Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Breaking

Kamis, 27 Juli 2017

Jawaban 1 Kasus Dell Company Corporation: Sistem Pengendalian Manajemen

Oleh Briyan Efflin Syahputra

Apakah strategi dell? Apa dasar yang digunakan oleh Dell untuk membangun keunggulan bersaing?
Strategi DELL
  • Perusahaan dell menggunkaan strategi penjualan langsung dari pabrik kepada konsumen. Dalam strategi ini perusahaan dell mempunyai konsep yang sederhana dalam strategi nya, yaitu Dell dapat memahami kebutuhan pelanggan dan secara efesien menyediakan solusi perhitungan yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menjual sistem komputer secara langsung dengan pelanggan.
  • Perusahaan dell tidak menggunakan retailer atau sales people. Hal tersebut memberikan keuntungan bagi Dell karena Dell dapat lebih memahami apa yang menjadi keinginan konsumen dan dapat lebih cepatmerespon permintaan konsumen. Di sisi lain, biaya produksi dan biaya yang tidak perlu dapat dipangkas yang menyebabkan Dell dapat lebih efisien dalam hal production dan operational cost. Sehingga harga akhir produk pun akan menjadi lebih murah dan hal tersebut menjadikeuntungan tersendiri bagi konsumen atau pelanggan Dell.
  • Pada produksinya perusahaan dell menggunkan komponen PC yang semakin standard dan memungkinkan Dell untuk melakukan mass customization membuat Dell memungkinkan untuk menggunakan outsourcing. Dell hanya menangani proses perakitan. Selebihnya Dell hanya mengontrol jaringan supply chain yang dimilikinya. Strategi ini terbukti berhasildan menjadikan Dell semakin kokoh di puncak. Dell dapat menghematbiaya produksi dan memberikan keuntungan dan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.


Dasar keunggulan Dell dalam bersaing
  • Model bisnis Dell yang membuat Dell dapat melakukan penjualan langsung dan memotong supply chain mereka dengan cara menghilangkan retailer serta melakukan slacing dalam prosesproduksi mereka dengan cara menggunakan outsourcing. Hal ini membuat Dell dapat menghemat waktu dan mengeliminasi biaya-biaya yang tidak perlu. Sehingga harga akhir produk yang mereka tawarkan semakin kompetitif. Sistemsupply chain yang pendek dan efektif membuat Dell menjadilebih responsif dalam mengatasi permasalahan dan merespon permintaan dan keinginan konsumen.
  • Dell mengubah pakem yang ada di industri PC. Dell menerapkan proses bisnis yang cepat dengan cara lebih responsif dan lebih awal memperkenalkan teknologi mereka kepada konsumen. Hal tersebut memicu pertumbuhan Dell itu sendiri dan mengubah paradigma industri PC sebelumnya yang bersifat lambat.
  • Sistem supply chain yang terintegrasi memungkinkan Dell untuk mengontrol semua industri mereka. Adanya sistem supply chain yang sistematis semakin memudahkan Dell dalam menelusuri permasalahan yang ada lebih cepat dalam merespon dan menyelesaikan permasalahan tersebut













Tidak ada komentar:

Posting Komentar