamnya AS untuk memotong beberapa hambatan
hukum. Untuk mengatasi Hambatan kognitif, perusahaan menyediakan layanan
pengiriman Serta konfirmasi pengiriman via gambar digital hadiah pengiriman.
Model bisnis Internet Thamel.com menawarkan sebuah Jumlah pelajaran, terutama
untuk negara berkembang kecil Seperti Nepal
1. Di
negara berkembang, kesuksesan perusahaan bergantung pada Kemampuannya untuk
secara bersamaan menyebarkan dan mengelola banyak Model e-bisnis
Faktor
ekonomi, sosiopolitik dan kognitif menentukan Model bisnis e-business yang
tepat. Faktor-faktor ini Tentukan tujuan relasional dan berbasis nilai Paling
cocok dengan pasar Kurangnya skala ekonomi dalam a Negara berkembang melarang
kemampuan negara tersebut Bisnis untuk berkonsentrasi dalam satu atau beberapa
bisnis elektronik kegiatan. Model bisnis Thamel.com demikian Fokus pada lebar
bukan kedalaman. Pelanggan Thamel.com Tidak akan pernah membeli produk yang
terdaftar di Situs perusahaan jika perusahaan baru saja bertindak sebagai Portal
web Selain perannya di pra-transaksi Tahap e-business, Thamel.com juga
memberikan pembayaran Dan mekanisme pengiriman yang telah memfasilitasi
e-commerce Transaksi. Model bisnis internetnya juga Fokus pada beberapa
industri. Demikian juga, membantu afiliasinya Untuk mengasimilasi TIK sangat
penting bagi peran Thamel.com Sebagai mal virtual.
2. Di
pasar negara berkembang yang relatif kecil, perusahaan Dapat menambah nilai
dengan menggabungkan berbagai produk dan jasa.
Karena
faktor ekonomi, sosiopolitik dan kognitif Sangat sedikit perusahaan yang bersedia
mengambil risiko. Dari sudut pandang Dari penyedia internet yang berfokus pada
negara berkembang, Kurangnya layanan pendukung terkait menghambat penyelesaian Transaksi
e-commerce Pada saat yang sama, bagaimanapun, Perusahaan memiliki peluang untuk
memberikan nilai lebih tinggi secara vertikal Integrasi dan bundling berbagai
layanan.
3. Untuk
memberikan potensi penuh, mengembangkan internet yang berfokus pada negara Model
bisnis diharuskan melakukan outsourcing beberapa fungsi Ke dunia industri.
Tidak
mungkin perusahaan berbasis negara berkembang Untuk memecahkan semua hambatan
terkait e-commerce. Satu-satunya jalan Untuk mengatasi beberapa hambatan adalah
menemukan beberapa Fungsi e-commerce di negara-negara industri. Hambatan
e-commerce yang dibahas di atas membuat perlu Untuk menemukan beberapa fungsi
(mis., Pemrosesan kartu kredit untuk Thamel.com) ke dunia industri. Beberapa
fungsi, Di sisi lain, harus dilakukan di luar Untuk meningkatkan nilai pengiriman.
Juga sementara Thamel khas. Konsumen com tinggal di Nepal, sebagian besar
pembelinya tinggal di negara-negara industri. Dengan demikian dapat menjaga
geografis Kedekatan dengan pelanggannya dengan sumber ini Berfungsi untuk
negara-negara industri.
5. Kesimpulan dan implikasinya
Kontribusi
teoritis dari makalah ini adalah untuk menjelaskan 'Hows' dan 'Whys' [96]
e-commerce dalam pengembangan dunia. Diskusi di atas menunjukkan bahwa ekonomi,
Faktor sosiopolitik dan kognitif memainkan peran penting Dalam adaptasi model
bisnis dalam konteks Mengembangkan dunia. Kami juga membahas kasus yang
menggambarkan Bagaimana sebuah perusahaan dapat menanggapi beberapa faktor.
Jelas,
ada banyak hal yang bisa dipelajari tentang e-commerce Di negara berkembang.
Dengan demikian ada sejumlah jalan Untuk penelitian selanjutnya. Pertama, semua
model bisnis penargetan Negara berkembang tidak sama suksesnya. Penelitian
mendalam di masa depan diperlukan untuk menjawab hal berikut Pertanyaan: Faktor
apa yang membedakan kesuksesan dan Model bisnis e-commerce yang tidak berhasil
berkembang Negara?
Kedua,
model Thamel.com '' bekerja '' di Nepal, tapi Mungkin tidak berhasil dalam
jenis pengaturan kelembagaan lainnya. Pekerjaan kami juga membuka bidang penelitian
baru dalam hal bagaimana Sebuah model bisnis merespon institusi. Dalam bahasa Dari
institusionalis [39-41], bagaimana model e-bisnis Mendapatkan legitimasi
regulatif, normatif dan kognitif dalam a negara berkembang?
Ketiga,
Thamel.com berkembang di Nepal adalah karena Pasar e-commerce Nepal terlalu
kecil untuk perusahaan multinasional Seperti yahoo menjadi atraktif. Jadi
pertanyaan ketiga adalah: Apa Adalah ukuran optimum pasar e-commerce bagi
perusahaan Dari negara berkembang untuk memanfaatkannya dengan menguntungkan?
Keempat,
kasus yang disajikan dalam makalah ini menggambarkan Thamel. Com pada mitra
bisnisnya adopsi ICT. Semua perusahaan tidak sama-sama berhasil dalam
mempengaruhi perusahaan mereka Mitra teknologi portofolio. Pertanyaan
selanjutnya adalah: Jenis perusahaan mana yang cenderung memaksakan bisnis
mereka Mitra untuk mengadopsi TIK?
Kelima,
pemerintah lebih efektif menangani beberapa hal Faktor (mis., Infrastruktur) daripada
perusahaan swasta. Final Pertanyaannya adalah: Berapakah tingkat keterlibatan
optimal Untuk organisasi pemerintah dan swasta dalam memerangi Berbagai
hambatan yang dibahas dalam makalah ini.
Ucapan Terima Kasih
Penelitian
ini sebagian didanai melalui hibah dariKantor Universitas North
Carolina-Greensboro Penelitian. Untuk komentar bermanfaat tentang draft
sebelumnya, Penulis mengungkapkan apresiasi kepada Nicholas C. Williamson,ECRA
Co-Editor Jae Kyu Lee, dan dua reviewer. Itu Penulis berterima kasih kepada Thamel
Dot Com Rajesh L. Joshi,Bal K. Joshi dan Prem Joshi karena telah memberikan
informasi berharga, Masukan dan komentar
pada draft sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar