Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Jumat, 02 Juni 2017

Laporan Auditor Independen, Contoh Laporan, Opini, Basic Opini, Going Concern

Oleh Yovi Citra Nengsih
Laporan Auditor Independen
Kepada Pemegang Saham Perusahaan ABC [atau Penerima Lain yang Tepat]
Opini
Menurut pendapat kami, laporan keuangan terlampir disajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, (atau memberikan pandangan yang benar dan adil) posisi keuangan Perusahaan ABC pada tanggal 31 Desember 20X1, dan (dari) kinerja keuangannya dan arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (International Financial Reporting Standards / IFRSs).
Kami telah mengaudit laporan keuangan Perusahaan, yang terdiri dari laporan posisi keuangan pada tanggal 31 Desember 20X1, dan laporan laba rugi komprehensif, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, dan mencatatnya sebagai Laporan keuangan, termasuk ringkasan kebijakan akuntansi yang penting.
Basis Opini
Kami melaksanakan audit kami sesuai dengan Standar Internasional untuk Audit (ISA). Tanggung jawab kami berdasarkan standar tersebut dijelaskan lebih lanjut dalam Tanggung Jawab Auditor untuk Audit Laporan Keuangan dari laporan kami. Kami independen terhadap Perusahaan dalam arti [menunjukkan persyaratan etika yang relevan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku] dan telah memenuhi tanggung jawab kami yang lain berdasarkan persyaratan etika tersebut. Kami percaya bahwa bukti audit yang kami dapatkan cukup memadai dan tepat untuk memberikan dasar bagi pendapat kami.
Going Concern
Laporan keuangan Perusahaan telah disusun dengan menggunakan basis akuntansi terkait kesinambungan usaha. Penggunaan basis akuntansi ini sesuai kecuali jika manajemen bermaksud untuk melikuidasi Perusahaan atau menghentikan operasinya, atau tidak memiliki alternatif yang realistis, kecuali melakukannya. Sebagai bagian dari audit kami atas laporan keuangan, kami menyimpulkan bahwa penggunaan manajemen berbasis going concern dalam penyusunan laporan keuangan Perusahaan adalah tepat.
Manajemen belum mengidentifikasi ketidakpastian material yang dapat menimbulkan keraguan yang signifikan terhadap kemampuan entitas untuk melanjutkan melanjtkan usahanya dan oleh karena itu tidak ada yang diungkapkan dalam laporan keuangan. Berdasarkan audit kami terhadap laporan keuangan, kami juga belum mengidentifikasi ketidakpastian material tersebut. Namun, baik manajemen maupun auditor tidak dapat menjamin kemampuan Perusahaan untuk terus berkesinambungan usahanya.
Tanggung Jawab [Manajemen dan Those Charged with Governance atau persyaratan lain yang sesuai] untuk Laporan Keuangan
Manajemen bertanggung jawab atas penyusunan dan penyajian laporan keuangan secara wajar sesuai dengan SAK, dan untuk pengendalian internal seperti yang ditentukan oleh manajemen diperlukan agar penyusunan laporan keuangan bebas dari salah saji material, baik karena adanya kecurangan atau kesalahan. [Mereka yang bertanggung jawab atas tata kelola] bertanggung jawab untuk mengawasi proses pelaporan keuangan Perusahaan.
Tanggung Jawab Auditor untuk Audit atas Laporan Keuangan
Tujuan audit kami adalah untuk mendapatkan keyakinan memadai bahwa laporan keuangan secara keseluruhan bebas dari salah saji material, baik karena kecurangan atau kesalahan, dan untuk menerbitkan laporan auditor yang mencakup pendapat/opini kami. Jaminan yang masuk akal (reasonable assurance) adalah tingkat kepastian yang tinggi, namun bukan jaminan bahwa audit yang dilakukan dengan ISA akan selalu dapat mendeteksi salah saji material (jika ada). Salah saji dapat timbul dari kecurangan atau kesalahan dan dianggap material jika, secara individual atau agregat, kemungkinan dapat diharapkan mempengaruhi keputusan ekonomi pengguna yang diambil atas dasar laporan keuangan ini.
Penjelasan lebih lanjut mengenai tanggung jawab kami atas audit laporan keuangan yang merupakan bagian dari laporan auditor ini terletak pada situs web [Organisasi] di: [Link website].

[Tanda tangan atas nama perusahaan audit (KAP), nama pribadi auditor, atau keduanya, yang sesuai untuk yurisdiksi tertentu]
[Alamat Auditor]
[Tanggal]


1 komentar:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

    BalasHapus