Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Jumat, 02 Juni 2017

Proposal Tugas Akhir, Manajemen Informatika," Sistem Informasi Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih Lenda Kulon Progo"

Oleh Yovi Citra Nengsih

BAB I PENDAHULUAN
1.1         LATAR BELAKANG MASALAH
     Di era teknologi informasi yang berkembang saat ini, pola pikir masyarakat yang sudah tersentuh oleh teknologi informasi menjadi berubah. Banyak orang yang mulai bersaing dalam dunia bisnis dengan menggunakan teknologi informasi. Bahkan bagi yang masih menggunakan teknik manual, mereka mulai ketinggalan dan sulit untuk bersaing.
      Seiring dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang teknologi informasi, pemanfaatan komputer untuk membantu tugas manusia sangat diperlukan untuk mencapai tingkat efektifitas dan efisiensi yang tinggi. Hal ini berlaku di segala bidang termasuk dalam bidang pelayanan kesehatan.  Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bidang penerapan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat. Perkembangan penerapan teknologi informasi bisa kita lihat dari perkembangan klinik-klinik sampai dengan rumah sakit yang sudah mulai berkembang dari teknik manual ke teknik komputerisasi.
Metode manual yang biasa dipakai banyak mengalami kendala dan dirasa kurang efektif. Metode ini akan mengalami kendala untuk data dengan jumlah besar karena akan menimbulkan kesulitan dalam hal pencatatan, penyimpanan, pengaksesan dan pencarian isi data. Dengan menggunakan teknologi informasi, setiap pengaksesan terhadap isi data dilakukan dengan cara komputerisasi, menelusuri tiap file dan melakukan operasi IO (open, read, dan write), sehingga akan mempermudah dalam proses pengolahan data, lebih menghemat waktu, tenaga serta biaya.
        Oleh karena itu, dalam proposal Tugas Akhir ini penulis mengajukan judul Tugas Akhir “Sistem informasi Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih Lendah Kulon Progo”. Harapan kami setelah menggunakan teknik ini, klinik  Bidan Y. Sri Suyantiningsih akan lebih mudah dalam melakukan pengolahan data dan dapat mengurangi kendala-kendala yang ada..

1.2     RUMUSAN MASALAH
Bagaimana membangun aplikasi database di klinik bidan  Y. Sri Suyantinigsih Lendah Kulon Progo yang dapat menjadikan sesuatu yang mempunyai nilai dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

1.3     BATASAN MASALAH
Dalam tugas akhir yang akan dibuat, penulis memberikan batasan masalah mengenai rawat jalan, dimana teknik yang digunakan masih menggunakan teknik manual, mengingat luasnya lingkup permasalahan dalam pengolahan data pasien rawat jalan Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih, maka data dan  kegiatan pada klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih yang diambil yaitu, pengolahan data pasien, bidan, perawat, obat, penyakit, administrasi, diagnosa, pengambilan obat, dan laporan-laporan.

1.4     MAKSUD DAN TUJUAN
Dari permasalahan yang ada maka maksud diadakan penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan sistem informasi Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih dari sistem lama menjadi sistem baru yang diharapkan lebih efektif dan efisien.
Adapun tujuan dari pengajuan proposal ini sebagai berikut:
  1. Bagi mahasiswa
·         Sebagai syarat utama dalam menyelesaikan  program studi DIII pada jurusan Manajemen Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM, yaitu membuat suatu karya ilmiah dalam hal ini Tugas Akhir.
·         Dapat mempelajari  struktur sistem informasi  Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih Lendah Kulon Progo sebagai tipe data kompleks yang akan didukung oleh basis data.
·         Meningkatkan kualitas mahasiswa di dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki.
  1. Bagi  Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih
·         Dapat memberikan kemudahan dalam segala proses yang ada dalam  Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih.
·         Memberdayakan komputer yang telah ada di Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih.
·         Mempermudah dalam pengolahan data pasien.
Dengan begitu proposal ini bertujuan agar dengan teknik ini maka, akan memberikan kemudahan, kelancaran, penghematan waktu, penghematan tenaga, dan manfaat lain yang masih banyak lagi apabila dijabarkan.

1.5     METODE PENGUMPULAN DATA
             Penyusunan tugas akhir harus didukung dengan  data-data ataupun keterangan–keterangan yang tepat, baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.
              Untuk mendapatkan data yang baik dan benar perlu dilakukan suatu penelitian pada sebuah badan usaha atau lembaga yang akan dijadikan proyek penelitian. Agar tujuan dalam penelitian dapat tercapai diperlukan metode dalam mengumpulkan dan menganalisis data.
        Metode pengumpulan data yang dilakukan antara lain:
  1. Observasi.
Metode pengumpulan data dengan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian dan melakukan pencatatan secara cermat dan teliti atas objek yang sudah diteliti.
  1. Wawancara (interview).
Pengumpulan data dengan cara penelitian bertatap muka secara langusung dengan sumber informasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara lisan.


  1. Kearsipan (documentation).
Mengumpulkan data dengan pengumpulan dokomen-dokumen yang telah ada untuk dilakukan analisis.
  1. Tinjauan pustaka, mempelajari buku, artikel, dan situs yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini.

1.6     PERANGKAT YANG DIGUNAKAN
      Adapun perangkat lunak yang akan digunakan, yaitu:
  1. Visual Basic 6.0, sebagai tools pemrograman berorientasi objek yang berbasis GUI (Graphical User Interface).
  2. SQL Server 2000, sebagai tools untuk manajemen database.
  3. Sistem operasi Windows 98 atau lebih tinggi.
Adapun perangkat keras yang akan digunakan, yaitu:
  1. Komputer dengan prosesor Intel Pentium IV 1,8 Ghz atau lebih.
  2. VGA 32 MB dengan resolusi 800x600 pixel.
  3. RAM 128 MB atau lebih.
  4. Harddisk 40GB.
  5. Monitor.
  6. Mouse.
  7. Keyboard.




1.7     SISTEMATIKA PENULISAN
 Secara garis besar penulisan tugas akhir yang akan dibuat ini dibagi menjadi 5 bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB  I.   PENDAHULUAN
Dalam bab pendahuluan ini diuraikan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data, sistematika penulisan dan rencana kegiatan.
BAB  II.   LANDASAN TEORI
Dalam bab ini diuraikan mengenai penjelasan tentang arti sistem informasi dan sistem perangkat lunak serta perangkat keras yang digunakan.
BAB  III.  TINJAUAN UMUM INSTANSI.
Dalam bab ini diuraikan tentang sejarah singkat Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih Lendah Kulon Progo, visi dan misi, dan struktur organisasi yang ada.
BAB  IV.  PEMBAHASAN
Dalam bab ini diuraikan tentang sistem yang diusulkan, dan perancangan program komputerisasi pengelolaan data  Klinik Bidan Y. Sri Suyantiningsih Lendah Kulon Progo.
BAB  V.  PENUTUP
Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


1 komentar:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

    BalasHapus