Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana yang ditulis secara pribadi atas tugas kuliah: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Jumat, 02 Juni 2017

Perbedaan Data Minning dan Text Minning, Perbedaan OLAP dan OLTP

Oleh Yovi Citra Nengsih

Perbedaan Data Minning, Text Minning, OLAP, OLTP
Data minning
Proses pendukung keputusan yang menemukan dan/atau memanfaatkan pola tersyembunyi dari set data yang ada.
Text Minning
Penerapan konsep dan teknik data minnig untuk mencari pola dalam teks, yaitu proses penganalisisan teks guna menyarikan informasi yang bermanfaat untuk tujuan tertentu.
Tujuan dari text Minning untuk mendapatkan informasi yang berguna dari sekumpulan dokumen. Jadi sumber data yang digunakan pada text minning adalah kumpulan teks yang memiliki format yang tidak terstruktur atau minimal semi terstrktur. Tugas khusus dari text minning antara lain pengkategorisasian teks  dan pengelompokan teks text

OLAP
Suatu Proses yang digunakan untuk melakukan permintaan terhadap data dalam bentuk yang kompleks dan menganalisa data yang bervolume besar.
OLTP

Sistem yang berorientasi proses yang memproses transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan. Misalnya digunakan pada sebua supermarket, kasir menggunakan mesin dalam proses transaksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar